Internet

Beri Apresiasi, Gojek Yogyakarta Bagikan Sembako pada Mitra Usia 60 Tahun

Bekerja di tengah pandemi, Gojek mengapresiasi mitranya yang berusia di atas 60 tahun.

Dinar Surya Oktarini

 Karyawan Gojek Himpun Dana untuk Mitra yang Terdampak. (Gojek)
Karyawan Gojek Himpun Dana untuk Mitra yang Terdampak. (Gojek)

Hitekno.com - Di tengah penyebaran virus corona, Gojek terus berupaya menjaga keamanan dan kesehatan bersama, mengingat mitra driver berada di garda terdepan membanti jutaan masyarakat yang dibatasi ruang geraknya dengan berada di #dirumahaja.

Beberapa dari mitra Driver Gojek adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun namun masih aktif memberikan layanan GoCar, GoRide, GoSend dan GoFood. Di tengah pandemi COVID-19, Gojek DI Yogyakarta melakukan pembagian paket sembako bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di Yogyakarta.

Pembagian sembako dilakukan secara simbolis kemarin (8/4) disaksikan oleh Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta dan secara terjadwal akan dibagikan di kantor Gojek dengan tetap memperhatikan ketentuan social distancing tanpa ada pengumpulan mitra dalam jumlah yang besar. Program pembagian sembako ini menyasar mitra berusia 60 tahun ke atas karena mereka lebih rentan terpapar COVID-19. Bantuan sembako diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian mitra di situasi yang sulit ini, sehingga mitra dapat mengurangi aktivitasnya dalam menghadirkan layanan untuk masyarakat. Upaya ini menunjukkan keseriusan Gojek mengedepankan keamanan bagi mitranya.

Heroe Poerwadi, Wakil Walikota Yogyakarta menyatakan,” Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan apresiasi kepada para Mitra Driver Gojek yang telah melayani masyarakat Yogyakarta selama pandemi COVID-19 khususnya para mitra driver usia rentan. Semoga paket sembako ini bermanfaat dan para bapak-bapak mitra ini dapat mengurangi aktivitasnya mengingat usia mereka yang rentan terpapar COVID-19.”

Michael Reza Say, VP Regional Corporate Affairs Gojek mengatakan, “Kami memahami situasi sulit yang dialami driver Gojek, khususnya para mitra berusia di atas 60 tahun. Untuk itu kami menghimbau untuk mereka dapat mengurangi aktivitasnya. Semoga bantuan sembako dari Gojek dapat meringankan kebutuhan harian mitra. Gojek juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kota Yogyakarta atas perhatiannya kepada mitra driver kami.”

Hadir penerima bantuan di Kantor Wakil Walikota Yogyakarta Mitra Driver GoRide , FX Edy Baliawan, berusia 60 tahun dan telah bergabung di Gojek selama tiga tahun, serta Ngadimin Sunyoto, 60 tahun. Ditanya mengenai kondisi saat ini, baik Edy maupun Ngadimin menyampaikan siasatnya untuk menghindari Covid-19.

“Sebelum (pandemi) Corona, biasanya pagi sudah keluar. Sekarang, saya standby menunggu orderan di rumah bahkan beberapa hari sama sekali tidak keluar untuk “ngaspal”,” jelasnya. Ia berharap pandemi segera berakhir, agar bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. Ditanyakan pendapatnya mengenai pembagian sembako oleh Gojek, keduanya menyampaikan apresiasinya. “Program ini sangat bagus, dan sangat membantu driver yang terkendala situasi saat ini dan berdampak pada orderan berkurang,“ ungkapnya.

Gojek bagikan sembako pada mitra drivernya. (Gojek)
Gojek bagikan sembako pada mitra drivernya. (Gojek)

 

Apresiasi dan dukungan masyarakat untuk Mitra Driver Gojek

Selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia, Mitra Driver Gojek menjadi salah satu garda terdepan menghadirkan layanan antar barang (Gosend) maupun pesan antar makanan (Gofood) bagi puluhan jutaan masyarakat yang harus membatasi ruang gerak dengan berada #dirumahaja. Namun demikian, selama masa sulit ini para mitra juga mengalami penurunan order yang berimbas pada pendapatannya.

Aksi para mitra dalam menjalankan amanah ini mengundang simpati banyak pihak sehingga tidak sedikit masyarakat memberikan beragam apresiasi mulai dari tips hingga Rp 100.000 melalui fitur tips di aplikasi Gojek hingga pemberian sembako dan makan siang. Belum lama ini Gubernur Jawa Tengah telah membagikan 1.000 makan siang untuk driver ojol, termasuk untuk Driver Gojek.

Tak hanya itu, para mitra Merchant GoFood di Semarang, Jogja dan Solo juga membagikan paket makan siang hingga paket makanan ringan untuk para mitra driver. Masyarakat juga memberikan apresiasi dengan memesan Gofood yang tidak diantar ke pemesan tapi ditujukan untuk para driver, aksi ini sempat viral di sosial media.

Tingginya animo masyarakat atas bentuk apresiasi ini, Gojek berkolaborasi dengan Mitra Merchant GoFood memberikan menu khusus Traktir Menu Driver Gojek yang memudahkan masyarakat memesankan makanan untuk para driver Gojek. “Gojek menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang memberikan perhatian dan bantuan bagi mitra kami yang bertugas. Sebagai garda terdepan, kami memahami bahwa mitra adalah bagian terpenting dalam ekosistem Gojek," tutup Michael.

Upaya Gojek menjaga keberlangsungan pendapatan mitra

Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, Gojek terus menguatkan upayanya membantu para mitra driver untuk memastikan keberlangsungan mata pencaharian mereka di tengah penurunan aktivitas masyarakat. Pada tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang Dana Bantuan Mitra Gojek senilai Rp100 miliar, yang terkumpul dari donasi jajaran manajemen senior Gojek sebesar 25 persen gaji tahunan mereka serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

Gojek juga memiliki dua belas program atau inisiatif yang beberapa di antaranya akan dikelola dengan menggunakan Dana Bantuan Mitra Gojek. Hal ini menggaris-bawahi komitmen Gojek dalam mendukung para mitra driver yang selama ini telah tumbuh bersama-sama dengan Perusahaan. Dua belas program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Berita Terkait