Internet

Dipakai Gisel Kirim Video Syur ke Nobu, Begini Cara Kerja AirDrop

Begini nih cara kerja AirDrop yang dipakai Gisel, yuk simak.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)
Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)

Hitekno.com - Diketahui Gisella Anastasia menggunakan fitur AirDrop untuk mengirim video syur ke Nobu. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja AirDrop tersebut, yuk simak. 

Gisel yang Kirim Video Syur 19 Detik ke Michael Yukinobu Defretes pakai AirDrop

Michael Yukinobu Defretes atau MYD turut dijadikan tersangka dalam kasus video syur 19 detik mirip Artis Gisella Anastasia alias Gisel. MYD bersama Gisel telah mengakui bahwa pasangan yang berbuat intim dalam video tersebut adalah mereka berdua.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengungkapkan alasan mengapa MYD ikut jadi tersangka dalam kasus video porno tersebut.

Menurutnya, MYD sempat menerima video tersebut dari Gisel yang dikirimkan melalui aplikasi bernama airdrop.

"GA mengirim video ke hp MYD. Dia kirim ke airdrop," kata Yusri saat dihubungi Suara.com, Rabu (30/12/2020).

Apa Itu AirDrop?

Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)
Ilustrasi AirDrop. (Unsplash/Miguel Tomás)

 

AirDrop adalah fitur yang dibuat oleh Apple untuk kepentingan berkirim file antar perangkat iOS dan macOS secara wireless dengan praktis. Fitur AirDrop ini sebenarnya sudah dihadirkan sejak lama. Namun baru-baru ini fitur tersebut semakin naik daun.

Apple pertama kali memperkenalkan AirDrop di Mac OS X Lion yang diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2010 lalu. Saat itu, AirDrop digunakan untuk mempermudah pengiriman file dengan mudah dan praktis ke pengguna Mac lainnya. Kemudian dalam perjalanannya, Apple mencoba memperluas penggunaan AirDrop ke perangkat iPhone dan iPad. Fitur ini akhirnya juga disematkan pada iOS 7.

Namun saat ini para pengguna belum bisa bertukar file antara perangkat iOS ke Mac OS X lantaran perbedaan protokol. Barulah saat OS X Yosemite dirilis, AirDrop dapat digunakan untuk melakukan transfer file dari perangkat iOS ke Mac, ataupun sebaliknya. 

Bagaimana Cara Kerja AirDrop? 

Apple sempat menjelaskan AirDrop hanya dapat digunakan ketika perangkat Apple lainnya berada di dekat pengirim. Fitur ini mirip dengan Bluetooth. Selanjutnya, pengirim harus memastikan bahwa penerima telah mengatur AirDrop miliknya untuk menerima dari satu ponsel saja.

Agar penerima berada di Kontak pengirim, maka penerima harus memiliki alamat email atau nomor ponsel pengirim di kartu kontak pengirim agar AirDrop dapat berfungsi. Jika pengirim tidak berada di Kontak penerima, maka atur pengaturan penerimaan AirDrop penerima ke semua ponsel untuk menerima file tersebut.

Selain itu, pemilik perangkat juga dapat menetapkan pengaturan penerimaan AirDrop ke "Hanya Kontak" atau "Penerimaan Mati Kapan Saja" untuk mengontrol siapa yang dapat melihat perangkatnya dan mengirimkan konten kepada pemilik perangkat di AirDrop. Berikut ini cara mengoperasikan fitur AirDrop iPhone:

  1. Buka aplikasinya, lalu ketuk Bagikan atau tombol Bagikan. Jika berbagi foto dari app Foto, kamu dapat menggeser ke kiri atau kanan, lalu memilih beberapa foto.
  2. Ketuk pengguna AirDrop yang ingin kamu ajak berbagi. Atau kamu juga dapat menggunakan AirDrop di antara perangkat Apple milik sendiri.

Jika tidak melihat pengguna AirDrop atau perangkat kamu yang lain, Apple menyarankan agar kamu memeriksa kembali pengaturan sebelum mulai menggunakan AirDrop.

Cara Menerima File Melalui AirDrop

Sebagai pihak penerima, kamu akan mendapatkan pemberitahuan dengan pratinjau saat seseorang berbagi sesuatu menggunakan AirDrop. Selanjutnya kamu dapat mengetuk Terima atau Tolak. Jika kamu mengetuk Terima, maka AirDrop akan masuk melalui aplikasi yang sama dengan yang mengirimnya. Misalnya, foto akan ditampilkan di app Foto dan situs website akan ditampilkan di Safari.

Sementara itu, kamu tidak akan melihat pilihan Terima atau Tolak saat kamu mengirimkan sesuatu melalui AirDrop ke diri sendiri, seperti foto dari iPhone ke Mac. Konten akan dikirimkan secara otomatis ke perangkat milikmu. Karena kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu telah masuk ke kedua perangkat menggunakan ID Apple yang sama. 

Itulah tadi cara kerja fitur AirDrop yang digunakan Gisella Anastasia ke Nobu untuk saling mengirim video. (Suara.com/Dany Garjito)

Berita Terkait