Internet

CEK FAKTA: Benarkah Ini Foto Tanda Ibunda Jokowi Disiksa di Alam Barzakh?

"Betapa kagetnya Presiden Jokowi melihat tubuh ibunya gosong akibat terbakar api yang menyala-nyala dari dalam kuburnya Sudjiatmi," demikian narasi tersebut.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

CEK FAKTA, Unggahan soal ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh. (turnbackhoax.id)
CEK FAKTA, Unggahan soal ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh. (turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Beredar foto di media sosial yang mengklaim menampilkan ibunda Jokowi, almarhumah Sujiatmi Notomiharjo disiksa di alam barzakh.

Foto tersebut muncul dalam unggahan akun Facebook Heru Santoso belum lama ini.

Saat itu, akun tersebut membagikan dua gambar yang terdiri dari ucapan dukacita atas kepergian Sujiatmi Notomiharjo serta foto blur yang diklaim menggambarkan ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh.

Sebagai penjelas, ia kemudian menuliskan narasi sebagai berikut.

SUDJIATMI DISIKSA DI ALAM BARZAKH

Hj. Sudjiatmi ( Ibu Presiden Jokowi) Tersiksa di alam kubur secara sadis, secara brutal dan sangat kejam. Tanpa ampunan. Di saat tanggal. 25 April 2020 bulan lalu Jenazah H. Sudjiatmi di semayamkan ke alam kubur, entah tiba2 hanya seorang yang belum beranjak dari makamnya.
Beliau ternyata Presiden Joko Widodo.

Tepat di atas kuburan ibunda tercinta, tiba tiba Jokowi Presiden RI mendengar Suara yang menjerit jerit dari bawah tempat duduknya, tolong.. tolong… tolong…. panas… panas… panas… sakit.. sakit… ampun… ampun… ampun.. mendengar Jeritan itu, langsung saja Jokowi Presiden Mengambil Sekop untuk menggali kuburan ibunya, setelah jasad ibunya terlihat, "betapa kagetnya” presiden Jokowi melihat tubuh ibunya gosong akibat terbakar api yang menyala-nyala dari dalam kuburnya Sudjiatmi.

Unggahan soal ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh. (turnbackhoax.id)
Unggahan soal ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh. (turnbackhoax.id)

Benarkah foto ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh?

Penjelasan

Menurut hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim tersebut dipastikan keliru.

Pasalnya, foto yang disebut menampilkan ibu Jokowi disiksa di alam kubur merupakan dokumentasi lawas yang sudah beredar sejak 2008.

Foto itu telah disalahgunakan, karena dikaitkan dengan mendiang ibunda Jokowi.

Begitu juga dengan narasi yang menyebutkan bahwa, Sujiatmi Notomiharjo disemayamkan pada 20 April 2020. Pernyataan tersebut tidak benar adanya.

Penjelasan unggahan soal ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh. (turnbackhoax.id)
Penjelasan unggahan soal ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh. (turnbackhoax.id)

Faktanya, almarhumah wafat pada 25 Maret 2020, sedangkan proses pemakaman ibunda Jokowi dilakukan di kompleks pemakaman keluarga di Mundu, Selokaton, Gondongrejo, Karanganyar, Tengah pada 26 Maret 2020.

Diberitakan Suara.com, saat itu Jokowi turun ke liang lahad turut serta memakamkan ibundanya.

Namun, selama proses pemakaman berlangsung, pelayat diminta untuk melihat dari jarak jauh guna menghindari kerumunan di tengah pandemi virus corona.

Seusai prosesi pemakaman, Jokowi pun langsung kembali ke Istana Bogor untuk mengikuti video conference Sidang Pemimpin KTT G-20 secara virtual.

Kesimpulan

Hasil cek fakta pada foto yang disebut menampilkan ibunda Jokowi disiksa di alam barzakh adalah konten yang salah. Unggahan tersebut sengaja diunggah untuk memberikan informasi palsu atau hoaks. (Suara.com).

Berita Terkait