JOOX Hadirkan Kanal Komunal, Dukung Musisi Lokal dan Komunitas Berkarya

Dipandu oleh Adjis Doaibu, Kanal Komunal akan hadir secara reguler setiap hari Jumat pukul 8 malam eksklusif di JOOX Live.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Selasa, 08 Desember 2020 | 21:00 WIB
Aplikasi JOOX untuk nonton MAMA 2020. (JOOX)

Aplikasi JOOX untuk nonton MAMA 2020. (JOOX)

Hitekno.com - JOOX Indonesia dalam rangka mendukung perkembangan musik Tanah Air, menghadirkan program mingguan bernama Kanal Komunal. Yaknik program bincang musik spesial dalam mengenalkan musisi jagoan dari tiap daerah dan komunitas kreatif.

Dipandu oleh Adjis Doaibu, Kanal Komunal akan hadir secara reguler setiap hari Jumat pukul 8 malam eksklusif di JOOX Live.

JOOX mencatat porsi musik Indonesia semakin mendominasi jajaran top chart dari tahun ke tahun. Banyaknya musisi baru yang menghadirkan berbagai genre musik juga berkontribusi pada meningkatnya porsi lagu Indonesia yang mencapai 80% top chart JOOX, empat kali lipat dari tahun 2016.

Baca Juga: 4 Cara untuk Memaksimalkan Momen Seru Nonton 2020 MAMA Lewat JOOX

Melalui program Kanal Komunal, para penikmat musik untuk mengetahui perkembangan musik tanah air beserta kisah inspiratif para musisi lokal dari berbagai daerah, seperti Sal Priadi, Nosstress, .Feast, Kapal Udara, serta komunitas Swara Gembira, RURUradio, Sobat Ambyar, Kedubes Bekasi, dan masih banyak lagi.

"Kami sangat antusias melihat geliat musik Indonesia yang semakin meriah dengan kehadiran musisi-musisi berbakat dari berbagai daerah. Sayangnya, pembatalan konser musik dan batasan kegiatan selama pandemi ini membatasi ruang gerak mereka untuk mengenalkan karyanya. Hal ini mendorong JOOX untuk menjadi Rumah Jagoan Lokal yang merangkul para musisi jagoan dari setiap daerah demi menghadirkan konten musik inspiratif bagi para penikmat musik. JOOX menyediakan berbagai platform, salah satunya ‘Kanal Komunal’ yang dapat dimanfaatkan para musisi tersebut untuk mengenalkan karyanya kepada masyarakat luas," ujar Yuanita Agata, Head of Marketing JOOX Indonesia.

Pada episode perdana Kanal Komunal, JOOX Indonesia bersama musisi asal Malang Sal Priadi dan komunitas Swara Gembira membahas "Musik Indonesia Sepanjang Masa".

Baca Juga: JOOX Tayangkan MAMA 2020, Dimeriahkan BTS hingga TWICE

Sal dan Swara Gembira mengulik lebih dalam mengenai karya mereka, inspirasi musik dalam berkarya, musik-musik yang abadi sampai saat ini, hingga pergerakan komunitas yang mempengaruhi ekosistem musik Indonesia.

JOOX Indonesia hadirkan program Kanal Komunal. (JOOX Indonesia)
JOOX Indonesia hadirkan program Kanal Komunal. (JOOX Indonesia)

Sebagai komunitas yang terus berkarya untuk meng-Indonesiakan Indonesia, Swara Gembira ingin memperjuangkan gaya musik asli Indonesia yang berakar pada titi laras lima nada (pentatonik), yaitu laras pelog dan slendro, serta mengembangkan musik tersebut untuk dapat ramah didengarkan oleh remaja masa kini.

"Kami harap program ‘Kanal Komunal’ dapat membuka wawasan para pendengar tentang kayanya khasanah seni budaya Indonesia, terutama ragam pengembangannya, sehingga mampu menjadi budaya populer yang digemari masyarakat Indonesia. Semoga ke depannya JOOX dapat memberikan peluang yang lebih luas lagi kepada para pelaku industri musik Indonesia," ungkap Oi, Pemrakarsa Swara Gembira.

Baca Juga: Kejutan untuk Penggemar Kpop, JOOX Tayangkan 2020 MAMA

Dalam tujuh episode berikutnya, setiap bintang tamu Kanal Komunal akan membahas berbagai topik seru seputar skena musik dari berbagai daerah dan juga genre musik, mulai dari indie, pop, dangdut, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalian juga bisa melihat penampilan para musisi dan mendengar cerita pengalaman mereka, seperti perjalanan karir, kiat-kiat jitu dalam berkarya, serta cerita menarik lainnya .

Melalui program Kanal Komunal ini, JOOX berharap dapat menginspirasi musisi baru dan para penikmat musik di Indonesia.

Baca Juga: Tantang Penggemarnya, JOOX Hadirkan Katalog Karaoke K-Pop

"Kami harap program ‘Kanal Komunal’ dapat meningkatkan kebanggaan masyarakat Indonesia akan karya dan budaya anak bangsa, serta dapat semakin memicu semangat berkarya para musisi, sehingga muncul lebih banyak local heroes yang meramaikan industri musik Indonesia," tambah Yuanita.

Episode 1 ‘Kanal Komunal’ "Musik Indonesia Sepanjang Masa" bersama Sal Priadi dan Swara Gembira dapat ditonton ulang mulai 8 Desember 2020 di JOOX Live. Kalian juga bisa mendengarkan jutaan koleksi musik lokal favorit dan rasakan pengalaman unik menikmati musik melalui fitur interaktif di JOOX, seperti Karaoke, Quick Sing, JOOX Live, Comment, serta ekspresikan curahan kata hati dengan berbagi lagu dan Lyric Card di media sosial.

Itulah Kanal Komunal, program bincang musik spesial yang dihadirkan JOOX Indonesia sebagai dukungan kepada musisi dan komunitas.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak