Internet

Lebih Bervariasi, Ini 10 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2020

Ucapan Selamat Imlek 2020 ini tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan China.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Tahun Baru China. (Pixabay/ wiroj)
Ilustrasi Tahun Baru China. (Pixabay/ wiroj)

Hitekno.com - Warga Tionghoa sebentar lagi merayakan pergantian Tahun Baru yang biasanya diadakan dengan sangat meriah. Bagi kamu yang ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, kami akan menyediakan beragam ucapan dari bahasa China, Inggris dan Indonesia yang lebih bervariasi.

Perayaan Tahun Baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (pinyin: zhng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh (tanggal ke-15, saat bulan purnama).

Malam Tahun Baru Imlek dikenal sebagai "Chúx" yang berarti "malam pergantian tahun".

Warga Tionghoa telah merampungkan tahun 2019 atau sering disebut di penanggalan China sebagai Tahun Babi Tanah.

Kini, mereka bersiap menyambut Tahun Baru Imlek 2571 pada hari Sabtu (25/1/2020), yang dikenal sebagai Tahun Tikus Logam.

Ucapan Selamat Tahun Baru China 2020. (Pixabay/ Annalise Batista)2
Ucapan Selamat Tahun Baru China 2020. (Pixabay/ Annalise Batista)2

 

Perayaan Tahun Baru China atau Imlek biasanya dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga sekaligus memanjatkan doa dan harapan baik untuk tahun mendatang.

Mereka yang merayakan berbondong-bondong menyambut pergantian tahun baru China ini dengan sukacita. Berbagai tradisi pun dilakukan.

Salah satu tradisi yang mereka lakukan adalah mengucapkan Selamat Tahun Baru China pada semua keluarga, teman-teman, dan kerabat mereka.

Sebagian dari mereka biasanya mengucapkan Selamat Imlek dan Gong Xi Fa Chai (Selamat sejahtera) kepada mereka yang merayakan.

Tak hanya Gong Xi Fa Chai, sebenarnya masih ada ucapan Selamat Imlek yang lebih bervariasi.

Berikut deretan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2020 yang lebih bervariasi dikutip dari situs Access Chinese:

1. Semoga Anda beruntung di Tahun Tikus (Wish you luck in the Year of the Rat) atau shu nian daji.

2. Selamat Tahun Baru (Happy New Year) atau xinnian kuaile.

3. Semoga harapanmu terwujud (May all your wishes come true) atau xinxiang shi cheng.

4. Selamat Tahun Baru, saya berharap Anda sehat dan mencapai kemakmuran abadi (Happy New Year, I wish you good health and lasting prosperity) atau Gonghe xinxi, zhu shenti jiankang, shiye fada.

5. Doa terbaik untuk liburan dan kebahagiaan sepanjang Tahun Baru (Best wishes for the holidays and happiness throughout the New Year) atau gonghexinxi wanshiruyi.

Latar belakang kartu ucapan Tahun Baru China. (Pixabay/ Annalise Batista)
Latar belakang kartu ucapan Tahun Baru China. (Pixabay/ Annalise Batista)

 

6. Semoga sehat, semoga sukses dan memperoleh banyak kebahagiaan sepanjang tahun (Good health, good luck and much happiness throughout the year) atau Zhu haoyun, jiankang, xi yue, ban nin duguo yi ge kuaile xinnian.

7. Aku memberimu harapan baru yang tak ada habisnya. Terimalah mereka sebagai kenangan baru akan persahabatan abadi kita. (I give you endless brand-new good wishes. Please accept them as a new remembrance of our lasting friendship) atau geinin wo wujin de xin de zhufu, rang tamen chengwei women yongheng youyi de xin de jinian.

8. Semoga sukacita dan kebahagiaan ada di sekitar Anda hari ini dan selalu seperti itu (May the joy and happiness around you today and always) atau yuan kuaile xìngfu yong ban nin zuoyou.

9. Terimalah harapan saya yang tulus untuk Tahun Baru dan saya harap Anda akan terus menikmati kesehatan yang baik (Please accept my sincere wishes for the New Year and I hope you will continue to enjoy good health) atau qing jieshou wo chengzhi de xinnian zhufu, zhu shenti jiankang.

10. Semoga Anda sukses dalam berkarir dan kebahagiaan mengelilingi keluarga Anda (Wish you success in your career and happiness of your family) atau shiye chenggong, jiating meiman.

Itulah tadi deretan ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2020, sudah memilih mana ucapan terbaikmu?

Berita Terkait