CEK FAKTA: Benarkah Menhan Prabowo Beli APD dari China Pakai Uang Pribadi?

Benarkah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli APD dari China dengan uang pribadi?

Agung Pratnyawan
Kamis, 26 Maret 2020 | 12:33 WIB
Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Beredar konten yang mengklaim kalau Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membeli alat perlindungan diri (APD) dari CHina menggunakan uang pribadi miliknya.

Konten ini beredar di media sosial lengkap dengan foto Prabowo Subianto mengenakan masker bersama beberapa orang di sekitarnya.

Informasi ini disebarkan oleh akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar atau @bambang.irawanalakbar.5 dalam unggahan Selasa 24 Maret 2020. Dalam unggahan itu terdapat narasi sebagai berikut.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Habieb Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Virus Corona?

"APD yg baru datang dari China di angkut dengan Pesawat TNI itu..Ternyata Atas Inisiatif dan Di Beli pakai Uang Pribadi Pak Prabowo..,"

Akun Facebook tersebut juga mengunggah gambar Prabowo Subianto bersama beberapa orang seperti Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahyanto dan Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid.

Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)
Cek Fakta, Unggahan yang mengklaim Prabowo pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Ia juga menambahkan narasi yang mengklaim bahwa Prabowo memakai uang pribadi untuk membeli peralatan dan obat guna menanggulangi virus corona.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ranjang Rumah Sakit Spanyol Habis Akibat Virus Corona?

“Menteri Pertahanan Repoblik Indonesia itu Top Markotop ….!Rehab Kantor Uang Sendiri , Mobil Dinas Pakai Mobil Sendiri . Beli Peralatan Dan Obat Virus Corona Juga Pakai Uang Sendiri . Gaji Di Santuni Utk Pakir Miskin . Ada 5 Mentri Di NKRI ini . Wow Mantap & HEBAT,” tulis akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar.

Benarkah Prabowo membeli APD dari China dengan uang pribadi?

Penjelasan

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Presiden Italia Menangis Tak Bisa Kubur Korban Corona?

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id---jaringan Suara.com, unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar adalah tidak benar atau keliru.

Klaim bahwa Prabowo memakai uang pribadi untuk membeli APD dari China adalah tidak benar.

Penjelasan Cek Fakta, Prabowo tidak pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)
Penjelasan Cek Fakta, Prabowo tidak pakai uang pribadi beli APD dari China (turnbackhoax.id)

Hal ini berdasarkan artikel berjudul “Menhan Prabowo Subianto Serahkan Bantuan Alkes dari Tiongkok Untuk Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid-19” yang dimuat dalam situs resmi Kementerian Pertahanan, kemhan.go.id. Berikut ini kutipannya:

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Obat Virus Corona Pesanan Jokowi adalah Pembunuh Janin?

"Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama Mabes TNI sukses menggelar operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air. Operasi Humanitarian aid yang digagas oleh Prabowo Subianto ini dilakukan oleh Kemhan dan Mabes TNI atas bantuan Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia".

Dalam artikel tersebut, Prabowo juga mengatakan dalam menghadapi ancaman Covid-19, ia mengajak semua pihak dan komponen bangsa saling bekerjasama yang baik dengan saling mendukung dan saling membantu.

"Ini saatnya kita bersatu ini, saatnya kita bahu-membahu menghadapi ini, karena seluruh dunia dalam ancaman", ucap Prabowo.

Sementara itu foto yang dipakai oleh akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar merupakan hasil dokumentasi dari Humas Kementerian Pertahanan.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (21/3/2020). (ANTARA/HO-Humas Kemhan)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (23/3/2020). (ANTARA/HO-Humas Kemhan)

Gambar itu merupakan momen saat Prabowo menyambut pesawat C-130B Hercules milik TNI Angkatan Udara yang membawa alat - alat kesehatan dari China untuk menangani virus Corona atau COVID-19 di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 23 Maret 2020.

Foto tersebut juga dapat dilihat pada akun Instagram Juru Bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak atau @dahnil_anzar_simanjuntak.

Kesimpulan

Informasi yang mengklim bahwa Prabowo memakai uang pribadi untuk membeli APD dari China adalah keliru. Jadi, informasi tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau Misleading Content.

Itulah hasil cek fakta pada konten yang mengklaim Prabowo Subianto membeli APD dari China memakai uang pribadi yang ternyata tidak benar dan tergolong konten menyesatkan. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi

https://www.facebook.com/groups/282425719010775/permalink/592236728029671/?_rdc=1&_rdr

https://www.kemhan.go.id/2020/03/23/menhan-prabowo-subianto-serahkan-bantuan-alkes-dari-tiongkok-untuk-rumah-sakit-rujukan-penanganan-covid-19.html

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak