Bentuk Ekosistem Digital, TikTok dan Telkomsel Jalin Kemitraan Strategis

Kerja sama ini diharapkan dapat mengembangkan pasar sekaligus mengampanyekan program Internet Baik bersama.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Selasa, 27 Oktober 2020 | 14:49 WIB
Ilustrasi kuota ketengan dari Telkomsel. (Telkomsel)

Ilustrasi kuota ketengan dari Telkomsel. (Telkomsel)

Hitekno.com - Dalam rangka membentuk ekosistem dan meningkatkan literasi digital, Tiktok menjalin kerja sama dengan Telkomsel. Pada konferensi pers yang dilakukan secara virtual hari ini (27/10/2020), TikTok dan Telkomsel mengungkapkan mengenai deretan kerja sama yang mereka lakukan.

Berdasarkan riset pemasaran dari YouGov, 54 persen masyarakat memilih video singkat menjadi konten terbaik untuk mengekspresikan kreativitas.

Sementara 40 persen di antaranya membutuhkan media musik untuk mendukung mereka dalam menyalurkan ide kreatif tersebut. Hal ini membuat TikTok cukup percaya diri dalam menyasar anak muda untuk membuat konten di platform-nya.

Baca Juga: Samsung Bersama Telkomsel Tawarkan Perangkat Bundling untuk Sekolah Online

Kemitraan strategis tersebut diharapkan meningkatkan pengalaman mengekspresikan kreativitas melalui akses internet yang cepat serta menciptakan ruang berkreasi yang aman.

Konferensi pers dihadiri oleh Vanessa Brown (Director of Business Development, TikTok SEA), Angga Anugrah Putra (Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia) dan Adhi Putranto (Vice President Prepaid Consumer, Telkomsel).

Angga Anugrah Putra selaku Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. (Zoom Conference)
Angga Anugrah Putra selaku Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia. (Zoom Conference)

Vanessa Brown selaku Director of Business Development SEA mengungkapkan bahwa bundling paket data yang dilakukan oleh Telkomsel bersama dengan TikTok dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga: Jalin Kerja Sama, Beli Pulsa Telkomsel Kini Bisa Pakai ShopeePay

Ia optimis bahwa ini merupakan kerja sama untuk jangka panjang sehingga diharapkan dapat berlangsung hingga beberapa tahun mendatang.

Adhi Putranto yang mewakili Telkomsel menyambut positif kemitraan ini dan menyatakan bahwa kerja sama tak terbatas transaksional saja namun mereka juga bakal menggelar webinar mengenai Internet Baik pada November mendatang. TikTok juga bakal mengampanyekan pesan-pesan Internet Baik menggunakan beberapa hashtag di platform-nya.

Adhi Putranto, selaku Vice President Prepaid Consumer, Telkomsel. (Zoom Conference)
Adhi Putranto, selaku Vice President Prepaid Consumer, Telkomsel. (Zoom Conference)

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan TikTok yang mampu memberikan kenyamanan masyarakat dalam mengakses internet, khusus untuk generasi muda. Kemitraan ini diharapkan dapat membentuk ekosistem digital yang inklusif sehingga meningkatkan literasi digital di masyarakat," kata Adhi Putranto selaku Vice President Prepaid Consumer Telkomsel.

Baca Juga: Solusi Digital Marketing, Telkomsel DigiAds Terus Berinovasi

Lebih lanjut, kemitraan Telkomsel dan TikTok juga dihadirkan dengan berbagai paket data hingga paket unlimited.

Dilihat dari aplikasi MyTelkomsel, kuota Ketengan Unlimited TikTok satu hari dibanderol dengan harga Rp 4 ribu sementara unlimited 3 hari dapat dibeli seharga Rp 9 ribu.

Berikut beberapa kuotanya: Ketengan 1 GB (masa aktif 1 hari) Rp 3 ribu, Ketengan 1 GB (3 hari) Rp 4.500, Ketengan 1 GB (7 hari) Rp 7.500, Ketengan 5 GB (30 hari) Rp 31 ribu, dan Ketengan 10 GB (30 hari) Rp 47 ribu.

Baca Juga: Telkomsel, Bank Mandiri, dan LinkAja Hadirkan Kemudahan Kredit untuk UMKM

Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/kantonbe)

Untuk lebih lengkapnya, paket Ketengan Kuota TikTok dapat diakses melalui aplikasi Telkomsel. Angga Anugrah Putra selaku Head of User and Content Operations TikTok Indonesia opstimis bahwa jumlah pelanggan data di Telkomsel bisa cukup terbantu dan TikTok Indonesia dapat mengembangkan pasar.

"TikTok sudah 3 tahun di Indonesia dan kami mengucapkan terimakasih kepada banyak pihak. TikTok bekerja sama dengan Telkomsel, provider terbesar di Indonesia, sehingga kami berharap voice-nya lebih didengar lagi, dan bisa menjangkau user yang lebih banyak. Kami melihat Telkomsel juga mempunyai misi yang sama untuk mendukung kreativitas anak muda secara digital," kata Angga Anugrah Putra.

TikTok berharap bahwa sebanyak lebih dari 160 juta pelanggan yang dimiliki oleh Telkomsel dapat menguntungkan kedua belah pihak di mana mereka berharap pasar mereka lebih berkembang.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak