Internet

Cara Sharing Printer untuk Windows 10, Mudah Dipraktikkan

Yuk simak langkah cara sharing printer di Windows 10.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)

Hitekno.com - Biasanya kantor memiliki banyak komputer yang terhubung dengan jaringan LAN atau Wi-Fi dan printer untuk mencetak dokumen. Ada cara sharing printer di Windows 10 sangat mudah. Hanya butuh beberapa langkah lho. 

Akan tetapi, hanya terdapat satu atau dua printer yang tersedia di sana. Lalu, bagaimana jika beberapa komputer ingin menggunakan printer secara bersama-sama. Cara yang biasanya digunakan adalah dengan menghubungkan komputer dan printer tersebut melalui kabel USB. Akan tetapi, repot bukan jika harus tancap dan lepas jika ingin menggunakan printer?

Tapi kamu tak perlu khawatir, ternyata, produsen sudah membekali produknya dengan fitur sharing printer. Dengan fitur ini, sebuah printer bisa digunakan dan tersambung ke beberapa komputer sekaligus.

Pada kesempatan kali ini, HiTekno.com akan memberikan tutorial Langkah demi Langkah bagaimana sharing printer, terutama di Windows 10.

Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi printer. (Pixabay/mohamed_hassan)

 

Pertama tentu saja, komputer dan printer kamu harus terhubung ke network yang sama, bisa lewat kabel LAN atau Wi-Fi.

1. Aktifkan Network Discovery dan File and Printer Sharing

Langkah pertama adalah dengan mengaktifkan Netwok Discovery dan File and Printer Sharing. Fitur Network Discovert berfungsi agar komputer bisa ditemukan dan dihubungkan dengan perangkat lain pada sebuah jaringan.

Kemudian aktifkan juga fitur File and Printer Sharing. Caranya Control Panel > pilih Network and Sharing Center > pilih Change advanced sharing settings > centang Turn on network discovery > centang Turn on file and printer sharing > Save changes

2. Share Printer pada komputer server

Pada komputer server (komputer yang melakukan sharing printer) buka Control Panel > Devices and Printers > Klik kanan pada printer yang ingin di sharing > pilih Printer Properties.

Perhatikan pada jendela Properties, klik pada tab Sharing > klik tombol Change Sharing Options > centang Share this printer > beri nama sesuai keinginan > klik OK.

Centang juga pada opsi Render print jobs on client computers.

Kamu bisa menamai printer kamu dengan nama apapun, namun saran dari tim Hitekno, namai printer kamu dengan jenis printernya ya.

3. Add printer pada komputer client

Untuk menambahkan printer baru caranya dengan buka Control Panel > Devices and Printers > Add printer.

Windows akan melalukan scanning, kemudian akan muncul daftar printer dalam jaringan yang siap digunakan.Klik “Next”.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencetak dokumen dengan Print a test page. Ini berguna untuk menguji coba apakah Langkah-langkah kamu berhasil atau tidak.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kini saatnya menghubungkan komputer Windows 10 kamu ke printer. Pertama pastikan printer dalam keadaan “shared” artinya sudah siap digunakan. Jika belum maka lakukan langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

1. Klik tombol Windows

2. Ketik “printer"

3. Pilih pada menu Printers and Scanners

4. Klik pada tombol Add a printer or scanner.

5. Tunggu hingga daftar printer yang di sharing dalam jaringan muncul

6. Klik printer yang ingin digunakan

7. Klik Next

8. Ikuti langkah-langkahnya hingga Finish.

Sekarang kamu bisa mempraktikkan cara sharing printer di Windows 10 sendiri, mudah bukan? (Kontributor HiTekno.com/Lestari nan Damai)

Berita Terkait