Internet

Fitur Baru Vanish Mode Hadir ke Facebook dan Instagram, Apa Itu?

Apa itu Vanish Mode?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi Instagram. (Hitekno.com/Agung Pratnyawan).
Ilustrasi aplikasi Instagram. (Hitekno.com/Agung Pratnyawan).

Hitekno.com - Fitur baru kembali dihadirkan ke layanan , paling baru kini tiba Vanish Mode (mode lenyap). Namun apa tujuan utama dari mode ini?

Beberapa waktu lalu, WhatsApp menampilkan fitur Disappearing Messages (Menghapus Pesan). Namun kini, dia aplikasi tersebut mendapatkan fitur baru yang serupa dengan hal tersebut.

Yakni dihadirkannya Vanish Mode yang merupakan mode lenyap hingga memungkinkan pesan akan dihapus secara otomatis ketika jendela percakapan sudah ditutup.

Sebagaimana melansir laman GSM Arena, Minggu (15/11/2020), Vanish Mode telah resmi dihadirkan sebagai fitur baru untuk Facebook dan Instagram.

Kehadiran Vanish Mode bisa diaktifkan dengan gesekan dari bagian bawah obrolan.

Vanish Mode. [Engadget]
Vanish Mode. [Engadget]

 

Setelah pesan terkirim, pesan itu akan tetap ada di layar sampai dimatikan atau aplikasi dimatikan. Tentu saja, Anda selalu dapat mengambil screenshot pesan sebelum menghilang.

Fitur baru ini akan berfungsi baik dalam obrolan grup maupun percakapan pribadi. Saat mereka menghilang seketika, percakapan yang diungkapkan Facebook dapat dilaporkan, artinya percakapan tersebut akan tetap ada di sistem hingga 14 hari, jadi percakapan tersebut tidak langsung dihapus.

Fitur-fitur seperti itu tidak sepenuhnya baru di dunia Facebook. Masih ada "Percakapan Rahasia" untuk Messenger tetapi agak membosankan untuk disiapkan dan digunakan.

Instagram juga memiliki fitur menghilang, di mana foto dapat dikirim dan diatur untuk menghilang begitu dilihat tetapi tidak ada di pesan kecuali Anda Membatalkan pengirimannya.

Itulah fitur baru yang resmi dihadirkan ke Facebook dan Instagram, yakni Vanish Mode menyusul kehadiran Disappearing Messages di aplikasi WhatsApp. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait