Internet

Makin Laris, Aplikasi TikTok Tembus 2 Miliar Download

Alhasil TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance, kini dinobatkan sebagai startup dengan valuasi tertinggi di dunia.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi TikTok. (Digital Crew)
Ilustrasi aplikasi TikTok. (Digital Crew)

Hitekno.com - Popularitas TikTok makin meningkat, terlebih makin banyak selebriti yang ikutan menggunakannya. Makin laris lagi, aplikasi TikTok telah didownlad lebih dari 2 miliar kali.

Aplikasi TikTok yang berupa media sosial berbabis video ini mencapai angka download 2 miliar kali dalam waktu yang singkat.

Seperti dikutip CNet dari perusahaan analis aplikasi mobile, Sensor Tower, Rabu (29/4/2020), jumlah download TikTok di perangkat berbasis iOS dan Android kini lebih dari 2 miliar.

Padahal sekitar lima bulan lalu jumlah download TikTok di Android dan iOS baru di angka 1,5 miliar. Artinya jumlah unduhan TikTok di lima bulan terakhir rata-rata berjumlah 100 juta.

Menurut Sensor Tower, melejitnya popularitas TikTok turut didorong oleh pandemi Covid-19. Sehingga mekin banyak orang yang mendownload aplikasi TikTok.

Ilustrasi aplikasi TikTok. [Shutterstock]
Ilustrasi aplikasi TikTok. [Shutterstock]

Mayoritas penduduk Bumi yang kini mengurung diri di rumah memilih TikTok sebagai salah satu cara mengusir kebosanan dan berhubungan dengan dunia luar dari sekian juta aplikasi di ponsel.

India adalah salah satu penyumbang terbesar pengguna TikTok di dunia. Sekitar 30,3 persen pengunduh TikTok berasal dari negeri itu, disusul oleh China (9,7 persen), dan Amerika Serikat (8,2 persen).

Mayoritas pengguna TikTok adalah remaja dan orang muda. Mereka adalah kelompok yang gemar mengunggah konten singkat dan diwarnai dengan musik-musik variatif.

Alhasil TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok, ByteDance, kini dinobatkan sebagai startup dengan valuasi tertinggi di dunia, dengan nilai sekitar 80 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.200 triliun.

Itulah data terbaru yang mengumkap jumbal download TikTok tembus 2 miliar kali. Apakah kamu termasuk pengguna aplikasi TikTok juga? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait