Bantu Atasi COVID-19, Telkomsel Perkuat Jaringan di 3 Rumah Sakit Darurat

Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 23 Maret 2020 | 14:13 WIB
Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit. (Telkomsel)

Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit. (Telkomsel)

Hitekno.com - Sebanyak tiga lokasi akan dijadikan pemerintah Rumah Sakit Darurat khusus untuk penanganan pasien pandemi COVID-19. Tiga lokasi tersebut merupakan Hotel Patra Comfort Jakarta, Rumah Sakit Pertamina Jaya Jakarta, dan Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Sebagai bentuk dukungan dalam memastikan kenyamanan berkomunikasi seluruh petugas kesehatan dan pasien, Telkomsel telah melakukan penguatan infrastruktur jaringan, terutama untuk kemudahaan akses layanan berbasis broadband di tiga lokasi tersebut hingga beroperasi penuh nantinya.

Sebelumnya, bersama seluruh Kementerian dan pemangku kepentingan terkait lainnya, Telkomsel telah melakukan pengecekan langsung di tiga lokasi tersebut.

Baca Juga: Dapat Komplain dari Nintendo, Kreasi Mario di Dreams Lenyap

Sejumlah upaya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan Telkomsel antara lain melakukan optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz yang tersedia di seluruh BTS, yang selama ini sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut.

Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G dari sejumlah BTS Easy Makro sekitar yang selama ini menjangkau ketiga lokasi tersebut, guna memperkuat kualitas jaringan broadband secara menyeluruh.

Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit. (Telkomsel)
Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit. (Telkomsel)

Selain itu, khusus di lokasi Wisma Atlet Kemayoran, telah dilakukan penambahan infrastruktur jaringan dengan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) berteknologi 4G dengan pemanfaatan spektrum 1800 dan 2300 MHz. Diharapkan upaya peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan ini dapat menjangkau kebutuhan aktivitas komunikasi di tower 1, 3, 4, 5, 6, dan 7 Wisma Atlet Kemayoran secara keseluruhan.

Baca Juga: Bersinergi dengan Kemenkes, Gojek dan Halodoc Hadirkan Layanan Cek COVID-19

Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi tersebut kini telah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya. Telkomsel terus berkomitmen untuk senantiasa menyediakan layanan berkualitas guna menjamin kenyamanan berkomunikasi pelanggan.

Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit. (Telkomsel)
Telkomsel Perkuat Kapasitas dan Kualitas Jaringan Broabdband di Tiga Lokasi Rumah Sakit. (Telkomsel)

Selin itu, sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah RI, hingga saat ini Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital hingga 7,3% dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut.

Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama. Telkomsel juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital yang dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236%, games online sebesar 117%, komunikasi pesan instan sebesar 19% serta layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring, meningkat hingga 18%.

Baca Juga: Perubahan Jadwal KRL Bikin Netizen Murka, Penumpang Numpuk di Stasiun

Sebagai leading digital telco company, Telkomsel proaktif untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19 dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan seluruh aset, guna menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan.

Telkomsel akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak yang memiliki kepedulian dan kepentingan yang sama. Telkomel memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah dengan bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan agar kita semua dapat terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini.

Baca Juga: Bebaskan Akses Belajar Online, Paket Ilmupedia Telkomsel Gandeng e-Learning

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak