Internet

Peringati Hari Lahir Pancasila, Netizen Banjiri Ucapan di Twitter

Istilah Pancasila sendiri dikenalkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945.

Dinar Surya Oktarini

Monumen Pancasila Sakti. (Suara.com/Angga Budhiyanto)
Monumen Pancasila Sakti. (Suara.com/Angga Budhiyanto)

Hitekno.com - Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia mempertingati hari lahir Pancasila yang merupakan dasar negara bangsa Indonesia.

Tanggal 1 Juni mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei - 1 Juni 1945. Pada masa akan ditetapkan, ada tiga tokoh yang memaparkan tentang dasar negara tersebut. Ketiga tokoh itu adalah Muhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Istilah Pancasila sendiri dikenalkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945 lalu, sedangkan proses Pancasila menjadi dasar negara sendiri sangat panjang, salah satunya peristiwa yang dikenal dengan Piagam Jakarta.

Sehingga ditetapkannya Pancasila yang kita kenal saat ini dan tertuang dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Netizen gemakan Hari Lahir Pancasila. (Twitter/ @yudhaxiii)
Netizen gemakan Hari Lahir Pancasila. (Twitter/ @yudhaxiii)

 

Netizen juga turut mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila di media sosial Twitter dan dapat menduduki kolom trending topik.

''Pancasila membuat berbagai keanekaragaman, suku, budaya dan agama menjadi kekayaan yang tiada duanya.'' tulis salah satu netizen di Twitter.

''Kelima sila Pancasila harus dibaca dalam satu rangkaian kesatuan utuh.Pancasila harus menjadi denyut nadi bangsa kita.'' tulis salah satu komentar netizen di Twitter.

''Terlahir dalam perbedaan Agama, bahasa, dan warna kulit. Merajut kebangsaan dalam keberagaman. Bersatu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila'' komentar netizen lainnya di Twitter.

Unggahan ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila trending di Twitter dengan lebih dari 4 ribu cuitan.

Berita Terkait