Tingkatkan Keamanan Privasi, TikTok Berikan Sederet Fitur Baru

Fitur baru apa yang dihadirkan TikTok?

Agung Pratnyawan
Minggu, 22 November 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/helloimnik)

Hitekno.com - TikTok menghadirkan fitur baru dengan peningkatan privasi dan opsi berselancar untuk keluarga. Pembaruan ini juga memberikan update kepada fitur yang sebelumnya telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Yakni fitur Pelibatan Keluarga atau Family Pairing yang mendapatkan update bersamaan fitur baru tersebut.

Kini, semakin banyak keluarga terus beralih ke platform internet seperti TikTok, untuk menghibur diri, mencari informasi, dan saling terhubung. Orangtua kini memiliki opsi untuk mengatur pengalaman daring anak mereka dengan menghubungkan akun TikTok mereka ke akun anak mereka.

Baca Juga: Hobi Main TikTok, Perempuan Ini Curhat Diancam Cerai Suami

Secara langsung, cara ini dapat mengatur bagaimana anak mereka menemukan konten sekaligus mengontrol keamanannya. Diciptakan untuk para orangtua, penambahan fitur ini ditujukan dalam memulai kesejahteraan digital dan edukasi mengenai keamanan daring.

Arjun Narayan, Director Trust & Safety, TikTok, Asia Pacific melihat, dalam menjaga kehidupan digital seorang anak remaja memang menantang, dan banyak orangtua yang kesulitan mengikuti perkembangan teknologi serta aplikasi yang anak mereka gunakan.

"Dengan bekerjasama dengan komunitas dan mitra industri, kami berkomitmen untuk membantu mefasilitasi diskusi penting di dalam keluarga tentang keamanan berinternet," katanya dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Fast Laughts, Fitur Baru Netflix yang Disebut Mirip TikTok

Penambahan fitur mulai dari Pencarian, di mana pengguna dapat menentukan apakah anak remaja bisa mencari konten, hastag, atau suara.

Ilustrasi TikTok. [Aaron Weiss/Unsplash]
Ilustrasi TikTok. [Aaron Weiss/Unsplash]

Fitur Komentar, di mana dapat menentukan siapa yang dapat memberikan komentar dalam video anak remaja (semua pengguna, teman, atau tidak ada).

Sementara fitur Penemuan, memungkinkan pengguna dapat menentukan apakah akun anak remaja berstatus privat (anak remaja akan memutuskan siapa yang dapat melihat kontennya) atau publik (siapapun dapat mencari dan melihat kontennya).

Baca Juga: Dana Bareng TikTok Hadirkan Kemudahan Pengguna Menarik Hadiah Jadi Saldo

Sedangkan fitur video yang disukai dapat menentukan siapa yang dapat melihat video yang disukai anak remaja.

Fitur Family Pairing memungkinkan orangtua menghubungkan akun TikTok mereka dengan akun anak remaja mereka, sudah mencakup berbagai fitur. Mulai dari kontrol Manajemen Waktu Layar, Mode Terbatas, dan Pesan Langsung untuk menyediakan masukan serta kontrol kepada orangtua tentang bagaimana anak remaja mereka menggunakan TikTok.

"Fitur Family Pairing diciptakan untuk membantu orangtua dalam melakukan edukasi tentang keamanan digital dan menentukan pengalaman apa yang terbaik untuk keluarga mereka," ujarnya.

Baca Juga: Dapat Kelonggaran, TikTok Kini Bisa Kembali ke Pasar India

Aplikasi TikTok. [Shutterstock]
Aplikasi TikTok. [Shutterstock]

TikTok telah mengambil sejumlah langkah selama beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan tim, kebijakan, kontrol, dan sumber daya edukasi. Selain perangkat bagi keluarga, platform ini juga terus memperkuat keamanan anak muda dan kebijakan mengenai kesejahteraan.

Baru-baru ini, TikTok menambahkan lebih banyak panduan dan sumber daya untuk memdukung body positivity atau kepercayaan diri terhadap bentuk tubuh di dalam komunitas dan menghapus konten berbahaya seperti ujaran kebencian.

TikTok tidak mengizinkan gambar atau video dikirim dalam kolom komentar atau pesan, karena penelitian telah memperlihatkan bagaimana penyebaran konten seksual mempengaruhi tingkat kekerasan pada anak, terutama video yang memiliki enkripsi.

"TikTok berkomitmen untuk menjaga keamanan komunitas kami, terutama anak muda, dan akan terus mengembangkan sumber daya, perangkat, dan kebijakan yang kami tujukan untuk keamanan tingkat tertinggi," pungkas Arjun.

Itulah update fitur baru yang dihadirkan TikTok dengan peningkatan privasi dan keterlibatan keluarga dalam aplikasi ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak