Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Ini yang Harus Dilakukan

Ada yang lebih dulu dipersiapkan sebelum mendapatkan uang dari YouTube.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Kamis, 04 Juni 2020 | 08:30 WIB
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)

Hitekno.com - Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube seagai sumber pemasukkan? Seperti diketahui, YouTube membuka peluang untuk konten kreator mendapatkan penghasilan dari video yang dibuatnya.

Namun sebelum menuai penghasilan dari YouTube, ada yang harus kamu lakukan lebih dulu. Yakni dengan cara mengaktifkan YouTube Adsense terlebih dahulu.

Zaman yang serba digital membuat kamu mudah memanfaatkan teknologi guna mendapat keuntungan. Memanfaatkan YouTube dan menjadi YouTuber mungkin bisa menjadi salah satu hal yang dapat kamu lakukan.

Baca Juga: Tanpa Modal, Begini 10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

YouTube Adsense sendiri merupakan bagian dari Google Adsense yang adalah salah satu program periklanan online yang dimiliki oleh Google Incorporation. Program ini menawarkan pemilik website atau blog untuk mendapat iklan.

Jika pemilik website atau blog memiliki pengunjung dari jumlah klik, maka pemilik akan mendapatkan sejumlah uang dari Google. Hal yang sama berlaku pada video YouTube yang diunggah.

Cara yang mudah dan praktis membuat banyak orang berlomba-lomba menjadi YouTuber. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense?

Baca Juga: Pendapatan YouTube Baim Wong Kalahkan Atta Halilintar, Kok Bisa?

Untuk mengaktifkan YouTube Adsense, kamu perlu masuk ke channel YouTube yang telah kamu buat, selanjutnya masuk ke laman 'Setting' untuk mengakses 'YouTube Studio' di 'Icon Profile'.

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)
Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)

Pada laman ini, kamu dapat langsung mengaktifkan YouTube Adsense pada bagian channel dan 'Monetization'. Secara otomatis, kamu akan dibawa ke laman YouTube Partner Program untuk mendaftar YouTube Adsense.

Step selanjutnya, kamu harus menyetujui berbagai ketentuan dan persetujuan dari YouTube. Jika menerima, kamu bisa memilih 'I accept'.

Baca Juga: Mengaktifkan Adsense, Begini Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Langkah berikutnya adalah menghubungkan channel YouTube dengan YouTube Adsense. Beberapa ketentuan perlu kamu isi sebelum kemudian membuat akun YouTube Adsense melalui channel YouTube milik kamu.

Selanjutnya, pada tahap yang begitu penting, jangan lupa untuk memasukan alamat dengan benar karena berguna untuk pengiriman kode verifikasi saat saldo YouTube Adsense kamu sudah cukup untuk dicairkan.

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)
Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. (YouTube)

Tahap selanjutnya adalah mengatur pilihan monetisasi, hal ini perlu kamu lakukan untuk penempatan iklan yang akan tampil di konten kamu. Perlu diingat, penempatan masing-masing iklan berpengaruh pada pendapatan yang kamu peroleh ya.

Baca Juga: Jagonya PUBG Mobile, Segini Pendapatan Channel YouTube BANG ALEX

Cukup mudah, jika semua tahapan telah kamu lakukan, maka kamu sudah berhasil mendaftar YouTube Adsense. Langkah selanjutnya hanya perlu menunggu informasi pengajuan.

Sambil menunggu persetujuan YouTube Adsense, fokus membuat konten menarik untuk mendapat 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber dalam waktu yang cepat ya.

Itu tadi cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. Tertarik mencobanya?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak