Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga ke Kantor Gojek

Setidaknya ada delapan karangan bunga hasil iuran driver GoKilat dikirimkan ke kantor Gojek.

Agung Pratnyawan
Selasa, 08 Juni 2021 | 17:26 WIB
Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga. (Twitter/ arifnovianto_id)

Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga. (Twitter/ arifnovianto_id)

Hitekno.com - Para driver GoKilat tengah memprotes kebijakan insentif GoSend dengan cara mengirimkan karangan bunga ke kantor Gojek. Namun isinya ucapan duka cita bukan selamat.

Dipostingkan akun Twitter @arifnovianto_id, beberapa potret karangan bunga yang dikirmkan para driver GoKilat Jabodetabek dan Bandung pada hari ini, Selasa (8/6/2021).

"Ada 8 karangan bunga hasil iuran driver Gokilat Jabodetabek & Bandung yg pada 08 Juni 2021 dikirimkan ke kantor Gojek." tulisnya di Twitter.

Baca Juga: Driver Ramai Protes Insentif GoSend, Ini Penjelasan Gojek

"Pengiriman karangan bunga ini sebagai pertanda bahwa aksi pemogokan driver telah dimulai. Pemogokan akan dilakukan slma 3 hari sejak tgl 8 Juni," lanjutnya.

Selain mengirimkan karangan bunga berisi turut berduka cita tersebut, para pengemudi ini juga melakukan protes pada insentif GoSend dengan cara melakukan mogok kerja.

Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga. (Twitter/ arifnovianto_id)
Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga. (Twitter/ arifnovianto_id)

Sejak hari ini, Selasa (8/6/2021), para driver GoSend tersebut melakukan aksi mogok narik. Dampaknya, menurut akun Twitter tersebut, Gojek sampai menghentikan sementara layanan GoSend Sameday Delivery,

Baca Juga: Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Berencana Mogok Kerja

"Akibat 80% driver Gokilat mogok kerja, Gojek akhirnya menghentikan sementara layanan GoSend Sameday Delivery. Itu terjadi lantaran tak tersedia driver untuk mengantarkan barang2 pesanan konsumen." tulis @arifnovianto_id.

"Tanpa tenaga kerja driver, Perusahaan plarform tak bisa apa-apa," lanjutnya.

Akun @arifnovianto_id juga menyampaikan kalau aksi mogok kerja ini hanya dilakukan oleh driver Gojek di layanan GoKilat saja. Bukan para driver GoFood, Goride, maupun Gocar.

Baca Juga: Belanja Online Akhir Tahun Makin Menyenangkan, GoSend Hadirkan Promo

Namun disampaikan pula kalau sejumlah driver Gojek lain ikut solidaritas mogok kerja demi memprotes insentif GoSend tersebut.

Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga. (Twitter/ arifnovianto_id)
Protes Insentif GoSend, Driver GoKilat Kirim Karangan Bunga. (Twitter/ arifnovianto_id)

Cek video pengiriman karangan bunga ke kantor Gojek tersebut DI SINI.

Sebelumnya pihak Gojek sempat meberikan penjelasan soal insentif GoSend tersebut. Yang menurut Gojek tidak melakukan perubahan dalam skema pendapatan tersebut.

Baca Juga: Perluas ke Joglosemar, Ini Inovasi GoSend Bantu UMKM saat Pandemi

Dalam pesan singkat yang diterima HiTekno.com, Audrey Petriny, VP Corporate Communications Gojek menjelaskan kalau GoSend tidak melakukan perubahan skema pendapatan atau tarif pokok per jarak tempuh bagi mitra driver.

Kebijakan penyesuaian hanya dilakukan terhadap skema insentif untuk memberikan peluang yang lebih besar bagi lebih banyak driver GoSend untuk dapat memperoleh insentif.

"Kebijakan ini merupakan langkah untuk lebih memeratakan jumlah mitra yang dapat memperoleh insentif tersebut, sehingga semakin banyak mitra yang berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan di masa pemulihan pandemi." ungkap Audrey Petriny.

Disampaikan pula, kalau GoSend juga memiliki berbagai program apresiasi bagi mitra dengan performa baik.

"Di sisi lain, GoSend juga terus meningkatkan jumlah permintaan pelanggan melalui berbagai program pemasaran, pengembangan teknologi dan inisiatif lainnya, disamping terus menjaga dan meningkatkan standar layanan yang lebih baik." lanjutnya.

Melalui berbagai upaya ini, antara lain skema pendapatan pokok yang dipertahankan, penyesuaian skema insentif, peningkatan program pemasaran, serta inisiatif lainnya termasuk program apresiasi bagi mitra, maka daya saing GoSend akan terus meningkat dan menjadi pilihan masyarakat.

Hal ini akan mendorong tingkat permintaan pelanggan (order) bagi para mitra driver dan memberikan peluang memperoleh pendapatan secara lebih berkesinambungan.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak