Internet

Unggahan Terakhir Kapten KRI Nanggala Jadi Sorotan: Tolong Doakan Kami

Unggahan Letkol Laut Heri Oktavian menjadi sorotan netizen.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Akun Instagram Kapten KRI Nanggala. (instagram/class_of_2k2)
Akun Instagram Kapten KRI Nanggala. (instagram/class_of_2k2)

Hitekno.com - Duka akibat tragedi KRI Nanggala masih dirasakan hingga kini oleh seluruh rakyat Indonesia. Menjadi sorotan, unggahan terakhir kapten KRI Nanggala, Letkol Laut Heri Oktavian di Instagram miliknya tidak terlepas dari perhatian netizen.

Letkol Laut Heri Oktavian dilaporkan gugur bersama 52 awak KRI Nanggala usai sebelumnya hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Pulau Bali. Pada Minggu (25/4/2021), KRI Nanggala lalu ditemukan berada di kedalaman 838 meter.

Menjadi luka mendalam bagi Tanah Air, jauh sebelum tragedi ini terjadi, unggahan Instagram Kapten KRI Nanggala di akun @class_of_2k2 menjadi sorotan netizen.

Diunggah pada 15 November 2019 lalu, Letkol Laut Heri Oktavian mengunggah video berdurasi 28 detik yang menunjukan simulasi upaya penyelamatan di kapal selam. Tidak terlalu jelas, namun tampak awak kapal dengan rompi serba oren keluar dari kapal selam ini.

Bersama unggahan tersebut, Kapten KRI Nanggala ini meminta doa dari pengikutnya di Instagram seandainya ada kabar berita yang muncul di televisi terkait dirinya dan KRI Nanggala.

"Jika anda tidak membaca tentang ini di berita, maka kami baik-baik saja. Tetapi jika anda menemukannya di berita, tolong doakan kami" tulisnya.

Unggahan ini langsung saja mencuri perhatian netizen yang mengaitkannya sebagai pertanda dari tragedi nahas yang dialami oleh Letkol Laut Heri Oktavian bersama awak kapal selam KRI Nanggala.

"Kami melihatmu di berita dan kami selalu berdoa untukmu" balas seorang netizen.

Status Instagram Kapten KRI Nanggala

Menjadi korban tragedi KRI Nanggala, akun Instagram Letkol Laut Heri Oktavian yang telah mengumpulkan 13 ribu followers ini masuk dalam kategori in memoriam dengan tanda 'Remembering' di bawah profil yang menunjukan bahwa sang pemilik akun kini telah tiada.

Akun Instagram Kapten KRI Nanggala. (instagram/class_of_2k2)
Akun Instagram Kapten KRI Nanggala. (instagram/class_of_2k2)

 

Bukan secara otomatis, masuknya akun Instagram ke kategori in memoriam ini berdasarkan laporan dari sesama pengguna pada tim Instagram melalui fitur 'Help'. Selanjutnya, pihak Instagram akan mengonfirmasi hal tersebut melalui email yang dikirimkan.

Selanjutnya, pengguna perlu mengunggah beberapa bukti terkait laporan kematian si pemilik akun Instagram. Setelah terkonfirmasi, akun Instagram tersebut nantinya akan tetap ada dan tidak dapat digunakan oleh pengguna lainnya.

Kapten KRI Nanggala, Letkol Laut Heri Oktavian dan 52 awak kapal lainnya dilaporkan gugur dalam tugas usai kapal selam yang ditumpangi ditemukan di kedalaman 838 meter dengan kondisi terbelah menjadi tiga bagian.

Berita Terkait