Ribuan Buku Pelajaran Sekolah Tersedia Gratis untuk Semua Anak di Indonesia

3000 buku digital tersedia untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Agung Pratnyawan
Senin, 12 Juli 2021 | 21:30 WIB
Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)

Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)

Hitekno.com - Kini tersedia sekitar 3000 buku pelajaran sekolah terbitan Kemdikbud yang bisa didapatkan secara gratis untuk semua anak di Indonesia. Buku digital ini bisa diakses cuma-cuma melalui aplikasi Kipin School.

Gelombang kedua wabah Covid-19 di Indonesia semakin hari semakin tidak terkendali. Untuk menghentikan rantai penyebaran, pemerintah membuat kebijakan dengan menerapkan PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021.

Pembelajaran Tatap Muka (PKM) yang semula akan diberlakukan secara ketat untuk tahun ajaran baru 2021-2022 pada bulan Juli ini kembali ditunda. Sekolah terpaksa harus meneruskan pembelajaran secara daring (PJJ) untuk siswa-siswanya yang telah berjalan lebih dari satu tahun sejak awal pandemi Covid-19.

Baca Juga: 5 Aplikasi Kesehatan untuk Cari Informasi Obat dan Konsultasi

Tahun ajaran baru dengan tingkat yang baru jelas membutuhkan bahan pengajaran yang baru salah satunya adalah buku.  Buku cetak yang biasa dipakai dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah saat ini menjadi kurang relevan dan dalam situasi yang tidak dapat tatap muka atau harus menghindari mobilitas, buku digital menjadi alternatif terbaik untuk pembelajaran dapat tetap berjalan dengan baik.

Hal ini juga akan mempercepat perkembangan laju digitalisasi pendidikan yang digencarkan oleh pemerintah.

Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)
Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)

Pandemi Covid-19 memberikan pengalaman bahwa pendidikan digital tidak mungkin dihindari namun perlu untuk diadaptasi dan dimanfaatkan untuk kemajuan pendidikan di masa akan datang.

Baca Juga: Ditemukan 170 Aplikasi Kripto Nakal, Waspada Bisa Curi Uang Kamu

Banyak sekali beredar situs-situs di internet maupun aplikasi pembelajaran yang berlomba dalam memberikan layanan pendidikan tak terkecuali Kipin School 4.0. Dalam rangka mendukung program pemerintah dan menyambut tahun ajaran baru, Kipin School 4.0 menggratiskan ribuan konten buku yang diterbitkan oleh Kemdikbud untuk seluruh kalangan pendidik.

"Terdapat kurang lebih 3000 buku terbitan Kemdikbud yang tersedia di aplikasi Kipin School yang ditata secara rapi sesuai jenjang sekolah sehingga pengguna aplikasi dapat dengan mudah mencari buku yang dibutuhkan," kata Santoso Suratso selaku CEO dari Pendidikan.id, perusahaan yang mengembangkan aplikasi Kipin School 4.0.

Buku-buku Kemdikbud yang tersedia di aplikasi Kipin School 4.0 lengkap untuk seluruh jenjang dari SD sampai SMA/SMK untuk buku Kurikulum 13, KTSP 2006 dan juga Kurikulum PJJ.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Presentasi Android, Simpel dan Gratis

Selain buku-buku terbitan Kemdikbud, Kipin School 4.0 juga sudah dilengkapi dengan koleksi buku terbitan Kemenag untuk Madrasah, buku paket A,B,C, buku prakerja dan konten-konten pendidikan milik Pendidikan.id seperti video pembelajaran, latihan soal, serta bacaan literasi berupa komik pendidikan yang syarat akan pendidikan karakter.

Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)
Buku Pelajaran Sekolah untuk Semua Anak di Indonesia. (Kipin School)

Kondisi darurat saat ini tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak belajar bagi anak-anak Indonesia, mereka harus tetap mendapatkan pengajaran dengan cara dan adaptasi baru.

"Kami harap dengan Kipin School 4.0 menggratiskan 3.000 koleksi buku dapat membantu banyak anak Indonesia maupun guru untuk dapat menjalankan PJJ dengan lebih baik tanpa bingung mencari sumber pembelajaran," tutup Santoso.

Baca Juga: 4 Aplikasi Perekam Suara Gratis di Android dan iOS

Aplikasi Kipin School 4.0 dapat diunduh melalui platform android, iOS dan Windows10. Kamu bisa mengakses buku pelajaran sekolah terbitan Kemdikbud dalam bentuk buku digital di aplikasi ini.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak