Gadget

Dukung Pengembang di Windows, Qualcomm Hadirkan Snapdragon Developer Kit

Perangkat yang dihadirkan untuk menungjang para pengembang software Windows 10 berbasis platform Snapdragon.

Agung Pratnyawan

Qualcomm Snapdragon Developer Kit. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon Developer Kit. (Qualcomm)

Hitekno.com - Qualcomm Technologies makin memantapkan langkahnya untuk masuk ke platform Windows. Yakni dengan mengeluarkan Snapdragon Developer Kit yang ditujukan untuk para pengembang software.

Snapdragon Developer Kit ini dirancang Qualcomm untuk memberikan dukungan tambahan bagi vendor perangkat lunak dan pengembang aplikasi independen dalam menguji dan mengoptimalkan aplikasi mereka untuk ekosistem perangkat yang sedang berkembang yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon.

Dikembangkan dengan berkolaborasi bersama Microsoft, Developer Kit yang berbasis Windows 10 menjadi sumber daya yang hemat biaya bagi pengembang untuk memverifikasi dan memvalidasi solusi produk yang mereka tawarkan dalam memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa untuk bekerja, belajar, dan berkolaborasi menggunakan PC Windows 10 bertenaga Snapdragon.

"Kami memiliki sejarah yang membanggakan dalam menciptakan alat pengembangan bermanfaat dari hasil kerja sama dengan Microsoft, di mana Snapdragon Developer Kit adalah produk terbaru dari kolaborasi tersebut," kata Miguel Nunes, Senior Director, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

"Developer Kit ini menyediakan layanan alternatif terjangkau untuk perangkat konsumen dan perangkat komersial lainnya. Dengan konfigurasi desktop yang lebih kecil, perangkat ini memberi pengembang fleksibilitas yang lebih besar daripada notebook, dengan kisaran harga yang lebih rendah. Kami terus berkomitmen untuk membantu pengembang menjawab permintaan konsumen, sekaligus mengurangi biaya penerapan secara keseluruhan." lanjutnya.

Ini merupakan kolaborasi terbaru antara Qualcomm Technologies dan Microsoft untuk memperkuat sumber daya bagi pengembang yang menyusun ulang, mengoptimalkan, dan menguji aplikasi untuk perangkat Windows 10 yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon.

Pada September 2020, Microsoft mengumumkan pengembangan App Assure Program untuk PC Windows 10 yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon, serta mengoptimalkan Microsoft Edge, Microsoft Teams, dan Visual Studio Code.

Pengembangan terbaru dalam dukungan terkoordinasi dari vendor perangkat lunak dan pengembang aplikasi independen adalah pengenalan program pratinjau emulasi x64 untuk PC Windows 10 hingga Program Windows Insider pada bulan Desember 2020.

"Kami memahami pentingnya memiliki sarana pengembangan yang andal bagi pengembang untuk menguji aplikasi mereka. Oleh sebab itu, kami berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk menciptakan Snapdragon Developer Kit. Kami berharap pengembang dapat memanfaatkan Snapdragon Developer Kit sepenuhnya untuk menunjang performa Windows 10 dalam memenuhi kebutuhan pengembangan Arm," ungkap Hari Pulapaka, Windows Partner Group Program Manager, Microsoft.

Dalam acara Qualcomm Snapdragon Compute: Scaling the Mobile Compute Ecosystem Virtual Announcement, Oded Gal, Chief Product Officer, Zoom Video Communications, Inc. menyatakan komitmen perusahaan untuk merilis versi terbaru aplikasi konferensi video yang dioptimalkan untuk perangkat yang didukung oleh platform komputasi Snapdragon. Gal memperkuat keyakinan Zoom dan Qualcomm Technologies bahwa teknologi dan konektivitas nirkabel memainkan peran penting dalam berkoneksi dan berkolaborasi.

"Musim panas ini, kami akan merilis versi baru Zoom yang akan memungkinkan pengoptimalan untuk Snapdragon, memberikan daya baterai yang jauh lebih lama sehingga memungkinkan Zoom berjalan lebih lama dari sebelumnya dan memungkinkan pengguna untuk terhubung dari mana
saja secara virtual," kata Gal.

"Zoom bangga dapat bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk membantu bisnis-bisnis dan siswa terhubung, berkomunikasi, dan mengekspresikan ide-ide sehingga dapat mengerjakan lebih banyak hal bersama-sama." lanjutnya.

Optimalisasi solusi seperti Zoom, yang dipasangkan dengan platform komputasi Snapdragon dengan efisiensi terdepan, akan memungkinkan pengguna mempertahankan produktivitas lebih lama dari sebelumnya, dan memperkaya kehidupan pengguna yang mengandalkan PC dan Chromebook yang ditenagai Snapdragon untuk belajar, bekerja, dan menikmati hiburan.

Qualcomm Snapdragon Developer Kit akan tersedia secara komersial di Microsoft Store pada musim panas ini.

Berita Terkait