Begini Suasana Kursi Pesawat Kosong Tanpa Penumpang, Boleh Terbang?

Ternyata ada alasan khusus kenapa pesawat tersebut terbang dengan kondisi tanpa penumpang.

Agung Pratnyawan
Selasa, 12 Januari 2021 | 12:45 WIB
Ilustrasi pesawat terbang. (Unsplash/ Douglas O)

Ilustrasi pesawat terbang. (Unsplash/ Douglas O)

Hitekno.com - Seorang pramugara membagikan suasana ketika menaiki pesawat kosong tanpa penumpang yang belum lama ini jadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Banyak netizen yang menyoroti bagaimana suasana kursi pesawat kosong tanpa penumpang seperti dalam video tersebut.

Dalam pesawat itu, tak nampak ada satupun penumpang yang duduk di kursi pesawat, melainkan hanya para kru.

Baca Juga: Telkomsel Perkuat Jaringan di Area Posko Penyelamatan Pesawat Sriwijaya Air

Ternyata sepinya penumpang pesawat yang akan terbang itu, ada alasan tersendiri di baliknya.

Curhatan seorang pramugara yang terbang tanpa penumpang umum viral di media sosial usai dibagikan oleh Kreator TikTok @hizkyamarchel pada Minggu (10/1/2021).

Hizkya memperlihatkan suasana pesawat yang tidak diisi oleh satu pun penumpang. Di sana hanya tampak sejumlah kru pesawat seperti para teknisi dan pramugari.

Baca Juga: Bisa Lacak Penerbangan Pesawat, Ini Cara Kerja Aplikasi Flightradar24

Dalam video viral di media sosial ini, pramugara tersebut mengatakan, penerbangannya saat itu hanya diikuti oleh 7 kru pesawat, tanpa penumpang umum.

"Terbang tapi tidak ada penumpang? Kertasnya kosong (0), adult 0, child 0, infant 0," ujarnya sembari memperlihatkan sebuah kertas.

Viral Cerita Pramugara Terbang Tanpa Penumpang Umum (TikTok).
Viral Cerita Pramugara Terbang Tanpa Penumpang Umum (TikTok).

"Iya jadi aku Ferry Flight dari Denpasar-Balikpapan. Isinya kru doang ber-7. Di atas sepi banget kursi paxnya kosong semua," sambungnya.

Baca Juga: Google Maps Tampilkan Titik Lokasi Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh

Ternyata, Hizkya saat itu sedang bekerja untuk penerbangan ferry flight yang memang bersifat izin khusus dan non-commercial.

Penerbangan ferry flight sendiri berarti tidak boleh membawa penumpang-penumpang umum yang membayar dan kargo titipan berbayar.

Adapun yang diperbolehkan ikut dalam penerbangan ferry flight adalah aircrew, terdiri dari cockpit crew, cabin crew, dan tim teknisi.

Baca Juga: Mengenal Critical Eleven, 11 Menit Paling Menegangkan di Pesawat

Video unggahan Hizkya menyita perhatian netizen yang beberapa tidak tahu soal ferry flight. Beberapa dari mereka mengira, pesawat itu kosong karena penumpang dilanda trauma.

Meski begitu, tidak sedikit pula netizen yang sudah mengerti soal konsep ferry flight sehingga mereka membantu menjelaskan.

"Jadi ini ferry flight ya teman-teman. Ada alasan tertentu seperti operasional atau alasan teknis melakukan ini. Bukan karena penumpangnya pada takut," terang Sandalwood.

"Ferry flight penerbangan dengan izin khusus dan non-commercial, dan tidak boleh membawa penumpang-penumpang," balas Kata kata mutiara.

"Semoga semuanya dalam lindungan yang Maha Kuasa ya pramugara/i dan capt serta crew yang lain. Sehat selalu," timpal Ojack Anambas.

"Kalau di bus pariwisata namanya Empty Run," sahut Busmelodytransport.

Kekinian, video viral di media sosial itu telah jutaan kali disaksikan. Lihat videonya DI SINI.

Ucapan Bermakna Bagi Pramugari

Berikut enam ucapan yang berarti untuk mereka yang hendak melakukan perjalanan udara dengan pesawat. 

Have a Safe Flight

Ucapan yang berarti banget buat pramugari yang pertama adalah 'have a safe flight'. Ada doa tersirat di dalam kalimat ini, sebuah harapan untuk menikmati penerbangan dari take off sampai landing.

Take care

Kepedulian seseorang bisa tercermin dari ucapan 'take care' ini. Sepintas mungkin terdengar cheesy, tapi percayalah, it means a lot!

I love you

Mengingatkan setiap pramugari dan banyak orang yang berpergian menggunakan pesawat bahwa ada hati yang harus dijaga, ada keluarga yang selalu menanti di rumah, dan membuat pramugari dan kru kabin merasa tak pernah sendiri di atas sana.

Doain ya

Kecemasan sedikit demi sedikit akan hilang selaras dengan alunan doa yang dipanjatkan orang tersayang. Orang tua, kekasih, suami/istri, anak, dan teman adalah daftar orang-orang yang doanya akan selalu pramugari dan kru kabin harapkan.

Sampai jumpa lagi

Kangen, baper, sekaligus perasaan takut tak bisa menepati janji ini sudah barang tentu berkecamuk di dada. Tapi hal itulah yang menguatkan pramugari, pilot dan kru kabin  untuk selalu ingat dengan Sang Pencipta.

Tunggu aku ya, sayang

Menunggu mungkin bagi beberapa orang menjadi hal yang membosankan. Tapi akan lebih sedih jika seseorang yang ditunggu tak pernah datang (lagi). Maka, selama ada orang yang setia menunggumu di setiap pintu kedatangan, janganlah kau anggap sepele ucapan 'tunggu aku ya sayang' ini. (SuaraKaltim.id/ Hernawan).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak