Internet

Sempat Disangka Mati, Tingkah Ikan Cupang Ini Malah Bikin Bingung

Kok bisa gini?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi ikan cupang. (Pixabay/ ivabalk)
Ilustrasi ikan cupang. (Pixabay/ ivabalk)

Hitekno.com - Ikan cupang menjadi salah peliharaan yang sedang banyak digandrungi. Ikan hias ini mulai ramai dijual belikan dan dikoleksi karena keindahaannya. Bahkan sampai ramai dipostingkan kemolekannya ke media sosial.

Namun berbeda dengan postingan video yang viral di media sosial satu ini. Ikan cupang yang bertingkah unik bahkan membuat bingung pemiliknya.

Dalam video viral ini, seorang pemilik ikan cupang curhat di media sosial karena tingkah ikannya yang aneh.

Dibagikan pemilik akun TikTok @betta_setia pada 9 Maret, netizen tersebut curhat karena ikan cupangnya suka menepi di pinggir kolam.

Tampak lebih dari lima ekor ikan keluar dari genangan air kolam dan menepi, seolah sedang bersandar.

Awalnya, netizen menyangka ikan-ikan miliknya mati karena semua ikan tidak berada di dalam air.

Namun, saat disentuh menggunakan alat, ikan-ikan tersebut seperti terbangun dan langsung berenang kembali ke dalam kolam.

Tingkah ikan aneh. [TikTok]
Tingkah ikan aneh. [TikTok]

 

Tak hanya sekali, rupanya hal aneh tersebut sering dilakukan oleh ikan-ikannya.

Netizen sering mengecek kolam untuk melihat kondisi ikan dan menemukan hewan peliharaannya tersebut sedang menepi.

"Ikanku pada santai kayak di pantai... awalnya aku kaget. Ku kira pada mati ini ikan. Satu jam kemudian aku lihat lagi, ternyata mereka pada santai lagi mereka," tulis netizen dalam keterangan pada videonya.

Tingkah ikannya yang di luar nalar itu pun membuat bingung netizen karena secara logika, ikan cupang seharusnya tetap berada di dalam air untuk mendapat pasokan oksigen yang cukup.

Pemilik akun itu kemudian bertanya kepada pengguna TikTok lain tentang kondisi ikannya.

"Ada yang tau kenapa? Terus ada juga nggak ikan kalan yang kayak gini," tambah netizen.

Tingkah ikan aneh. [TikTok]
Tingkah ikan aneh. [TikTok]

 

Menurut pengguna TikTok, penjelasan paling masuk akal adalah kualitas air di dalam kolam yang kurang baik.

Video viral di media sosial ini telah dilihat sebanyak lebih dari 3,2 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 133.200 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

"Biasa ikan naik ke atas permukaan air apabila kadar oksigen air kurang. Coba kasih alat oksigen kayak di akuarium itu," tulis akun @jaya124dance.

"Kualitas airnya kurang baik jadi asupan oksigen buat ikan kurang, makanya ikannya keluar air cari oksigen," tambah @yeksa.

"Kayaknya ikannya capek berenang terus bang wkwk," komentar @niarr56.

"Ikannya mandiri ya, itu mereka ngasih tau minta dibersihin dulu airnya udah kotor," ungkap @oh.tiramishu.

Itulah video viral di media sosial, tingkah ikan cupang yang membuat heran bahkan kebingungan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait