Gadget

Ulang Tahun ke-5 JOOX, Perusahaan Beberkan Acara Meriahnya

Parade JOOX Lima menghadirkan acara Tribute to Legend untuk mengenang Didi Kempot, Chrisye dan Glend Fredly.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi perayaan lima tahun JOOX. (JOOX Zoom Conference)
Ilustrasi perayaan lima tahun JOOX. (JOOX Zoom Conference)

Hitekno.com - Pada hari ini (20/10/2020), JOOX mengadakan konferensi pers "JOOX 5th Anniversary - Parade JOOX Lima" secara virtual. Acara kali ini dijadikan oleh JOOX sebagai momen untuk mengungkapkan pencapaian mereka setelah lima tahun sekaligus parade meriah untuk memperingatinya.

Tak hanya pencapaian, mereka juga mengungkapkan berbagai genre musik yang mulai digemari pada platform-nya.

Petinggi JOOX mengungkapkan bahwa terdapat pergeseran selera yang terjadi di platform-nya.

Di awal peluncurannya, Top Chart di JOOX didominasi oleh lagu luar negeri. Namun saat ini lagu lokal mulai merangsek sehingga beberapa kali menempati Top Chart.

"Top Chart JOOX tahun 2016 seluruhnya didominasi lagu internasional, sekarang 80 persen dipegang lagu-lagu lokal. Bahkan dangdut sekarang tambah keren, digemari oleh berbagai demografi. Perkembangan ini terlihat ketika Via Vallen menjadi penyanyi terpopuler di JOOX," kata Peter May, Head of JOOX Indonesia.

Ilustrasi logo JOOX. (YouTube/ JOOX Indonesia)
Ilustrasi logo JOOX. (YouTube/ JOOX Indonesia)

 

Ia mengklaim bahwa lebih dari 30 juta lagu telah tersedia di platform-nya. "JOOX 5th Anniversary - Parade JOOX Lima" dihadiri oleh Head of JOOX Indonesia, Yuanita Agata selaku Head of Marketing JOOX Indonesia, penyanyi muda berbakat Andmesh Kamaleng, dan Wendi Putranto selaku pemerhati musik.

Untuk merayakan ulang tahun kelima, perusahaan menghadirkan Parade JOOX Lima di platform-nya (JOOX Live). Parade JOOX Lima sudah berlangsung pada 12 Oktober lalu hingga 28 Oktober 2020.

Mereka juga mengadakan challenge "Jogetin Kata Hati" di TikTok di mana pemenang bisa mendapatkan salah satu hadiahnya berupa langganan 10 tahun VIP JOOX secara gratis.

JOOX Music Consumption. (JOOX Zoom Conference)
JOOX Music Consumption. (JOOX Zoom Conference)

 

Acara sebelumnya sudah dimeriahkan oleh Rara LIDA, Andmesh & Mahalini - Nuca, dan Iwa K.

Pada malam hari ini (20/10/2020), terdapat acara Tribute to Legend (dipersembahkan untuk mengenang Didi Kempot, Chrisye dan Glend Fredly) yang dimeriahkan oleh Ndarboy Genk, D'MASIV, The Bakuucakar featuring Yura Yunita dan Mutia Ayu.

Sementara pada 28 Oktober mendatang JOOX Live dimeriahkan oleh Tasya Rosmala, Hendra Kumbara dan Lesty.

Preferensi genre di JOOX juga mengalami perubahan setiap tahunnya. Peter May mengungkapkan bahwa konsumsi lagu dangdut meningkat 3 kali lipat dibandingkan tahun 2019.

Rangkaian Parade JOOX Lima. (JOOX)
Rangkaian Parade JOOX Lima. (JOOX)

 

Sementara total jumlah waktu pengguna mendengarkan lagu K-pop meningkat 3x lipat dibandingkan 2019.

"Lagu indie juga semakin diminati pengguna karena sejak 2019 adanya peningkatan significant dari jumlah stream Fiersa Besari, Nadin Amizah, dan Hindia," tambah Peter May.

JOOX berambisi menggandeng lebih banyak lagi musisi lokal sehingga para musisi dapat mempromosikan lagu dan menjangkau lebih banyak pendengar tanpa ada batasan.

Berita Terkait