Heboh Mahasiswi Kerja di Toserba Dibayar Rp 2000, Slip Gajinya Jadi Sorotan

Lihat slip gaji yang diterima, netizen ramai menyorotinya.

Agung Pratnyawan
Kamis, 05 Agustus 2021 | 08:51 WIB
Ilustrasi toko. (Pixabay)

Ilustrasi toko. (Pixabay)

Hitekno.com - Viral di media sosial, curhatan mahasiswi yang mengaku mendapatkan gaji Rp 2.000 saat bekerja di sebuah Toserba berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Curhatan mahasiswi yang disebutkan bernama Amoy ini dibagikan akun Twitter @txtdrMagelang hingga menjadi sorotan netizen dan viral di media sosial.

Dalam postingan akun Twitter ini membagikan tangkapan layar curhatan Amoy di Facebook, beserta foto bukti slip gaji Rp 2.000.

Baca Juga: Penampakan Slip Gaji Polisi 1967, Netizen Pertanyakan Apa Pangkatnya

Mahasiswi semester 8 jurusan Management itu menceritakan kronologi dirinya mendapat gaji 2.000 perak. Ia mengatakan mulai bekerja di sebuah toserba sejak April 2021.

"Minta sebuah pendapat kak. Kebetulan saya mahasiswi semester 8 jurusan management. Saya sejak April kerja di Toserba di daerah Kabupaten Magelang," tulis Amoy seperti dikutip HiTekno.com dari BeritaHits.Id, Selasa (3/8/2021).

Amoy mengungkap ia melamar pekerjaan di toserba itu dengan ijazah SMK. Ia berhasil diterima, namun dengan syarat akta kelahiran harus ditahan.

Baca Juga: Lihat Rincian Gaji Tukang Bangunan Ini, Seminggu Bisa Capai Jutaan Rupiah

"Nah saya diterima kerja dengan ijazah SMK, dengan syarat diterima harus tahan akte kelahiran."

Viral Mahasiswi Curhat Kerja Digaji Rp 2.000 di Toserba Magelang. (Twitter/@txtdrMagelang)
Viral Mahasiswi Curhat Kerja Digaji Rp 2.000 di Toserba Magelang. (Twitter/@txtdrMagelang)

Amoy juga sudah menandatangani Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dengan toserba itu. Dalam PKWT, ia dilarang mengundurkan diri secara mendadak.

Jika ia melakukannya, maka perusahaan akan mendenda Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Adapun aturan resign adalah memberi tahu 1 bulan sebelum mengundurkan diri secara baik-baik.

Baca Juga: Curhatan Kebanjiran 13 Undangan Nikah, Netizen: Habis Gaji Sebulan

"Di PKWT kalau resign dadakan bayar Rp 500 ribu - Rp 1 juta. Kalau baik-baik 1 bulan."

Namun karena suatu alasan, cewek ini mengundurkan diri secara mendadak. Ia juga menyanggupi membayar uang Rp 500 ribu ke perusahaan sesuai perjanjian.

"Karena alasan tertentu, saya resign dadakan dan langsung bayar Rp 500 ribu."

Baca Juga: Punya Gaji Tak Sampai Rp 1 Juta, Masih Bisa Sisihkan Uang Demi Ini

Betapa terkejut dirinya saat gajian hanya menerima Rp 2.000 dari perusahaan seperti dalam slip gaji tersebut. Hal ini langsung membuat dirinya kebingungan. Pasalnya, PKWT tidak mengatur hal tersebut.

"Tetapi saat gajian, saya menerima 2.000. Harusnya kan mereka bayar gaji saya selama kerja kan? Karena di PKWT tidak tercantum."

"Ternyata setelah saya bayar 500 ribu dipertengahan, saya tetap digaji dan dipotong pertengahan sampai tutup buku tanggal 25. Sebenernya yang salah saya atau managementnya ya kak?"

Viral Mahasiswi Curhat Kerja Digaji Rp 2.000 di Toserba Magelang. (Twitter/@txtdrMagelang)
Viral Mahasiswi Curhat Kerja Digaji Rp 2.000 di Toserba Magelang. (Twitter/@txtdrMagelang)

Mahasiswi ini mengaku dirinya juga belajar tentang PKWT perusahaan besar di kampus. Ia pun sudah ikhlas dengan gaji Rp 2.000 yang diterimanya.

"Saya belajar banyak di kampus tentang PKWT PT besar. Okelah kalau milik pribadi, saya anggap shodaqoh."

Kendati demikian, Amoy hanya mempertanyakan apakah itu pantas. Apalagi, toserba tempatnya bekerja itu sudah memiliki banyak cabang.

"Tapi swalayan berbentuk CV dan punya puluhan cabang, apa mereka tidak bisa membayarkan hak kita? Dan apakah itu pantas Rp 2.000 untuk dibayarkan?"

Curhatan mahasiswi tersebut telah mendapatkan ratusan tanda suka dari netizen hingga viral di media sosial. Keluhan itu juga mendapatkan perhatian akun Twitter @hrdbacot.

Akun dengan lebih dari 500 ribu pengikut ini menjelaskan mahasiswi tersebut seharusnya masih menerima gajinya. Apalagi, ia keluar di pertengahan bulan sehingga tidak pantas diberi gaji Rp 2.000.

"Kalau dari slip gajinya itu harusnya masih dapat gaji secara prorate di sisa masa kerjanya. Disitu tertulis 15,5 hari. Nah ini harusnya masih terhitung kerja ya harus dibayarkan," jelas @hrdbacot.

"Kalau ada potongan sebesar 99 persen, itu artinya dia dihitung resign satu bulan sebelumnya dong?," pungkasnya.

Viral Mahasiswi Curhat Kerja Digaji Rp 2.000 di Toserba Magelang. (Twitter/@hrdbacot)
Viral Mahasiswi Curhat Kerja Digaji Rp 2.000 di Toserba Magelang. (Twitter/@hrdbacot)

Netizen juga ramai memberikan komentar mereka pada curhatan mahasiswi ini. Banyak yang menyebut gaji Rp 2.000 sama sekali tidak layak, dan diyakini tidak sesuai aturan PKWT.

"Harusnya ini gaji di prorata 15 hari, asumsi kerja 2 minggu karena mbaknya bilang dipertengahan bulan. Misal gaji sebulan 1,5 juta berarti dia dapat 750 ribu. Ini lucunya diplintir dapat gaji 1 bulan. Tapi 15 hari kedepan setelah resign dianggap tidak berangkat kerja. Harus baca kontraknya," jelas netizen.

"Pantes orang Jawa lebih milih ngerantau sampai keluar negeri. Wong kalau aku ya sakit hati gitu kalau dikerjain sama saudara sendiri," komen netizen.

"Setan bisa-bisa istighfar ngeliat slip gajinya. Fix dizolimi sih ini," tambah yang lain.

"Ya ampun? Tega bener," sahut netizen.

"Jangan langsung dibayar. Dipelajari dulu kontraknya. Peluang lolos gede banget itu, tapi masih butuh info lebih lengkap," saran netizen.

"Dari nahan akta kelahirannya juga udah melanggar hukum," protes netizen.

Itualah postingan curhatan mahasiswi yang viral di media sosial, bagaimana pengalaman kerja di toserba digaji Rp 2.000 saja. (BeritaHits.id/ Ruth Meliana Dwi Indriani).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak