Dipakai Gisel Kirim Video Syur ke Nobu, Begini Cara Kerja AirDrop

Begini nih cara kerja AirDrop yang dipakai Gisel, yuk simak.

Dinar Surya Oktarini
Rabu, 06 Januari 2021 | 09:51 WIB
Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)

Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)

Hitekno.com - Diketahui Gisella Anastasia menggunakan fitur AirDrop untuk mengirim video syur ke Nobu. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja AirDrop tersebut, yuk simak. 

Gisel yang Kirim Video Syur 19 Detik ke Michael Yukinobu Defretes pakai AirDrop

Michael Yukinobu Defretes atau MYD turut dijadikan tersangka dalam kasus video syur 19 detik mirip Artis Gisella Anastasia alias Gisel. MYD bersama Gisel telah mengakui bahwa pasangan yang berbuat intim dalam video tersebut adalah mereka berdua.

Baca Juga: Terpopuler: Xiaomi Mi 10i Resmi Dikenalkan dan Foto Jadul Cewek 1960-an

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengungkapkan alasan mengapa MYD ikut jadi tersangka dalam kasus video porno tersebut.

Menurutnya, MYD sempat menerima video tersebut dari Gisel yang dikirimkan melalui aplikasi bernama airdrop.

"GA mengirim video ke hp MYD. Dia kirim ke airdrop," kata Yusri saat dihubungi Suara.com, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Foto Pasangan di Lampu Merah Bikin Geleng-geleng, Netizen Salfok karena Ini

Apa Itu AirDrop?

Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)
Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)

AirDrop adalah fitur yang dibuat oleh Apple untuk kepentingan berkirim file antar perangkat iOS dan macOS secara wireless dengan praktis. Fitur AirDrop ini sebenarnya sudah dihadirkan sejak lama. Namun baru-baru ini fitur tersebut semakin naik daun.

Apple pertama kali memperkenalkan AirDrop di Mac OS X Lion yang diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2010 lalu. Saat itu, AirDrop digunakan untuk mempermudah pengiriman file dengan mudah dan praktis ke pengguna Mac lainnya. Kemudian dalam perjalanannya, Apple mencoba memperluas penggunaan AirDrop ke perangkat iPhone dan iPad. Fitur ini akhirnya juga disematkan pada iOS 7.

Baca Juga: Pakai AI, Microsoft Mau Hidupkan Orang yang Meninggal Menjadi Chatbot 3D

Namun saat ini para pengguna belum bisa bertukar file antara perangkat iOS ke Mac OS X lantaran perbedaan protokol. Barulah saat OS X Yosemite dirilis, AirDrop dapat digunakan untuk melakukan transfer file dari perangkat iOS ke Mac, ataupun sebaliknya. 

Bagaimana Cara Kerja AirDrop? 

Apple sempat menjelaskan AirDrop hanya dapat digunakan ketika perangkat Apple lainnya berada di dekat pengirim. Fitur ini mirip dengan Bluetooth. Selanjutnya, pengirim harus memastikan bahwa penerima telah mengatur AirDrop miliknya untuk menerima dari satu ponsel saja.

Baca Juga: Kaitkan Kasus Gisel, Tulisan di Belakang Truk Ini Bikin Netizen Mikir

Agar penerima berada di Kontak pengirim, maka penerima harus memiliki alamat email atau nomor ponsel pengirim di kartu kontak pengirim agar AirDrop dapat berfungsi. Jika pengirim tidak berada di Kontak penerima, maka atur pengaturan penerimaan AirDrop penerima ke semua ponsel untuk menerima file tersebut.

Selain itu, pemilik perangkat juga dapat menetapkan pengaturan penerimaan AirDrop ke "Hanya Kontak" atau "Penerimaan Mati Kapan Saja" untuk mengontrol siapa yang dapat melihat perangkatnya dan mengirimkan konten kepada pemilik perangkat di AirDrop. Berikut ini cara mengoperasikan fitur AirDrop iPhone:

  1. Buka aplikasinya, lalu ketuk Bagikan atau tombol Bagikan. Jika berbagi foto dari app Foto, kamu dapat menggeser ke kiri atau kanan, lalu memilih beberapa foto.
  2. Ketuk pengguna AirDrop yang ingin kamu ajak berbagi. Atau kamu juga dapat menggunakan AirDrop di antara perangkat Apple milik sendiri.

Jika tidak melihat pengguna AirDrop atau perangkat kamu yang lain, Apple menyarankan agar kamu memeriksa kembali pengaturan sebelum mulai menggunakan AirDrop.

Cara Menerima File Melalui AirDrop

Sebagai pihak penerima, kamu akan mendapatkan pemberitahuan dengan pratinjau saat seseorang berbagi sesuatu menggunakan AirDrop. Selanjutnya kamu dapat mengetuk Terima atau Tolak. Jika kamu mengetuk Terima, maka AirDrop akan masuk melalui aplikasi yang sama dengan yang mengirimnya. Misalnya, foto akan ditampilkan di app Foto dan situs website akan ditampilkan di Safari.

Sementara itu, kamu tidak akan melihat pilihan Terima atau Tolak saat kamu mengirimkan sesuatu melalui AirDrop ke diri sendiri, seperti foto dari iPhone ke Mac. Konten akan dikirimkan secara otomatis ke perangkat milikmu. Karena kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu telah masuk ke kedua perangkat menggunakan ID Apple yang sama. 

Itulah tadi cara kerja fitur AirDrop yang digunakan Gisella Anastasia ke Nobu untuk saling mengirim video. (Suara.com/Dany Garjito)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak