Internet

Terlalu Iseng, Pria Ini Bikin Kacau Lalu Lintas di Google Maps

Google Maps menerima signal dari jaringan smartphone yang terkumpul jadi satu sebagai tanda bahwa lokasi jalanan ini sedang macet.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Pria bikin kacau Google Maps. (twitter/gadtorade)
Pria bikin kacau Google Maps. (twitter/gadtorade)

Hitekno.com - Pengguna akun @gadtorade baru saja mengunggah sebuah kisah mengenai seorang pria yang iseng membuat kacau lalu lintas di Google Maps. Kisah viral ini juga lalu menjelaskan mengenai cara kerja Google Maps memantau lalu lintas di aplikasi tersebut.

Adalah Simon W, sosok yang dikisahkan membuat prank dengan membawa 99 smartphone dengan troli sambil jalan kaki.

Paham betul dengan cara kerja Google Maps yang otomatis mengetahui traffic lancar atau macet dari pengguna smartphone, ide prank pria ini lalu berhasil.

Pasalnya, informasi lalu lintas di Google Maps langsung menjadi kacau. Lalu lintas yang tadinya lancar justru berubah menjadi merah sebagai tanda bahwa jalan tersebut sedang macet.

Sistem artificial intelligence dari aplikasi Google Maps ini menerima signal dari jaringan smartphone yang terkumpul jadi satu sebagai tanda bahwa lokasi jalanan ini sedang macet dan tidak sebaiknya dilewati oleh pengendara mobil atau motor.

Pria bikin kacau Google Maps. (twitter/gadtorade)
Pria bikin kacau Google Maps. (twitter/gadtorade)

 

''Google Maps otomatis tahu traffic lancar atau macet dari para pengguna smartphone yang sedang berkendara. Simon W iseng ngeprank, dibawanya 99 smartphone running Google Map pakai troli dan jalan kaki, sehingga lalu lintas yang aslinya lancar, di Google Maps jadi terlihat merah dan macet'' tulis cuitan di akun @gadtorade.

Menyadari betul bagaimana beberapa aplikasi bekerja dengan menggunakan bantuan smartphone, netizen lalu membanjiri kolom balasan unggahan ini dengan berbagai komentar.

''Handphone kalian mata-mata dunia'' tulis netizen dengan akun @rznaufal.

Pria bikin kacau Google Maps. (twitter/gadtorade)
Pria bikin kacau Google Maps. (twitter/gadtorade)

 

''Oh, algoritmanya kaya gini, kirain satelit mantau'' komentar akun @peppireza.

Mengenai hal ini, netizen dengan akun @Ryzenprosesor menjelaskan mengenai algoritma Google Maps ini. Menurutnya, Google bekerja dengan mendeteksi jarak antar device bersama kecepatannya.

Jika digabungkan dalam troli, device satu dengan yang lain menjadi sangat dekat dan membuat kecepatan jaringan menjadi lambat. Google lalu mengasumsi hal tersebut sebagai kemacetan.

Viral di Twitter, unggahan mengenai cara kerja Google Maps dan pria yang bikin kacau lalu lintas ini sudah mendapat 12 ribu lebih retweets dan ribuan komentar netizen.

Berita Terkait