Gagal Tindak Tegas Berita Hoaks, Facebook Dicap Sebagai Platform Berbahaya

Facebook dicap sebagai platform berbahaya karena gagal menindak tegas pada 3,8 miliar berita hoaks.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 31 Agustus 2020 | 13:45 WIB
Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Tumisu)

Hitekno.com - Media sosial Facebook dicap sebagai platform berbahaya karena gagal menindak tegas pada 3,8 miliar berita hoaks terkaiit virus corona yang tersebar di platform tersebut. 

Facebook dituduh berkontribusi dalam membantu menyebarkan berita tak benar terkait kesehatan dengan mengumpulkan miliaran konspirasi yang memperburuk situasi di tengah pandemi.

Selama beberapa bulan terakhir, Facebook sedang berada di bawah pengawasan sejumlah organisasi di dunia, termasuk aktivis nirlaba Avaaz, yang telah menerbitkan hasil penyelidikan atas kegagalan Facebook untuk menutupi berita palsu seputar virus corona.

Baca Juga: Manis Banget, Bill Gates Buatkan Kue Ulang Tahun untuk Sahabatnya

Dalam laporannya, Avaaz menyebut bahwa kesalahan informasi kesehatan yang tersebar di Facebook sejak tahun lalu berjumlah 3,8 miliar postingan, baik berupa tautan, video, atau caption dari akun Facebook.

Ilustrasi hoaks. (Shutterstock)
Ilustrasi hoaks. (Shutterstock)

Avaaz juga memperkirakan, puncak peredaran hoaks kesehatan terjadi pada April 2020, dengan jumlah 460 juta postingan tentang Covid-19.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa konten dari 10 situs web teratas menyebarkan berita kesehatan palsu dan hampir empat kali lebih banyak perkiraan penayangan di Facebook sebagai konten yang setara dengan 10 institusi kesehatan terkemuka.

Baca Juga: Recap Week 3 MPL Indonesia Season 6, RRQ Dibantai Genflix Aerowolf

Ironisnya, dari miliaran hoaks, hanya 16 persen misinformasi kesehatan yang dianalisis sistem dan diberi label peringatan dari Facebook, sementara 84 persen lainnya dibiarkan tetap tersebar.

Terkait sumber penyebar hoaks, Avaaz mencatut halaman publik menyumbang 43 persen dari total misinformasi kesehatan sejak tahun lalu. Bahkan secara khusus, mereka menyebut 42 halaman Facebook yang disorot sebagai "biang keladi" dibalik penyebaran hoaks.

"Facebook gagal menjaga keamanan dan informasi selama pandemi. Informasi kesehatan yang salah adalah ancaman kesehatan bagi masyarakat global," tulis Avaaz dalam laporannya, seperti dikutip dari The Sun, Senin (31/8/2020).

Baca Juga: Hadiah Skin Care dari Pacar Bikin Melongo, Netizen: Jual Ginjalmu Sayang

Di antara miliaran hoaks kesehatan yang beredar, terdapat beberapa konten yang menjadi viral, seperti penyakit polio yang disebabkan oleh vaksin, hingga Bill Gates yang dituding menjadi penyebab kelumpuhan 500 ribu anak-anak di berbagai belahan dunia.

Berita palsu lainnya yang menjadi viral di Facebook adalah kabar yang menyebutkan bahwa American Medical Association mendorong dokter dan rumah sakit untuk melebih-lebihkan angka kematian akibat Covid-19.

Terkait tudingan yang dilayangkan Avaaz kepada Facebook, pihak perusahaan telah mengumumkan pernyataan resminya yang sebagian besar didominasi dengan sanggahan.

Baca Juga: Mulai September, Tampilan Lawas Facebook Bakal Lenyap

"Ada beberapa hasil investigasi Avaaz yang salah dan tidak sesuai dengan data internal kami. Dari April hingga Juni, kami menerapkan label peringatan pada 98 juta keping informasi yang salah tentang Covid-19," papar juru bicara Facebook.

"Dan (kami) telah menghapus 7 juta konten yang dapat mengakibatkan bahaya dalam waktu dekat. Kami telah mengarahkan lebih dari dua miliar orang ke sumber terpercaya dari otoritas kesehatan," imbuhnya.

Ilustrasi Facebook. [Austin Distel/Unsplash]
Ilustrasi Facebook. [Austin Distel/Unsplash]

Meski begitu, Facebook juga tidak menampik bahwa pihaknya memang belum bisa sepenuhnya memberantas hoaks kesehatan di platform miliknya. Namun, Facebook mengupayakan untuk meminimalisirnya dengan berbagai upaya.

Pihak Facebook mengatakan apabila seseorang membagikan tautan terkait Covid-19, pihaknya akan menampilkan pop-up untuk menghubungkan mereka dengan informasi kesehatan dari sumber yang dipercaya. (Suara.com/Tivan Rahmat)

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak