Gadget

Musisi Norwegia Tuding Vivo Indonesia Comot Lagunya, Netizen Ikut Emosi

Iklan Vivo V20 series diserbu banyak komentar negatif dari netizen.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Iklan Vivo V20 series di Twitter. (Twitter/ @vivo_indonesia)
Iklan Vivo V20 series di Twitter. (Twitter/ @vivo_indonesia)

Hitekno.com - Menjelang peluncuran HP barunya, Vivo V20 series, perusahaan justru diterjang isu negatif. Terjangan isu tak sedap itu berawal setelah musisi Norwegia mengklaim bahwa Vivo Indonesia menggunakan lagunya untuk iklan tanpa meminta izin.

Musisi awal Norwegia bernama Anna Lotterud atau Anna of The North mengklaim bahwa iklan Vivo V20 series tersebut menggunakan lagunya tanpa credit yang diarahkan pada namanya

"Wajahku ketika seseorang mencuri laguku, menggunakannya untuk iklan komersial besar dan mendapatkan bayaran tinggi tanpa seizin saya," tulis Anna pada akun Instagram resminya (@annaofthenorth).

Isu semakin membesar setelah Bambang Dwi Atmoko (@mrbambang) membagikan thread berjudul "TVC Vivo V20 Indonesia tercyduck pakai lagu orang tanpa izin".

Co-founder sekaligus editor di situs teknologi Gizmologi tersebut membandingkan lagu milik iklan Vivo dengan lagu milik Anna Lotterud atau Anna of The North.

Thread yang dibagikan viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 2.800 Retweet dan 8.300 Like.

Banyak netizen menilai bahwa lagu Dream Girl milik Anna of The North sangat mirip dengan dengan alunan nada pada iklan terbaru Vivo V20 series.

Pada hari ini (27/09/2020), Anna mengklaim bahwa dirinya telah mendapatkan email dari Vivo Indonesia. Masih belum diketahui mengenai isi email tersebut, namun Anna memberi tahu bahwa ia tidak akan berhenti sebelum "lagunya kembali".

Anna mengaku mendapatkan email dari Vivo setelah isu yang beredar semakin viral. (Instagram/ annaofthenorth)
Anna mengaku mendapatkan email dari Vivo setelah isu yang beredar semakin viral. (Instagram/ annaofthenorth)

 

Cukup epik, lagu Dream Girl milik Anna of The North ternyata juga digunakan untuk iklan iPad Pro. Apple telah memberikan credit pada Anna of The North dengan mencantumkan namanya pada deskripsi iklan di video.

Setelah tudingan dari musisi Norwegia, iklan Vivo V20 series di Twitter atau Instagram langsung diserbu komentar negatif oleh netizen.

Bahkan nama Maudy Ayunda yang menjadi model iklan pada Vivo V20 series juga ikut dibawa-bawa oleh netizen.

"@vivo_indonesia @maudyayunda Ayo mbak Maudy, use your voice to talk to them about this plagiarism issue!" komentar @senorjoey.

Iklan Vivo Indonesia mendapatkan beragam komentar negatif dari netizen. (Twitter/ vivo_indonesia)
Iklan Vivo Indonesia mendapatkan beragam komentar negatif dari netizen. (Twitter/ vivo_indonesia)


"Masa sih nggak bisa kasih credit ke penyanyi atau penulis lagu aslinya? Anda perusahaan besar kan? Bukan yang baru ngerintis usaha bulan lalu," kata @PPamulatsih.

Tak hanya di Twitter, banyak netizen yang memberikan komentar negatif pada iklan terbaru Vivo V20 series di Instagram.

Iklan Vivo mendapatkan hujatan dari netizen. (Instagram/ Vivo_Indonesia)
Iklan Vivo mendapatkan hujatan dari netizen. (Instagram/ Vivo_Indonesia)

 

"Haduh klarifikasi itu segera masalah lagu, nama Indonesia loh ini yang tersangkut, bukan cuma Vivo," kata @arunalrasyid.

"Komen gue dihapus untuk sekian kali, malu dong nyolong lagu orang," balas @akbarrynoor.

Hingga artikel ini ditulis, Vivo Indonesia masih belum memberikan klarifikasi sehingga banyak netizen yang menyerbu iklan Vivo V20 series dengan komentar negatif. Untuk melihat video musik yang dinilai netizen "sangat mirip" dengan lagu pada iklan Vivo V20 series, kalian bisa mengunjungi lewat link berikut ini.

Berita Terkait