Alternatif Pengganti HP, Pelajar Ini Sekolah Online Pakai Handy Talky

Bukan pakai HP, para pelajar ini sekolah online menggunakan handy talky.

Dinar Surya Oktarini
Selasa, 28 Juli 2020 | 09:35 WIB
Ilustrasi sekolah online. (Pixabay/geralt)

Ilustrasi sekolah online. (Pixabay/geralt)

Hitekno.com - Sejak adanya pandemi, sistem pendidikan berubah menjadi sekolah online, di mana saat ini sebagian besar murid di Indonesia belajar di rumah. 

Namun tak semua murid mendapatkan akses internet dan mampu membeli perangkat untuk sekolah online. 

Belakangan, netizen mengunggah cara lain yang bisa digunakan sebagai alternatif belajar online, yaitu menggunakan handy talky (HT).

Baca Juga: Terpopuler: Lagu BLACKPINK Masuk ke PUBG Mobile dan Anak Kucing Curi Uang

Handy talky atau radio HT merupakan alat komunikasi genggam yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Alih-alih menggunakan laptop atau ponsel dan belajar lewat aplikasi konferensi video seperti Zoom, para murid dan guru dapat belajar menggunakan handy talky.

Dibagikan oleh akun Twitter @kondekturbus_ pada 23 Juli, pemilik akun mengunggah video berdurasi 49 detik yang merekam seorang bocah telihat tengah belajar, dengan buku mata pelajaran di hadapannya. Bocah tersebut pun terlihat menuliskan sesuatu di atas buku tulis, sementara di sebelahnya terekam handy talky berwarna hitam.

Dalam video tersebut terekam suara seorang guru perempuan yang tengah memberikan arahan kepada murid-muridnya untuk mengerjakan latihan di halaman yang telah ditentukan.

Baca Juga: Kaesang Ungkap Cara Pesan GoFood ke Istana, Netizen: Cari Promo Nggak Mas?

"...silakan ditanyakan lewat radio, ibu kasih waktu 30 menit untuk mengerjakan, setelah itu kalian antar ke sekolah ya. Satu-satu. Jangan lupa maskernya dipakai ya. Terima kasih," ucap guru tersebut melalui sambungan HT.

Tak lama, seorang murid lain pun bertanya kepada gurunya melalui jaringan yang sama. Kemudian pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh sang guru.

Belajar pakai handy talky (HT). [Twiitter]
Belajar pakai handy talky (HT). [Twiitter]

"Itu nanti di halaman 6, ibu akan suruh kalian berdiskusi. Nah karena kita belajar di rumah, nggak mungkin kalian berdiskusi dengan teman, jadi ibu akan suruh kalian berdiskusi dengan orang tua kalian ya. Ganti," balas guru tersebut.

Baca Juga: Google Play Store Punya Filter Baru, Kamu Sudah Update?

Tak hanya itu, dalam unggahan akun Twitter @rasndeso pada 24 Juli pun membagikan gambar tangkapan layar dari akun Facebook Randy Bimantara yang juga menggunakan alat serupa sebagai alternatif belajar online.

"Kalian terlalu sibuk dengan Zoom dan internet sehingga lupa ada alat komunikasi yang murah bahkan gratis. Nggak perlu perangkat Motorolla yang jutaan, cukup Firstcom 200-300 ribu bisa on air tanpa kuota," tulis akun Randy Bimantara seraya mengunggah potret guru dan anak-anak yang mengenggam HT.

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 205.000 penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 5.500 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar. Tak sedikit warganet yang mengakui bahwa cara alternatif tersebut sangat kreatif.

Baca Juga: Dibekali Fitur Kece, Tablet Huawei MatePad Cocok untuk Sekolah Online

Belajar pakai handy talky (HT). [Twiitter]
Belajar pakai handy talky (HT). [Twiitter]

"Kreatif. Ide-ide brilian emang terkadang lahir dari keadaan yang sulit," tulis akun @SuperAzhar.

"Di satu sisi merasa lucu, di sisi lain sangat menggambarkan wajah pendidikan online di Indonesia. Ada yang leyeh-leyeh sambil tiduran pake MacBook Pro, ada yang serius sambil denger HT, ada pula yang tidak bisa belajar karena memang tidak memungkinkan," komentar @efralx.

"Gokil. Bener-bener kreatif dan berusaha dengan sungguh-sungguh," tambah @SumardiyonoClp.

"Ngajarin matematika ke murid yang visual kayak gue akan jadi perkara kalau pake ini. But yes, range bisa sampai 2,4 km. Satu pemancar bisa diterima banyak perangkat. Push to talk, bisa jadi solusi ini," ungkap @jowobritish.

"Para intel sedang tidak berjualan bakso dikarenakan HT sedang dipakai anaknya untuk kelas online," cuit @rahmaattirfan.

Unggahan para pelajar yang sekolah online menggunakan handy talky ini viral di media sosial. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak