Internet

Searching Doa Agar Tak Ditunjuk saat Zoom, Hasilnya Bikin Penasaran

Kira-kira apa aja ya?

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi logo Google. (Pixabay)
Ilustrasi logo Google. (Pixabay)

Hitekno.com - Pandemi membuat proses belajar mengajar tingkat SD hingga universitas harus diadakan secara online, melalui platform Zoom

Bagi sebagain dari mereka, hal tersebut dinilai lebih menantang dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. 

Apalagi, saat tanya jawab harus dilakukan, yang ternyata menjadi momok tersendiri bagi para siswa.

Bahkan di media sosial, masing-masing dari mereka memiliki cara tersendiri agar tak ditunjuk guru untuk menjelaskan mengenai materi pelajaran yang saat itu tengah berlangsung secara daring. 

Mulai dari menunduk, pura-pura mengerti dengan mengangguk-anggukan kepala hingga yang terbaru ialah mencari doa agar tidak ditunjuk saat belajar daring. 

Cuitan tentang hal ini pun viral, begitu akun Twitter @schfess mengunggah tangkapan layar pencarian Google seseorang, yang sedang mencari doa tersebut. Di mesin pencarian tersebut tertulis "Doa agar tidak ditunjuk saat Zoom". 

"Sch! Bagi tipsnya biar gak ditunjuk pas lagi Zoom," cuit akun tersebut.

Hingga saat ini, cuitan itu mendapat lebih dari 14 ribu likes dengan komentar yang beragam.

Rata-rata, warganet benar-benar membalas mengenai doa yang biasa ia sebut sebelum mulai pembelajaran daring. Tak sedikit pula yang memberi tips-tips absurd untuk menghindari sesi ini. 

"(Khusus laptop) 
Cabut semua earphone/speaker
Masuk ke menu sound (tab recording)
Pilih microphone
Pilih tab listen
Centang listen to this device
Terus coba ngomong
Nanti si pengajar bakal ngira kalo ada gangguan mic," saran seorang warganet.

"Manjur banget udah terbukti sejak aku SMA sampe kuliah. Kemaren waktu presentasi tugas besar ga ditanya sama sekali, Alhamdulillah," kata yang lain sambil mengunggah doa "shummun bukmun ‘umyun fahum laa yarji’uuna,".

"Aku sekali baca ini nder," tulis siswa lain sambil mengunggah doa "Min syarri maa kholaq" yang berarti "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan ciptaan-Nya". 

"Pas ditunjuk langsung matiin data aja jadi ntar pas kamu jawab suaranya putus-putus gitu. ntar dikira sinyalnya jelek hehehehe," ujar yang lain memberi ide baru.

Selain searching doa di Google, kamu punya trik jitu biar nggak ditunjuk saat sekolah online di Zoom? (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait