Internet

Makin Beragam, Ini Tren Cerita Pendek Populer di TikTok

Ini deretan tren cerita pendek yang populer di TikTok.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Hitekno.com - Keberagaman video di TikTok, platform distribusi video singkat, memang tidak perlu diragukan lagi. Bagi kamu yang suka menonton film, menyimak video format singkat dan vertikal di TikTok dengan konten bercerita mungkin menjadi hiburan baru.

Berisi POV (point of view) dari karakter utama, pencampuran shot length, narasi yang runut (pembuka-klimaks penutup), dan kadang dilengkapi dengan musik latar yang membangun emosi, banyak video singkat di TikTok telah menjadi bentuk cerita pendek.

Bagi kamu yang ingin mulai membuat konten visual storytelling di TikTok, atau memiliki impian terpendam untuk menjadi sutradara ataupun aktor film, mungkin yang dilakukan beberapa kreator ini bisa menjadi inspirasi buat kamu. Mari kita simak!

Memanfaatkan efek di TikTok untuk membangun cerita

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)

 

Video karya kreator @janineintasari ini sempat viral di berbagai platform digital, hingga menjadikan kreator beauty ini sebagai salah satu Rising Creator di TikTok pada akhir tahun lalu. Di video ini, Janine memanfaatkan kemampuan makeupnya untuk membuat cerita bagaimana seorang gadis periang yang lugu diculik, dan dijadikan boneka hidup. Meskipun tanpa dialog, efek makeup yang dihasilkan Janine, serta musik latar yang mencekam, berhasil membuat penonton merinding melihat video ini.

Mengangkat cerita yang relatable, dibalut dengan kreativitas

Selama pandemi, ujian di sekolah pun dilakukan secara online. Video karya @aldogiustano ini mengambil adegan ujian online ini dan bagaimana usaha contek mencontek tetap dilakukan secara manual, tentunya dengan kreativitas editing Aldo. Penonton pun ikut terbawa deg-degan saat kertas contekan itu sampai ke layar Pak Guru pengawas ujian. Video seru ini menuai pujian dari kreator ternama Zach King yang merupakan idola Aldo.

Menggunakan fitur Duet untuk mengasah kemampuan akting

Buat kamu yang ingin jadi aktor film, kamu bisa merespon ajakan challenge Duet dari kreator lainnya yang menantang pengguna untuk beradu akting. Seperti yang dilakukan oleh kreator @yasminjml yang gemar menjawab Duet acting challenge dari Chris Barnett, aktor luar negeri yang aktif membuat konten akting di TikTok. Melalui akunnya, Yasmin menunjukkan bakat aktingnya dengan memainkan berbagai peran, seperti kembang desa asal Amerika, hingga penyihir di dunia dongeng. Coba yuk! Siapa tahu bakat akting kamu bisa dilirik oleh sutradara film terkenal.

''Sebagai rumah dari kreativitas, TikTok senang sekali melihat bagaimana platform ini dimanfaatkan kreator untuk mengembangkan bakat dan aspirasinya, termasuk untuk mengeksplor visual storytelling," kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. "Kami pun akan terus mengembangkan teknologi dan merilis
project yang dapat mendorong kreativitas pengguna dalam cerita pendek format vertikal.''

Berita Terkait