Internet

Viral Video Bakso Jumbo Dimasak dengan Mangkoknya, Ini Tanggapan Pakar

Nampak dalam video, penjual mencetak bakso jumbo tersebut dengan mangkok plastik. Lalu kemudian direbus bersama mangkoknya ke dalam air panas.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi bakso. [Shutterstock]
Ilustrasi bakso. [Shutterstock]

Hitekno.com - Sebuah video menampilkan bagaimana bakso jumbo dimasak membuat heboh netizen hingga viral di media sosial. Pasalnya, bola daging ini dimasak bersamaan dengan mangkok plastik.

Nampak dalam video, penjual mencetak bakso jumbo tersebut dengan mangkok plastik. Lalu kemudian direbus bersama mangkoknya ke dalam air panas.

Melihat itu, netizen merasa geram dan berpendapat bahwa hal itu berbahaya bagi kesehatan konsumen. Lalu, bagaimana tanggapan pakar plastik?

Kepala Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran Institute Teknologi Bandung (LPTM ITB), Ir. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc.,Ph.D menilai metode ini tidak menjadi masalah asal si abang bakso menggunakan mangkok plastik berkualitas food grade.

Label food grade sendiri berarti plastik yang digunakan aman digunakan untuk makanan dan telah melewati uji kualitas dan keamanan di Badan POM.

Bakso jumbo. (TikTok/fianning)
Bakso jumbo. (TikTok/fianning)

 

"Jadi kalau sampai ke tukang bakso harusnya aman, karena senyawa berbahayanya itu sudah dihilangkan sebelum sampai ke tukang bakso, itu masuk kategori food grade," ujar Zainal saat dihubungi Suara.com, Jumat (7/8/2020).

Produk plastik food grade sudah mengalami pembersihan sisa-sisa zat pembuatan plastik berbahaya seperti monomer sebelum akhirnya diedarkan di pasaran.

Sedangkan monomer, kata Zainal adalah reaksi kimia saat proses pembuatan plastik, atau zat plastik yang belum sempurna terbentuk dan tersisa lalu menempel di plastik.

"Food grade yang berbahaya monomernya, yang memang bisa larut dalam air apalagi air panas," jelas dia.

Apabila monomer masuk ke tubuh dan menumpuk terus-menerus dalam waktu yang lama, maka akan berpotensi merusak organ tubuh seperti hati, ginjal, hingga menyebabkan kanker.

Ilustrasi wadah plastik (shutterstock)
Ilustrasi wadah plastik (shutterstock)

 

Sedangkan kategori mangkok plastik yang biasa dipergunakan masyarakat biasanya masuk golongan thermoset plastic atau kategori plastik yang memiliki titik leleh tinggi. Plastik jenis ini biasanya tidak akan meleleh saat dipanaskan.

Sebaliknya dengan thermo plastic, plastik jenis ini biasanya memiliki titik leleh rendah alias mudah meleleh saat dipanaskan, hingga menyebabkan plastik menciut.

"Kalau thermo plastic itu punya titik leleh, kalau thermoset tidak bisa meleleh, justru kalau kena panas dia tidak akan meleleh, kalau panasnya berlebihan malah gosong," tutup dia.

Sayang, dalam video itu tidak bisa dikonfirmasi jenis mangkok plastik seperti apa yang digunakan oleh si abang bakso.

Pertanyaanya sekarang, apakah kamu masih bersedia mengonsumsi bakso yang dimasak langsung bersama mangkoknya? 

Itulah video viral di media sosial yang menampilkan bakso jumbo dimasak beserta mangkok plastik. (Suara.com/ Dini Afrianti Efendi).

Berita Terkait