Gadget

Cara Ekspor Kontak Gmail, Baik dari Laptop Maupun HP

Mudahkah pindahkan kontak Gmail?

Agung Pratnyawan

Logo Gmail. (Google)
Logo Gmail. (Google)

Hitekno.com - Gmail jadi layanan email yang sangatlah populer, tidak hanya karena gratis namun karena memiliki beragam fitur memudahkan. Bahkan salah satunya dalam ekspor kontek Gmail yang sangatlah mudah. Lalu bagaimana cara ekspor kontak Gmail dengan mudah?

Perlu kamu ketahui, Gmail menggunakan Google Contacts untuk menyimpan daftar kontak milik penggunanya. 

Karena kontak Gmail disinkronkan di seluruh akun Google pengguna, kontak yang disimpan mungkin menyertakan alamat email, nomor telepon dari perangkat seluler yang disinkronkan, dan informasi kontak tambahan lainnya.

Kontak akan diekspor sebagai file vCard (VCF) atau CSV, memungkinkan pengguna untuk mengimpornya ke layanan email lainnya.

Cara ini hanya bisa dilakukan melalui akses Gmail di web dan pemilik perangkat Android yang menggunakan aplikasi Google Contacts.

Bagi pengguna iPhone dan iPad perlu menggunakan antarmuka web untuk mengekspor kontak karena aplikasi Google Contacts tidak tersedia untuk perangkat tersebut.

Dilansir dari How to Geek, Jumat (26/2/2021), berikut ini cara ekspor kontak Gmail dengan mudahl:

1. Ekspor kontak Gmail di Windows 10 atau Mac

Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]
Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]

 

Jika menggunakan Gmail dari browser web di PC Windows atau Mac, kamu dapat dengan mudah mengekspor kontak Gmail setelah masuk ke akun.

Untuk melakukannya, buka situs web Gmail dan klik ikon menu aplikasi di sudut kanan atas. Dari menu drop-down, pilih opsi Contacts.

Ini akan membawa mu ke halaman Google Contacts, di mana pengguna dapat melihat gambaran umum dari kontak akun yang disimpan.

Jika ingin memilih kontak individu untuk diekspor, centang pada kotak di samping setiap entri di bagian Contacts di sisi kanan.

Setelah memilih kontak, pilih opsi Export di panel menu sebelah kiri.

Pada jendela pop-up Export Contacts, kamu dapat mengidentifikasi kontak yang ingin diekspor. Jika hanya ingin mengekspor kontak yang telah dipilih, klik pada opsi Selected Contacts.

Jika tidak, kamu perlu mengidentifikasi kategori kontak yang ingin diekspor dari menu drop-down di bawahnya. Misalnya, dirimu ingin mengekspor semua kontak yang disimpan atau daftar alamat email yang sering dihubungi yang dibuat secara otomatis.

Di bagian menu Export As, pilih metode ekspor. Kamu dapat mengekspor sebagai file CSV untuk Gmail atau Outlook atau sebagai vCard, yang sesuai untuk perangkat seluler seperti iPhone.

Setelahnya, klik tombol Export untuk mengekspor kontak. Kamu akan diminta untuk mengunduh file pada tahap ini.

Pilih nama file yang sesuai, lalu simpan file ke PC atau Mac. Kamu kemudian dapat mengimpornya ke layanan email lain atau ke akun Google lain sebagai gantinya.

2. Ekspor kontak Gmail di perangkat seluler

Ilustasi Gmail di smartphone. [Shutterstock]
Ilustasi Gmail di smartphone. [Shutterstock]

 

Kamu juga dapat mengekspor kontak Gmail menggunakan aplikasi Google Contacts di ponsel atau tablet Android. Jika memiliki iPhone atau iPad, kamu harus menggunakan antarmuka web (seperti telah dijelaskan di atas) untuk mengekspor kontak dari akun Google.

Pada perangkat Android, buka aplikasi Google Contacts dan ketuk ikon menu garis tiga di pojok kiri atas > klik opsi Settings > pilih Export yang terdaftar di bawah kategori Manage Contacts.

Jika masuk ke beberapa akun Google di perangkat, centang kotak di samping akun asal ekspor. Setelahnya, pilih opsi Export to .VCF File.

Aplikasi Google Contacts akan menyimpan salinan kontak ke perangkat mu sebagai file vCard (.VCF). Kamu dapat mengimpornya ke layanan atau aplikasi lain di perangkat saat ini atau mentransfernya ke perangkat lain, termasuk PC Windows 10, Mac, iPhone, iPad, atau perangkat Android lainnya.

Itulah cara ekspor kontak Gmail dengan mudah, baik di laptop maupun HP. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait