TikTok #SamaSamaBelajar, Dukung Kreator Kembangkan Potensi Diri

TikTok memberikan ruang bagi siapa saja bisa mengekspresikan diri sekaligus menginspirasi orang lain.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Minggu, 02 Mei 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Hitekno.com - TikTok telah menghadirkan program #SamaSamaBelajar dalam rangka membantu dan mengembangkan konten kreator. Berisi beragam ilmu bermanfaat program berbasis edukasi #SamaSamaBelajar.

Termasuk dukungan TikTok kepada para  pecinta fotografi dan videografi untuk berkembang dan membagikan ilmu bermanfaat di aplikasi.

Sebagai salah satu kategori edukasi yang banyak digemari, konten #SamaSamaBelajar bidang fotografi dan videografi di TikTok ini melibatkan kreator dengan berbagai latar belakang, mulai dari mereka yang belajar secara otodidak hingga seorang fotografer profesional.

Baca Juga: Kreator TikTok Bagikan Tips Jaga Kesehatan dan Kebugaran Selama Bulan Puasa

Khususnya di masa pandemi, konten fotografi dan videografi yang dihadirkan para kreator ini telah memberikan banyak manfaat bagi pengguna, seperti menambah kemampuan diri serta melakukan promosi digital bagi pelaku bisnis.

Sebagai platform inklusif, TikTok memberikan ruang bagi siapa saja bisa mengekspresikan diri sekaligus menginspirasi orang lain. Salah satunya adalah Mega Gumelar (@megaieo), konten kreator sekaligus fotografer profesional yang turut menambah keberagaman konten edukasi #SamaSamaBelajar di TikTok.

Bagi Mega, dunia konten kreator bukanlah hal yang baru. Awalnya, perempuan yang berdomisili di Bali ini terjun ke dunia digital sebagai beauty influencer. Namun, stigma dan tekanan sosial tentang kecantikan membuat Mega merasa kurang nyaman dan mendorongnya untuk menemukan platform yang bisa menerima nilai otentik dalam dirinya.

Baca Juga: TikTok Ajak Pengguna Bangga Menggunakan Produk Indonesia

Setelah sering melihat video TikTok di internet, Mega memutuskan bergabung dalam komunitas TikTok sebagai fotografer profesional, profesi yang memang sudah lama ditekuninya.

TikTok hadirkan progam #SamaSamaBelajar. (TikTok)
TikTok hadirkan progam #SamaSamaBelajar. (TikTok)

Mega mengatakan, "Saat pandemi, aku coba mengeksplor TikTok dan menyadari bahwa semua orang punya kesempatan yang sama untuk berbagi konten di platform ini. Akhirnya aku memutuskan untuk memperkenalkan diri sebagai fotografer profesional, identitas yang belum pernah aku ungkapkan sebelumnya di platform lain. Aku juga menyisipkan pandanganku di konten-konten TikTok tentang makna cantik, bahwa kita semua punya keunikan masing-masing yang harus disyukuri. Surprisingly, kehadiranku dan konten fotografi yang kubagikan diterima baik oleh komunitas TikTok. Bahkan, mereka banyak yang minta dibuatkan tips-tips fotografi yang diterapkan di karyaku,"

Hal serupa juga dialami oleh kreator Daffa Urrofi (@urrofi_). Konten Kreator yang juga pekerja lepas di bidang videografi ini merasakan bahwa TikTok adalah tempat yang tepat untuk belajar dan mengembangkan diri.

Baca Juga: TikTok HadirkanKeseruan Belanja Online Bareng Nagita Slavina

Ekosistem TikTok yang unik memungkinkan video siapa saja bisa ditemukan dengan mudah, ditambah video editing tools di aplikasi yang membantu Urrofi membuat konten informatif dengan praktis. Dimulai dari unggahan konten videografi pertama di TikTok pada pertengahan tahun lalu, video Urrofi ternyata mendapat respon yang positif dari pengguna lain.

Hal ini kemudian memicu Urrofi untuk terus mengeksplor TikTok dan mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk membuat konten videografi dengan lebih rutin. Melalui berbagai upaya tersebut, Urrofi akhirnya terpilih menjadi salah satu nominasi Best of ology di ajang TikTok Awards Indonesia 2020 beberapa waktu lalu.

"Fokus utamaku membuat konten di TikTok adalah untuk menginspirasi orang-orang yang suka videografi dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Apalagi saat ini kemampuan videografi bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Akhirnya, dengan beberapa inspirasi yang juga ku temukan dari TikTok, aku ingin orang-orang yang menonton kontenku bisa mencoba videografi dengan alat dan teknik sederhana, tapi hasilnya tetap maksimal. Seperti menggunakan kamera ponsel dan memaksimalkan video editing tools yang ada di TikTok," ujar Urrofi.

Baca Juga: TikTok Hadirkan Program Ramadan #SamaSamaBerbagi, Ini Keseruannya?

Kedua kreator ini mengaku bahwa konsistensi dalam menghadirkan konten berkualitas dan informatif melalui program edukasi #SamaSamaBelajar di TikTok juga membuka peluang bagi karir dan bisnis mereka.

Mega mengaku dirinya mantap mengembangkan profesinya saat ini dengan membuka studio fotografi, karena terinspirasi dari profesional fotografer di TikTok sekaligus dukungan dari komunitas di aplikasi.

Sementara itu, Urrofi juga mengaku menerima tawaran kerjasama dari berbagai brand, seperti otomotif, travel, fesyen, dan teknologi, yang melihat konten edukasi videografi yang diberikannya lewat tagar #SamaSamaBelajar.

Program #SamaSamaBelajar TikTok merupakan program edukasi yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2020, dengan berbagai konten inspiratif dan informatif, mulai dari seputar ilmu pengetahuan umum, kesehatan, bahasa asing, hingga fotografi.

Hingga saat ini, tagar #SamaSamaBelajar telah mendapatkan 56,4 milyar views, termasuk kompetisi edukasi TikTok #TauGaSih yang baru saja berakhir dan mendapatkan 2,7 milyar views.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak