7 Email Gratis Selain Gmail yang Aman dan Terpercaya

Coba layanan email gratis selain Gmail ini.

Agung Pratnyawan
Selasa, 13 Juli 2021 | 20:32 WIB
Ilustrasi Gmail. (Pixabay)

Ilustrasi Gmail. (Pixabay)

Hitekno.com - Berikut ini ada tujuh layanan email gratis selain Gmail yang menjadi pilihan menarik. Juga menjadi alternatif untuk kamu yang tidak ingin ketergantungan dengan layanan email Google tersebut.

Di era digital seperti sekarang ini, berkirim pesan atau dokumen menjadi lebih mudah dengan email. Kita bisa mendapatkan email dengan mudah, bahkan secara gratis. Layanan electronic mail (email) pertama kali muncul pada tahun 1960, baru pada tahun 1980an layanan email bisa dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis tidak perlu biaya, hanya membutuhkan koneksi internet saja.

Jika berbicara soal email gratis, email gratis yang pali popular adalah Gmail dan Yahoo Mail. Gmail menjadi layanan penyedia email terpopuler di dunia. Ia menggantikan Hotmail yang sebelumnya banyak dipakai oleh pengguna internet di seluruh dunia. Perkembangan Gmail tetap stabil bahkan setelah tujuh tahun. Apalagi setelah Yahoo, sang kompetitor, dinyatakan bangkrut.

Baca Juga: 2 Cara Ganti Password Gmail, Super Ampuh

Banyak dipakai, Gmail seringkali diterpa isu pelanggaran privasi dan keamanan. Tak banyak yang tahu, ternyata layanan email gratis selain Gmail sudah banyak. Berikut 7 email gratis selain Gmail yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Microsoft Outlook

Microsoft Outlook. (Microsoft)
Microsoft Outlook. (Microsoft)

Jika kamu adalah pengguna Windows, maka layanan email lain yang cocok untukmu adalah Microsoft Outlook. Email gratis selain Gmail ini bekerja dengan baik ketika terintegrasi dengan OneDrive, OneNote, Office Online, dan aplikasi Windows lainnya.

Baca Juga: Pengguna iPhone Waspada, Celah Apple AirDrop Bisa Bocorkan Email dan Nomor

Selain itu, kamu juga bisa mengaksesnya melalui desktop email tanpa harus membuka browser. Notifikasi pun akan terkirim dengan lebih cepat. Dengan 450 juta pengguna di tahun 2016, Outlook menjadi layanan email populer kedua setelah Gmail.

2. iCloud Mail

Logo iCloud. (Apple)
Logo iCloud. (Apple)

Email gratis selain Gmail iCloud Mail cocok untuk pengguna Apple. Kamu bisa menggunakannya dengan mudah melalui berbagai perangkat Apple yang kamu miliki. Terdapat sejumlah kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga: Ditemukan Celah Keamanan Facebook, Bisa Bocorkan Jutaan Email Pengguna

Pertama, ia bebas dari iklan yang mengganggu sehingga kamu bisa mengaksesnya tanpa hambatan. iCloud Mail menyediakan memori sebesar 5 GB untuk file yang perlu kamu simpan di sana.

3. Yahoo Mail

Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)

Raksasa mesin pencarian dan web portal Yahoo juga memiliki layanan email yang cukup populer yakni Yahoo Mail. Beberapa keunggulannya adalah filter spam yang baik, kemampuan attachment gambar, video, dan dokumen yang ramah pengguna, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Ramai Keluhan Google, Gmail dan YouTube Down

Kekurangan dari Yahoo Mail adalah versi terbarunya memiliki iklan di inboxnya, dan untuk attach tidak bisa melampirkan file online, harus dari local drive.

4. GMX Mail

GMX Mail. (GMX)
GMX Mail. (GMX)

GMX Mail adalah layanan email yang sudah beroperasi sejak tahun 1997 tetapi baru saja populer beberapa tahun belakangan. Email gratis selain Gmail ini dikenal karena merupakan anak perusahaan dari United Internet, penyedia layanan internet di Jerman.

Dari segi fitur, GMX Mail menyediakan penyimpanan file sebesar 1 GB, penyimpanan email 65 GB, dan batas upload lampiran 50 MB. Fitur lain yang bisa kamu coba adalah kalender online, filter spam, dan domain yang bisa diganti-ganti.

5. ProtonMail

ProtonMail. (ProtonMail)
ProtonMail. (ProtonMail)

ProtonMail kini semakin dilirik karena fitur-fitur enkripsinya. ProtonMail adalah perusahaan yang berbasis di Swiss dan baru beroperasi pada tahun 2014. Mereka mengunggulkan fitur-fitur keamanan. Contohnya, client-side encryption yang akan melindungi pesan pengguna bahkan sebelum terkirim ke server perusahaan.

Jadi, developer tidak akan mengetahui isi pesan tersebut. Email gratis selain Gmail ini didukung oleh Switzerland’s Federal Data Protection Act dan Federal Data Protection Ordinance. Itulah salah satu alasan kenapa ProtonMail sangat fokus untuk melindungi privasi penggunanya.

6. Yandex Mail

Yandex Mail. (Yandex)
Yandex Mail. (Yandex)

Yandex terkenal sebagai salah satu mesin pencari paling terkenal. Ia ternyata memiliki produk lain, yaitu layanan email untuk para penggunanya. Kamu akan mendapatkan storage space sebesar 10 GB secara gratis. Selain itu, keunggulan lain yang dimilikinya adalah kemudahan untuk melakukan personalisasi kategori, folder, serta sinkronisasi kotak masuk dari alamat email lainnya.

7. Zoho Mail

Zoho Mail. (Zoho)
Zoho Mail. (Zoho)

Zoho Mail merupakan salah satu layanan email paling baru, ia mulai beroperasi pada Oktober 2008. Namun hanya dalam kurun waktu sembilan tahun, Zoho telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif.

Walaupun teknologinya belum secanggih Gmail, Zoho Mail menyediakan berbagai fitur yang kamu perlukan. Termasuk folder, filter pesan, dan pengorganisasian kotak masuk yang baik. Email gratis selain Gmail ini terintegrasi pula dengan Zoho Docs, alternatif dari Microsoft Office untuk membuat berbagai macam file dokumen.

Itulah tujuh layanan email gratis selain Gmail yang bisa jadi alternatif untuk kamu.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak