Smartfren Community Gandeng Blood4LifeID, Perluas Pencarian Donor Darah

Kolaborasi Smartfren Community dan Blood4LifeID ini guna meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah /plasma darah.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 06 Agustus 2021 | 14:32 WIB
Valencia M Randa, Founder Blood4LifeID. (dok. Smartfren Community)

Valencia M Randa, Founder Blood4LifeID. (dok. Smartfren Community)

Hitekno.com - Smartfren Community menggelar gerakan sosial dalam rangka mendukung pananganan pandemi di Indonesia. Kali ini Smartfren menggandeng komunitas nirlaba Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID) Indonesia.

Kolaborasi Smartfren Community dan Blood4LifeID ini guna meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah /plasma darah yang sangat dibutuhkan dalam prosedur kesehatan terkait COVID-19 maupun non-COVID-19.

Melalui kerja sama ini, Smartfren Community yang hadir di lebih dari 100 kota di Indonesia akan mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor, sekaligus membantu Blood4LifeID dalam mendapatkan pendonor darah/plasma darah.

Baca Juga: Kisah Pemenang Smartfren Rejeki WOW, Dapat Motor untuk Bekerja

Selain itu, Smartfren juga memberikan dukungan tambahan berupa kartu perdana GOKIL MAX serta paket data kepada seluruh relawan Blood4Life Indonesia, agar memudahkan berkomunikasi secara online.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, "Gerakan sosial Smartfren Community dengan Blood for Life Indonesia ini adalah bagian dari semangat kokreasi untuk sama-sama mewujudkan indonesia yang lebih baik. Dengan bergerak bersama-sama seperti ini, kami yakin akan bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan."

Blood4LifeID merupakan komunitas sosial yang bertujuan mempermudah masyarakat mendonorkan darahnya, sekaligus mendapatkan donor darah. Sejak 2009 silam, komunitas ini telah aktif mencari dan melayani pendonor, guna menjaga ketersediaan pasokan darah di Palang Merah Indonesia dan Bank Darah milik Rumah Sakit.

Baca Juga: Smartfren Fiber in the Air, Tawarkan Internet Stabil dan Hemat Biaya

Saat ini Blood4LifeID dimotori oleh sekitar 50 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bergerak secara mandiri.

Valencia M. Randa, Founder Blood4LifeID menambahkan, "Pergerakan Blood4LifeID selama ini kebanyakan dilakukan secara online, dan terdapat puluhan Relawan Tim 'IGD Virtual Blood4Life.ID' (media sosial & website Blood4LifeID) yang saat ini tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka sangat bergantung dengan koneksi internet dikota mereka masing-masing, sehingga kami sangat terbantu dengan dukungan yang diberikan Smartfren. Baik dukungan dari Smartfren Community untuk mengajak orang-orang disekitarnya mendonorkan darahnya kepada pasien yang sudah dipublikasikan di website kami, dan juga dukungan paket data internet dari Smartfren."

Blood4LifeID selama ini telah menerima banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan pendonor darah. Pada Juli lalu, permintaan bantuan donor darah yang masuk ke Blood4LifeID mencapai puncaknya dan mencapai 230 permintaan dalam satu hari. Hingga saat ini pun permintaan masih cukup tinggi, dengan rata-rata sekitar 100-an permintaan donor yang masuk.

Baca Juga: 2 Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren

Proses memperoleh donor maupun menjadi pendonor sangatlah mudah. Bagi siapapun yang membutuhkan donor darah, dapat mendaftarkan diri melalui website www.donordarah.link lalu pilih menu "Isi Form Butuh Pendonor Darah".

Sedangkan untuk semua orang yang ingin menjadi pendonor dan mencari penerima, dapat menggunakan link website serupa, memilih menu "Cari Pasien Butuh Donor", dan selanjutnya dapat mencari pendonor berdasarkan Golongan Darah, Jenis Donor, dan Kota Domisili.

Lewat inisiatif ini, baik Smartfren, Smartfren Community dan Blood for Life Indonesia juga mengajak semua orang untuk bersama-sama bergerak saling bantu. Terutama para penyintas COVID-19, untuk mendonorkan plasma yang hingga saat ini diperlukan untuk mendukung kesembuhan penderita COVID-19.

Baca Juga: Ini Cara Smartfren Permudah Layanan Pelanggan Selama PPKM

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak