Internet

Yahoo Groups Tutup Desember, Bagaimana Nasib Pengguna?

Dikenalkan sejak 2001 silam, akhirnya layanan akan dihentikan Yahoo Groups.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)
Ilustrasi pengguna Yahoo. (Pixabay)

Hitekno.com - Yahoo Groups diumumkan akan mengakhiri layanannya pada Desember 2020 ini. Nantinya, layanan mailing list ini tidak bisa diakses dan tidak lagi mengirimkan email kepada pengguna.

Layanan mailing list Yahoo Groups sendiri telah dikenalkan sejak Januari 2001 silam. Setelah hampir 20 tahun berjalan, akhirnya akan dibekukan pada 15 Desember 2020 mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung oleh akun Twitter resmi Yahoo Customer Care (15/10/2020). Yang mengumumkan tentang penutupan Yahoo Groups.

"Mulai 15 Desember 2020, situs web Yahoo Groups akan ditutup dan anggota tidak lagi dapat mengirim atau menerima email dari Yahoo Groups." tulis dalam pengumuman tersebut.

Lalu bagaimana dengan layanan Yahoo lainnya? Tenang saja, penutupan ini tidak berdampak ke layanan email yang diberikan Yahoo.

"Perubahan ini tidak melibatkan Yahoo Mail, karena ini adalah produk yang berbeda. Akun email Yahoo Anda tidak akan terpengaruh." lanjut pengumuman tersebut.

Sehingga untuk kamu pengguna email Yahoo maupun Ymail, aman tidak akan terdampak pada penutupan layanan mailing list Yahoo Groups tersebut karena memang produk yang berbeda.

Penutupan Yahoo Groups. (Yahoo)
Penutupan Yahoo Groups. (Yahoo)

 

Dikutip dari Gizmodo, layanan mailing list ini memungkinkan pengguna untuk saling berdiskusi dalam format Discussion Boards yang dikirimkan melalui email.

Cara ini dinilai sudah usang, karena para pengguna mailing list sudah berpaling ke Reddit, Facebook Groups, maupun Google Groups yang lebih modern.

Padahal awalnya Yahoo Groups ini banyak digemari sejak dikenalkan pada 2001 silam. Karena menjadi discussion board pertama yang bisa menghubungkan banyak pengguna.

Berbagai komunitas digital pun terbangun menggunkan layanan ini. Termasuk para penggemar pop culture masa itu membagikan kegemarannya melalui mailing list ini.

Yahoo Groups. (Yahoo)
Yahoo Groups. (Yahoo)

 

Namun kini, Yahoo memutuskan produknya tersebut untuk disuntik mati. Sama seperti yang dilakukannya pada Yahoo Messenger pada 2018 silam.

Itulah kabar terbaru dari penutupan Yahoo Groups yang akan dimulai pada 15 Desember 2020 nanti. Apakah kamu termasuk pengguna layanan mailing list ini?

Berita Terkait