Internet

Cara Membuat Website Perusahaan, Tak Perlu Coding

Kamu bisa melakukannya sendiri, ikuti cara membuat website perusahaan ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi website. (Pixabay)
Ilustrasi website. (Pixabay)

Hitekno.com - Jika kamu memiliki bisnis maka perlu tau cara membuat website perusahaan yang menarik dan terlihat profesional, ikuti beberapa langkah mudah tanpa programing.

Membuat website untuk perusahaan tidaklah sesulit seperti jaman dulu, karena saat ini kamu bisa memilih banyak CMS (Content Management System) yang menghadirkan kemudahan dalam membangun website.

Salah satu CMS paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan adalah Wordpress, dimana kamu dapat dengan mudah melakukan kustomisasi dan juga penambahan fitur-fitur lain jika dibutuhkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat website perusahaan sendiri:

  1. Domain : Silahkan membeli domain di jasa penyedia seperti godaddy atau namecheap.
  2. Hosting : Silahkan beli hosting dari penyedia hosting murah di Indonesia atau di luar negeri, pilih sesuai kebutuhan.
  3. Install wordpress melalui cpanel, biasanya pihak hosting sudah menyiapkan install Wordpress di dalam cpanel sehingga tidak perlu banyak pengaturan.
  4. Cara install Wordpress melalui cpanel hanya cukup masuk kebagian application dan pilih wordpress
  5. Tentukan domain yang ingin di Install Wordpress dan pilih direktori penginstalan
  6. Atur username dan password untuk login dashboard admin (pilih username dan password yang mudah kamu ingat dan pastikan harus unik sehingga lebih aman dari peretasan)
  7. Tunggu hingga proses penginstalan selesai
  8. Setelah selesai kamu akan mendapatkan URL Website perusahaan dan juga URL Cpanel
  9. Atur tampilan website dengan memilih banyak pilihan tema yang sudah disediakan oleh wordpress baik versi gratis atau berbayar
  10. Lengkapi nama website, lengkapi halaman menu utama (about us, contact, privacy, layanan/produk dan blog)
  11. Lengkapi halaman About Us perusahaanmu, ceritakan profil perusahaan, visi & misi, susunan organisasi serta sejarah berdirinya perusahaan jika diperlukan.
  12. Lengkapi halaman Contact agar calon pelanggan atau klien mu dapat menghubungi dengan mudah, sediakan formulir yang akan terhubung melalui email dan juga lengkapi dengan nomor telpon, whatsapp dan juga alamat.
  13. Lengkapi halaman Privacy jelaskan beberapa fungsi seperti cookies dalam website yang membutuhkan beberapa data pribadi dari pengunjung dan jelaskan kegunaan dari data pribadi dan jaminan perlindungan data tersebut.

 

Ilustrasi website/Pixabay
Ilustrasi website/Pixabay

Selain membuat tampilan dan melengkapi beberapa fungsi dalam website perusahaan hal paling penting adalah dalam pemilihan nama domain.

Domain harus mencerminkan bisnis kamu sehingga orang lain mudah mengingat serta mudah ditemukan juga di mesin pencari seperti (google, yahoo, bing dan lainnya)

Tips memilih domain untuk perusahaan:

  • Tentukan nama yang singkat dan mudah diingat
  • Nama domain mudah diketik
  • Sematkan kata kunci atau keywords untuk optimasi search engine jika memungkinkan
  • Pilih nama brand jika perusahaan kamu sudah cukup popular
  • Tambahkan nama daerah jika dibutuhkan untuk optimasi pencarian lokal
  • Gunakan ekstensi yang sesuai (untuk ekstensi yang paling umum adalah .com atau .co.id jika kamu sudah memiliki izin usaha di indonesai)
  • Cek ketersediaan domain dan pastikan belum dipakai oleh orang lain
  • Beli beberapa ekstensi domain sekaligus untuk menghindari penyalahgunaan nama perusahaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
  • Segera beli domain agar tidak diambil oleh orang lain

Nah itu tadi adalah cara membuat website perusahaan yang mudah tanpa perlu paham pemrograman sehingga dapat mempercepat proses serta dapat kamu kerjakan sendiri dirumah.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait