Selama Pandemi, Muncul 12 Juta Pengguna Baru Ecommerce

Tingginya akselerasi adopsi ecommerce di Indonesia selama pandemi mengalami pertumbuhan sebesar 91 persen.

Agung Pratnyawan
Kamis, 05 November 2020 | 13:30 WIB
Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Hitekno.com - Selama pandemi dan diberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB, belanja online jadi pilihan yang banyak diambil. Hal ini tentu saja memunculkan penambahan pengguna baru Ecommerce.

Bahkan menurut laporan terbaru dari perusahaan ecommerce enabler Sirclo, selama masa pandemi terjadi lonjakan pengguna baru. Bahkan tercatatkan sampai 12 juta pengguna baru.

"Ada 12 juta pengguna eCommerce baru dan sekita 40 persen diantaranya akan stay mengandalkan ecommerce, meski setelah pandemi berakhir," ujar pendiri sekaligus CEO Sirclo Brian Marshal, dalam virtual press conference, Rabu (3/11/2020).

Baca Juga: Kaspersky: Ecommerce Masih Jadi Target Utama Kejahatan Siber

Menurutnya, angka itu akan terus berkembang dan yang 40 persen itu tidak bersifat sementara pengguna ecommerce. Jika dibandingkan dalam kondisi normal, akselerasi kenaikan jumlah pengguna ini bisa tercapai dalam kurun waktu 1,5-2 tahun.

Melalui riset berjudul "Navigating Indonesia's Ecommerce COVID-19 Impact & The Rise of Social Commerce" melalui survei yang dilakukan kepada 2.987 responden pada Juni 2020.

Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)

Tingginya akselerasi adopsi ecommerce di Indonesia selama pandemi Covid-19 mengalami pertumbuhan sebesar 91 persen, jumlah ini jauh melampaui proyeksi sebelumnya yang hanya sebesar 54 persen.

Baca Juga: Opsi Pembayaran Berkala Dongkrak Nilai dan Frekuensi Transaksi di Ecommerce

"Hal ini bisa terjadi karena infrastruktur ekonomi digital Indonesia telah siap untuk melaju ke tahap berikutnya, terutama dengan tingginya penetrasi smartphone dan penggunaan internet di masyarakat. Kami percaya, industri ecommerce akan terus mengalami peningkatan pesat dan menjadi penggerak utama ekonomi digital Indonesia,” ungkap Brian.

Dirangkum dalam tersebut diprediksi 90 persen populasi Indonesia akan menggunakan smartphone di tahun 2025. Sejalan dengan hal tersebut, total pengguna smartphone yang mengadopsi internet pun akan meningkat hingga 77 persen.

Dua hal ini turut mendorong industri ekonomi digital untuk meningkat 3x lipat dalam rentang tahun 2019-2025. Pada 2019, industri belanja online menyumbang lebih dari setengah total transaksi ekonomi digital di Indonesia, yakni sebesar 21 milyar dolar Amerika.

Baca Juga: Peningkatan Transaksi 2019 Tunjukkan Kepercayaan Masyarakat pada Ecommerce

Google pun telah merilis laporan resmi bahwa industri ecommerce Indonesia diproyeksikan akan menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tertinggi di dunia, hingga 36.1 persen per tahunnya.

Pertumbuhan pengguna e-commerce selama pandemi. [Screenshot/Dythia Novianty]
Pertumbuhan pengguna ecommerce selama pandemi. [Screenshot/Dythia Novianty]

Sementara itu, selama pandemi ini tercatatkan beberapa produk yang memiliki peminat tinggi, yakni terkait sanitasi, seperti hand sanitizer.

"Peningkatan minat produk ini sangat tinggi. Meski tidak mengalami lonjakan setinggi sebelumnya hingga kuartal ketiga permintaannya akan terus melonjak," terangnya.

Baca Juga: Transaksi Harian Ecommerce Naik 25 Persen, Kredit Digital Makin Diminati

Sedangkan dari sisi perilaku konsumen pengguna ecommerce, riset Sirclo menunjukkan terjadi sekitar 20 persen atau 1 dari 5 orang belanjanya sering, bahkan bisa 9 kali per bulan atau seminggu 2 kali.

"Sekarang semua orang sudah berbelanja online," tukas Brian.

Itulah laporan terbaru dari Sirclo dan data Google mengenai pertumbuhan industri ecommerce Indonesia yang mendapatkan 12 juta pengguna baru. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak