Internet

Iklan Bola 1954 Ini Bikin Salfok, Netizen Heran Lihat Formasi dan Skornya

"Wah yang 3 perak disuruh berdiri," komentar salah seorang netizen.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Iklan bola jadul ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Indonesia Tempo Doeloe)
Iklan bola jadul ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Indonesia Tempo Doeloe)

Hitekno.com - Tak hanya di zaman modern, selebaran iklan sudah beredar pada era jadul. Iklan bola jadul tahun 1954 ini sukses bikin netizen salfok dengan pengumumannya.

Tak tanggung-tanggung, skor yang dicetak sebuah tim itu lebih dari 10 poin. Pengguna Facebook berinisial MB membagikan postingan mengenai iklan bola cukup tua di forum Indonesia Tempo Doeloe.

Postingan berhasil menarik perhatian netizen setelah mendapatkan lebih dari 1.300 Like dan dibagikan puluhan kali.

Iklan bola ini mengumumkan bahwa terdapat pertandingan besar antara Bond Makassar melawan Bond Kediri. Mungkin di masa kini nama itu lebih familiar dengan PSM Makassar dan Persik Kediri.

Iklan bola jadul ini bikin netizen salfok. (Facebook/ MB via forum Indonesia Tempo Doeloe)
Iklan bola jadul ini bikin netizen salfok. (Facebook/ MB via forum Indonesia Tempo Doeloe)

 

Netizen langsung salfok dengan harga tiket, nama pemain yang tertera, sekaligus formasi di bawahnya. Iklan memberi tahu bahwa bakal ada pertandingan besar di Setono Betek Kediri antara tim dari Makassar melawan tuan rumah.

"Karena tensi pertandingan sangat tinggi, maka terpaksa harga tiket dinaikkan," tulis salah satu penggalan pengumuman dengan masih menggunakan ejaan lama.

Harga tiket yang "dinaikkan" itu sebesar Rp 3 (berdiri) dan Rp 5 (duduk). Bahkan iklan menyoroti pemain yang mencetak banyak gol pada masanya yaitu Ramang.

Dikutip dari Wikipedia, Ramang merupakan salah satu pemain tehebat dalam sejarah persepakbolaan Indonesia. Mengingat ia menghabiskan masa kecil bermain sepak takraw, dirinya memiliki tendangan salto mematikan "bicycle kicks".

"Bond Makassar akan datang di Kediri dengan jagoannya, goal-getter Ramang. Persik dengan saudara Ariadji (Si Kancil) akan diuji kekuatannya. Siapa yang paling cepat, Si Kancil atau Ramang?" tulis iklan jadul tahun 1954 ini.

Netizen salfok dengan formasi, harga tiket, hingga jumlah gol yang dicetak. (Facebook/ MB via forum Indonesia Tempo Doeloe)
Netizen salfok dengan formasi, harga tiket, hingga jumlah gol yang dicetak. (Facebook/ MB via forum Indonesia Tempo Doeloe)

 

Dilihat dari iklan, sebelum pertandingan tersebut, Bond Makassar mencetak banyak gol, termasuk menghabisi tim Balikpapan dengan skor 13 vs 0. Iklan jadul yang viral ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Baru tau gue ada yang pakai formasi 3-2-5, wow," komentar Wahyu Nugroho.

"Wah yang 3 perak disuruh berdiri," tulis Idri Januar.

"13 vs 0? Mengerikan sekali, dulu kayak e tim tanpa ampun ya," balas Setyo Sigit.

"Kerinduan Indonesia punya prestasi timnas sepakbola seperti zamannya Ramang," kenang Maranatha.

Itulah tadi iklan jadul sepak bola yang membuat netizen salfok, bagaimana pendapat kamu?

Berita Terkait