Internet

Ini Keyword Tujuan Wisata yang Paling Banyak Dicari Pengguna Google Maps

Kata kunci wisata aman dinyatakan meningkat 50 persen dalam laman penelusuran Google.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Jake Davies)
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Jake Davies)

Hitekno.com - Menurut laporan terbaru Google Year in Search 2020, aplikasi Google Maps menjadi salah satu layanan Google pilihan Generasi Z di Indonesia untuk menentukkan perjalanan.

"Google Maps dipakai oleh 57 persen Gen Z, menjadikannya pilihan aplikasi teratas untuk menelusuri beragam hal terkait perjalanan," tulis Google dalam laporannya, Minggu (28/2/2021).

Selain Google Maps, Generasi Z di Indonesia juga memilih Google Search untuk merencanakan perjalanan mereka.

Alasan paling utama Generasi Z menggunakan Google yakni untuk mencari informasi, merencanakan perjalanan, mencari tujuan wisata, tempat rekreasi dan tempat makan, hingga mencari review restoran.

Meski Indonesia dilanda pandemi Covid-19, Google mencatat warganet tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan dalam merencanakan perjalanan mereka.

Dari hasil riset, kata kunci wisata aman dinyatakan meningkat 50 persen dalam laman penelusuran Google.

Ilustrasi wisatawan mancanegara (Shutterstock).
Ilustrasi wisata (Shutterstock).

"Ada tiga faktor pertimbangan utama orang Indonesia saat merencanakan perjalanan, yakni kesehatan dan keselamatan, harga dan promosi, hingga reputasi agen travel," tambah Google.

Selain itu, Google juga mencatat wisata Staycation masih menjadi wisata populer selama 2020. Kata kunci Staycation sendiri dilaporkan meningkat hingga 220 persen.

Di sisi lain, orang Indonesia tetap masih tertarik dengan destinasi wisata lokal. Namun, destinasi yang terekam Google dikatakan lokasinya lebih dekat dan terjangkau karena adanya imbauan protokol kesehatan yang diterapkan di berbagai wilayah.

Berikut 10 destinasi wisata domestik teratas yang paling banyak dicari di Google selama Juli-Oktober 2020:

  1. Cipanas
  2. Cisarua
  3. Pangandaran
  4. Anyer
  5. Ciwidey
  6. Babakan Madang
  7. Tawangmangu
  8. Megamendung
  9. Ciawi
  10. Tarogong Kaler

Dari deretan keyword tujuan wisata di atas, mana yang juga sedang kamu cari di Google Maps nih? (Suara.com/Dicky Prastya)

Berita Terkait