Internet

Tetap Seru di Rumah Saja, Ini 4 Tips Belajar Bareng Google Earth

Bersama Google Earth kita bisa menjelajah. Tentunya secara virtual.

Agung Pratnyawan

Google Earth. (Google)
Google Earth. (Google)

Hitekno.com - Meski di rumah saja, kita tetap bisa belajar seru. Bagaimana caranya? Bisa memanfaatkan Google Earth untuk membantu belajar dari rumah.

Buat kamu yang ingin seru-seruan menjelajah namun mesti berada di rumah mengingat saat ini tengah berlangsung masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ayo lakukan kegiatan ini bersama.

Google Earth bisa menjadi sarana untuk belajar dari rumah atau sekadar merasakan bepergian ke tempat-tempat baru sambil tetap aman di kediamaan masing-masing.

Sebagaimana rilis pers yang diterima Suara.com, berikut empat (4) tips seru untuk menggunakan Google Earth sebagai sarana belajar dari ruah atau hanya sekadar merasakan berpetualang ke banyak tempat di dunia:

  1. Gunakan fitur "Saya Lagi Beruntung"
    - Pengguna dapat berkeliling dunia secara virtual dengan tombol "Saya Lagi Beruntung". Fitur ini mensimulasikan pengalaman memutar sebuah globe dan mendaratkan jari pengguna di sebuah tempat yang tidak terduga.
    - Untuk menggunakannya, cukup klik tombol dadu dan pengguna bisa belajar tentang tempat yang terpilih secara acak ini.
  2. Mengukur dunia
    - Mengukur suatu wilayah tidaklah mudah jika dilakukan dalam dunia nyata. Namun melalui alat ukur pada Google Earth, pengguna bisa mengukur berapa km jarak suatu tempat ke tempat lainnya. Misalnya, jarak antara Pulau Paskah ke Hawaii.
    - Dengan alat ukur ini, pengguna bisa dengan mudah mengetahui jarak antara lokasi berbeda, panjang jalur, dan luas sebuah tempat. Pengguna juga bisa mengubah satuan ukurannya, misalnya ke satuan smoot dan hitung berapa lama pengguna harus berjalan, berlari, berenang, mendayung, atau terbang ke tempat favorit.
    Ilustrasi Google Earth [Shutterstock].
    Ilustrasi Google Earth [Shutterstock].
  3. Bermain dengan Voyager
    - Google Earth memiliki permainan yang akan menguji wawasan pengguna mengenai dunia melalui permainan Carmen Sandiego.
    - Pengguna juga dapat bermain Earth Bingo atau mencari huruf dengan citra satelit. Selain itu, pengguna pun bisa menggunakan Street View untuk memainkan permainan "Cari benda yang kulihat" secara digital dan cari benda-benda yang ada di versi online dari jalan serta lingkungan.
  4. Kunjungi situs partner edukasi Google
    - Sebagian besar penyusun cerita Voyager memiliki materi dan aktivitas online gratis yang memanfaatkan Google Earth.
    - Pengguna dapat mengasah keterampilan geografis bersama National Geographic. Pengguna bisa menghadirkan koleksi video dan rencana pelajaran World Explores dari PBS Learning Media ke ruang belajar dengan mengklik tombol Share to Google Classroom.
    - Pengguna bisa menemukan lebih banyak materi dan aktivitas kelas Google Earth di situs Google Earth Education serta TES, sebuah pusat koleksi materi yang berisi banyak konten penting untuk belajar di rumah.

Itulah empat tips belajar dari rumah menggunakan Google Earth. Tetap bisa belajar seru meski di rumah saja. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait