UGM Manfaatkan GoSend Web Portal untuk Distribusi Sembako dan APD

Melalui GoSend Web Portal, Sembako dan APD dalam jumlah banyak dapat didistribusikan dengan cepat dan mudah hanya dengan sekali klik.

Agung Pratnyawan
Rabu, 22 April 2020 | 22:00 WIB
Relawan Gelanggang UGM Bergerak menerapkan physical distancing saat bertemu Mitra Gojek yang akan mendistribusikan sembako dan APD. (dok. Gojek)

Relawan Gelanggang UGM Bergerak menerapkan physical distancing saat bertemu Mitra Gojek yang akan mendistribusikan sembako dan APD. (dok. Gojek)

Hitekno.com - Gojek berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), memanfaatkan GoSend berbasis web portal untuk mendistribusikan sembako hingga alat pelindung diri (APD).

Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, Gojek dan UGM, memanfaatkan layanan GoSend berbasis web portal untuk mendistribusikan sembako kepada para mahasiswa yang tidak mudik ke kampung halaman.

Juga untuk mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield dan hand sanitizer yang dibuat secara swadaya oleh para relawan Gelanggang Bergerak UGM.

Baca Juga: Dukung Keluarga Mitra, Gojek YABB dan Alfamart Bagikan Paket Sembako

Relawan Gelanggang Bergerak UGM mengirimkan sembako dan APD melalui GoSend Web Portal, sebuah solusi pengiriman barang dalam jumlah banyak yang berkomitmen untuk mengantarkan barang bagi penerima dengan lebih mudah dan cepat. 

Inovasi dalam sistem GoSend Web Portal mempermudah para pengguna untuk menginformasikan lebih dari satu penerima, alamat lengkap, dan jenis barang yang hendak dikirim, serta memantau lokasi mitra driver Gojek pada saat proses pengiriman barang. 

Karena keunggulan layanan GoSend, maka Universitas Gadjah Mada mempercayakan pengiriman logistik berupa sembako dan Alat Perlindungan Diri kepada para mitra Gojek.

Baca Juga: Tanggapi Hilangnya Layanan GoRide di Aplikasi, Pihak Gojek Buka Suara

Untuk memastikan keamanan dan kesehatan para pengguna, baik Gojek dan UGM menetapkan standar prosedur operasional (SOP) untuk mengatasi penyebaran pandemi COVID-19.

Relawan Posko Gelanggang UGM Bergerak Universitas Gadjah Mada yang terdiri dari alumni dan mahasiswa UGM menggunakan GoSend Web Portal untuk mempermudah pengiriman barang dengan lebih cepat,  efisien, dan aman. (dok. Gojek)
Relawan Posko Gelanggang UGM Bergerak Universitas Gadjah Mada yang terdiri dari alumni dan mahasiswa UGM menggunakan GoSend Web Portal untuk mempermudah pengiriman barang dengan lebih cepat, efisien, dan aman. (dok. Gojek)

Yakni dengan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di Posko Gelanggan UGM, menerapkan jaga jarak sosial (social distancing), serta melengkapi mitra driver Gojek dengan masker dan alat pelindung diri lainnya.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY Arum K Prasodjo mengatakan, "Kami sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada, dalam hal ini Posko Gelanggang Bergerak UGM. Layanan GoSend melalui GoSend Web Portal turut membantu mitigasi penyebaran pandemi COVID-19 melalui teknologi dan program kolaboratif. Apalagi, saat Gojek ini menjadi andalan masyarakat karena adanya kebijakan physical distancing dan pembatasan tertentu. Karena inilah kami terus melakukan inisiatif komprehensif terkait keamanan dan kesehatan mereka para mitra driver"

Baca Juga: Beri Apresiasi, Gojek Yogyakarta Bagikan Sembako pada Mitra Usia 60 Tahun

Penanggung jawab Gelanggang UGM Bergerak Universitas Gadjah Mada Rahman Hidajat menjelaskan bahwa layanan Gojek melalui GoSend terbukti handal di tengah pembatasan mobilisasi masyarakat saat ini.  "Saat pemberlakuan pembatasan mobilitas, kehadiran Gojek Indonesia berkontribusi dalam mendistribusikan logistik untuk mahasiswa, APD dan hand sanitizer ke rumah sakit rujukan dan puskesmas, dan juga menjaga pendapatan mitra Gojek di saat yang sulit ini"

Dalam situasi yang penuh tantangan saat ini, GoSend memastikan keamanan dan kesehatan dalam layanan dengan menerapkan SOP terkait COVID-19, antara lain memfasilitasi jarak aman sedikitnya satu (1) meter ketika bertemu dengan orang termasuk pelanggan untuk menghindari kontak fisik langsung dengan menambahkan opsi teks pesan cepat tambahan pada fitur chat antara konsumen dan mitra driver sehingga dapat membantu pelanggan dan mitra driver menjaga jarak fisik serta mengimbau untuk memprioritaskan metode pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay dan Paylater.

Hal ini dilakukan agar semua pihak, terutama mitra driver dan pelanggan kami dapat terminimalisir dari kemungkinan penularan.

Baca Juga: Pastikan Distribusi Pangan Lancar, Kementerian Pertanian Gandeng Gojek

Beragam kanal digunakan untuk mempromosikan kebiasaan hidup sehat dengan menyebarkan informasi kesadaran dan pencegahan COVID-19, pemberitahuan dalam aplikasi dan diskusi dengan mitra.

GoSend pun telah menempuh upaya lebih untuk menjaga produktivitas dan keberlanjutan pendapatan mitra UMKM dan mitra driver agar pelanggan tetap #dirumahaja.

Relawan Gelanggang UGM Bergerak menerapkan physical distancing saat bertemu Mitra Gojek yang akan mendistribusikan sembako dan APD. (dok. Gojek)
Relawan Gelanggang UGM Bergerak menerapkan physical distancing saat bertemu Mitra Gojek yang akan mendistribusikan sembako dan APD. (dok. Gojek)

Gojek Terapkan Standar Keamanan Tertinggi

Kesehatan dan keselamatan mitra driver Gojek adalah prioritas dan sangat penting untuk mencegah penyebaran COVID-19. Gojek telah menyiapkan  6 Posko Aman Bersama Gojek yang sedikitnya tersebar di kota Yogyakarta.

Posko tersebut setiap harinya ditargetkan dapat melayani sekitar ratusan mitra driver ojek online. Pengoperasian titik ‘Posko Aman Bersama Gojek’ tersebut merupakan bagian dari inisiatif komprehensif perusahaan dalam menjaga mitra driver agar tetap aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Pendirian posko tersebut, juga menjadi bagian dari bentuk tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat. Bahkan inisiatif ini akan menjadikan Gojek dan mitra-mitra driver akan terus menjadi andalan di tengah pandemik COVID-19.

Selain memfungsikan sebagai area pengecekan atau check point, di Posko Aman Bersama Gojek ini akan memberikan layanan terhadap mitra driver Gojek yang meliputi tiga jenis layanan yang dilakukan secara drive thru, untuk memastikan proses prinsip physical distancing berjalan dengan baik.

Adapun jenis layanan tersebut, pertama melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan mitra driver ojol dalam keadaaan sehat saat beraktivitas. Kedua, setiap driver akan dibekali healthy kit yang terdiri dari masker, hand sanitizer dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Ketiga, Posko Aman Bersama Gojek akan melakukan penyemprotan desinfektan kendaraan yang bertujuan memastikan sanitasi mobil dan motor mitra tetap terjaga.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak