Dukung UMKM Lokal, GoFood Hadirkan Program HARKULNAS di Jawa Tengah dan DIY

Program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja.

Dinar Surya Oktarini
Minggu, 12 April 2020 | 20:17 WIB
Program Harkulnas GoFood. (Gojek)

Program Harkulnas GoFood. (Gojek)

Hitekno.com - GoFood kini hadirkan program Hari Kuliner Nasional (HARKULNAS) Guna meream dampaknya ekonomi yang disebabkan pandemi COVID-19. Progam ini bergunam membantu ribuan UMKM menjaga keberlangsungan bisnisnya. Program unggulan GoFood yang telah memasuki tahun ketiga ini hadir sejak 1 April hingga 5 Mei 2020, dan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta diikuti lebih dari 5000 outlet merchant.

Program ini menjadi salah satu solusi GoFood dalam menghadirkan kuliner bagi masyarakat saat mereka #dirumahaja. Program yang meningkatkan jumlah pesanan dari merchant UMKM ini juga membantu menjaga penghasilan harian mitra driver yang mengantarkan makanan selama pandemi COVID-19 di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Lewat program HARKULNAS, pihak GoFood melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan penjualan harian mitra merchant UMKM sekaligus mengurangi beban biaya operasional mereka. Upaya yang dilakukan GoFood adalah mempromosikan merchant UMKM guna memperluas pasar dan menambah pelanggan mereka, meningkatkan visibilitas merchant UMKM lewat shuffle cards di dalam aplikasi, memberikan voucher promo ongkos kirim pada pembelian menggunakan GoPay, meningkatkan penghasilan UMKM bidang pangan dengan membagikan voucher diskon untuk merchant berbelanja bahan makanan di GoFresh* setiap minggu, membantu efisiensi bisnis merchant UMKM dengan mendorong penggunaan fitur “Recommended Campaign” pada GoBiz supaya UMKM bisa memperbarui katalog dan melakukan promosi secara mandiri dan fleksibel.

Baca Juga: Teleskop Terbesar di Dunia Digunakan untuk Mencari Kehidupan Alien

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY Arum K Prasodjo, mengatakan, “Di tengah pandemi COVID-19, selain semakin menempatkan prosedur keamanan dan higienitas sebagai prioritas, kami terus mencari jalan agar mitra merchant GoFood yang 96 persennya adalah UMKM bisa terus memperoleh penghasilan untuk menjalankan usahanya. Berbagai inovasi dan inisiatif kami lakukan untuk bisa mengurangi kecemasan para pelaku usaha UMKM terutama saat pandemi COVID-19 di Jawa Tengah dan DIY. Kami juga berharap melalui program HARKULNAS, penjualan harian usaha kuliner UMKM dapat meningkat sehingga tetap menggerakkan roda ekonomi selama masa pandemi.”

“Kami melihat pandemi ini menimbulkan pergeseran pola konsumsi di mana yang biasanya pemesanan dilakukan di tempat (dine-in), sekarang berpindah ke online sejalan dengan himbauan pemerintah untuk beraktivitas dari rumah. Peluang ini harus dimanfaatkan supaya roda bisnis UMKM tetap bergerak sehingga memberikan ruang yang lebih luas bagi mitra dan driver Gojek terus mendapat penghasilan. Kami percaya ini bisa membantu ketahanan ekonomi Indonesia di situasi
yang sulit saat ini,” kata Arum.

Upaya Gojek dan GoFood yang secara konsisten mendukung keberlangsungan usaha mitra UMKM dan pendapatan mitra driver Gojek diapresiasi oleh Pemerintah.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Bocor, Dilengkapi Kamera di Bawah Layar

Program Harkulnas GoFood. (Gojek)
Program Harkulnas GoFood. (Gojek)

Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan, “Dalam situasi seperti saat ini, kami sangat mengapresiasi langkah proaktif Gojek dengan layanannya GoFood yang mendukung puluhan ribu UMKM. Selain menjadi platform untuk berjualan online, Gojek dan ekosistemnya bisa saling meringankan beban satu sama lain. Melalui layanan pesan-antar makanan, GoFood dapat mendorong arus permintaan terhadap UMKM sehingga mereka dapat terus bekerja dan berpenghasilan. Semangat gotong-royong inilah yang sangat diperlukan untuk terus membantu menghidupi para UMKM dan keluarganya di masa yang sulit ini.”

Sebagai pelopor festival kuliner online yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, HARKULNAS GoFood tahun ini menawarkan lebih dari 183.000 menu kuliner dengan harga khusus. Tiap tahunnya, HARKULNAS GoFood terbukti meningkatkan pendapatan mitra merchant. HARKULNAS GoFood 2019 di Jawa Tengah dan DIY mencatat total dan pertumbuhan nilai transaksi pada outlet mitra merchant GoFood meningkat sebesar 40% serta rata-rata transaksi setiap mitra merchant GoFood meningkat sebesar 126%.

Salah satu UMKM yang berpartisipasi di HARKULNAS GoFood 2019 Loeby, pemilik Bakso Babat Salatiga Agung, Jawa Tengah mengatakan, “Tahun lalu kami merasakan bahwa program ini cukup membantu meningkatkan penjualan di outlet, sehingga pada periode kedua ini yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19 dimana pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah tentunya kita merasakan di outlet untuk makan ditempat jauh berkurang, sehingga dengan mengikuti program ini itu membantu untuk menarik lebih banyak penjualan ke outlet kami melalui layanan GoFood."

Baca Juga: Kembangkan Fitur Mirip Zoom, Microsoft Teams Tak Mau Kalah

Promo HARKULNAS GoFood yang dimulai dari tanggal 1 April – 5 Mei 2020 akan menawarkan pengalaman berkuliner dengan keuntungan yang bisa diminati pengguna, diantaranya:

Setiap hari kulineran: diskon hingga 40% untuk menu HARKULNAS GoFood setiap hari.
Happy hour: diskon 70% menu HARKULNAS GoFood setiap hari Kamis & Sabtu pukul 13.00 – 16.00 WIB.
Puncak HARKULNAS GoFood 5 Mei: diskon 55% sepanjang hari.

Program HARKULNAS hadir untuk pelanggan di Jabodetabek dan 15 kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, Palembang, Makassar, Semarang, Medan, Bali, Yogyakarta, Manado, Malang, Padang, Lampung, Solo, Pekanbaru, dan Batam. Untuk bisa menikmati promo ini, pelanggan bisa mengunjungi layanan GoFood di aplikasi Gojek dan mengetuk banner HARKULNAS untuk menemukan merchant kuliner terdekat.

Baca Juga: Alih Fungsi, Customer Ini Order GoFood Cuma untuk Intai Rumah Pacar

Program Harkulnas GoFood. (Gojek)
Program Harkulnas GoFood. (Gojek)



Layanan Pengantaran Tanpa Kontak Langsung melalui Opsi Teks Pesan Cepat GoFood, layanan pesan-antar makanan bagian dari ekosistem super app Gojek, telah meluncurkan opsi pengantaran makanan tanpa kontak fisik secara langsung (contactless delivery). Inovasi ini berupa tambahan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat di dalam pesanan GoFood antara
1 pelanggan-mitra driver.

Layanan baru ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan GoFood dalam mendukung himbauan pemerintah bagi masyarakat untuk beraktivitas #dirumahaja dan menerapkan konsep pembatasan sosial (social distancing) di masa pandemi global penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Berikut tiga (3) langkah mudah bagi pelanggan GoFood agar dapat memilih pengantaran makanan tanpa kontak langsung melalui opsi teks pesan cepat di fitur Chat:

Sebelum menekan tombol Pesan, pilih pembayaran non-tunai menggunakan GoPay atau PayLater untuk meminimalisasi terjadinya kontak langsung.
Setelah dipesan dan dapat driver, buka fitur Chat dari dalam pesanan GoFood kamu untuk komunikasi sama driver, dan pilih salah satu pesan cepat yang sudah kami sediakan:
“Tolong taruh di depan pagar/pintu, dan kabari ya kalo udah sampai”
“Tolong titip di lobi, dan kabari ya kalo udah sampai”
Bila pelanggan memilih opsi contactless delivery ini, mitra driver akan mengirimkan foto via chat sebagai bukti bahwa makanan telah diletakkan di tempat yang disepakati.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak