Internet

Jauh Lebih Kencang, Ini Cara Ubah Jaringan 5G di Telkomsel

Khusus bagi pelanggan yang ingin mencicipi jaringan anyar ini, berikut cara ubah jaringan 5G di Telkomsel.

Amelia Prisilia

Ilustrasi jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)

Hitekno.com - Setelah resmi masuk ke Indonesia, jaringan 5G langsung mencuri perhatian para provider yang berlomba-lomba menyediakan jaringan ini. Khusus untuk kamu, begini cara ubah jaringan 5G di Telkomsel.

Jaringan 5G baru mulai dikenalkan di Indonesia pada Kamis (27/5/2021) lalu. Secara perlahan jaringan ini akan meluaskan jangkauan ke berbagai wilayah Indonesia.

Lebih kekinian, jaringan ini menawarkan kecepatan dengan teknologi seluler generasi terbaru. Perlahan tapi pasti, kehadiran jaringan 5G ini akan menggusur keberadaan jaringan 4G.

Seperti yang diketahui, jaringan 5G diklaim memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat jika dibandingkan dengan jaringan 4G yang selama ini menjadi andalan provider dan gadget kekinian.

Jauh lebih kencang, khusus bagi pelanggan yang ingin mencicipi jaringan anyar ini, berikut cara ubah jaringan 5G di Telkomsel.

Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)

 

Langkah pertama, pastikan jika kamu telah menggunakan kartu uSIM serta telah berada di lokasi yang sudah mendukungan jaringan Telkomsel 5G.

Selain berada di lokasi yang mendukung jaringan 5G, kamu juga perlu untuk memastikan telah menggunakan HP yang mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G.

Berikutnya, kamu harus masuk ke menu pengaturan dan memilih 'Kartu Ganda dan Seluler' lalu memilih menu 'APN' untuk memastikan bahwa perangkat dapat menggunakan internet.

Ilustrasi jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)

 

Selanjutnya, pengguna perlu menyusun 'APN Baru' dan melakukan konfigurasi dengan mengisi 8.8.8.8 dan 510 pada MCC dan di kolom MNC, pengguna perlu menulis angka 11.

Pada protokol APN dan protokol roaming APN, pilih IPv4/IPv6. IPv4/IPv6 merupakan jenis internet protokol yang dibedakan dari panjang alamatnya. Setelah melakukan speedtest, pengguna bisa langsung mengubah jaringan 5G.

Menawarkan jaringan yang lebih cepat, itu tadi cara ubah jaringan 5G di Telkomsel. Sebagai pengguna Telkomsel, tertarik untuk mencoba jaringan terbaru ini?

Berita Terkait