Rekening Raib Usai Nomor Dibajak, Polisi Dalami Laporan Ilham Bintang

Polda Metro Jaya sedang menyelidiki kasus ini, dan segera memanggil Ilham Bintang sebagai pelapor.

Agung Pratnyawan
Rabu, 22 Januari 2020 | 07:47 WIB
Ilustrasi karu SIM. [Shutterstock]

Ilustrasi karu SIM. [Shutterstock]

Hitekno.com - Wartawan senior, Ilham Bintang telah melaporkan kasus pembobolan rekening pasca nomor telepon seluler miliknya dibajak. Terkait laporan ini, Polda Metro Jaya sedang melakukan penyelidikan.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Ilham Bintang menjadi korban pencurian kartu SIM seluler. Setelahnya, pelaku membobol uang di rekening bank miliknya.

Terkait laporan tersebut, polisi akan segera memanggil Ilham untuk diperiksa sebagai pelapor dalam kasus tersebut.

Baca Juga: Nomor Ponsel Ilham Bintang Dicuri, Indosat Angkat Bicara

"(Ilham akan dipanggil) semua pasti (dipanggil) karena dia kan melapor," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Selasa (21/1/2020).

Namun, Yusri tak menjelaskan secara rinci kapan waktu terkait agenda pemeriksaan terhadap Ilham. Dia beralasan laporan tersebut baru diusut oleh Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro.

"Betul laporan polisinya sudah ada, sudah masuk ke Dirkrimum untuk segera diproses, karena baru kemarin Senin di meja beliau, hari ini sudah masuk ke unit yang menangani. Ada satu unit dari Subdit Jatanras di Polda Metro Jaya, kami tunggu saja prosesnya," katanya.

Baca Juga: Nomor Ponsel Dibajak dan Saldo Rekening Ludes, Ilham Bintang Lapor Polisi

Sebelumnya, Ilham Bintang melapor ke Polda Metro Jaya pada Jumat (17/1/2020). Laporan tersebut telah diterima polisi dengan nomor laporan LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Suara.com/M Yasir).
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Suara.com/M Yasir).

Dalam laporannya, Ilham menunjuk Elza Sjarief sebagai kuasa hukum terkait kasus tersebut. Bahkan dia telah merampungkan semua data yang dibutuhkan untuk proses hukum.

Data tersebut dimulai dari rekaman CCTV pada 3 Januari 2020 pukul 21.02 WIB di Gerai Indosat, Mal Bintaro Jaya Xchange, Banten, formulir isian terduga pelaku, rincian transaksi di Bank Commonwealth, hingga kartu kredit BNI.

Baca Juga: Hindari Pencurian, Remaja Ini Ciptakan Sistem dengan ID di Kamar Asramanya

Ilham Bintang mengatakan pencurian nomor kartu ponsel dan pembobolan rekening miliknya berawal dari pertukaran kartu di gerai Indosat yang dilengkapi CCTV.

Dari rekaman CCTV menunjukkan terjadinya tindak kejahatan yang menimpa Ilham Bintang.

"Mestinya ketika mengetahui terjadinya tindak kejahatan pidana seperti itu, harusnya segera dilaporkan kepada pihak kepolisian. Ketika saya melaporkan tindak kejahatan yang menimpa saya kepada pihak kepolisian, saya baru mengetahui bahwa sayalah orang pertama yang melaporkan kasus tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Korban Pencurian Helm, Pria Ini Malah Tertawa Cekikikan

Foto rekaman CCTV yang menunjukkan terduga pelaku pencurian nomor ponsel milik wartawan senior Ilham Bintang, di gerai Indosat, Bintaro Jaya Xchange. (sumber: akun resmi Facebook Ilham Bintang)
Foto rekaman CCTV yang menunjukkan terduga pelaku pencurian nomor ponsel milik wartawan senior Ilham Bintang, di gerai Indosat, Bintaro Jaya Xchange. (sumber: akun resmi Facebook Ilham Bintang)

Menurut Ilham Bintang, dia sempat mengatakan kepada pihak Indosat dan Bank Commonwealth bahwa dirinya sebagai korban dirugikan secara konkret, tapi yang sebetulnya dihantam oleh pelaku kejahatan tersebut adalah sistem pengawasan Indosat dan Bank Commonwealth, sehingga hal ini tentunya dapat membuat ketakutan bagi konsumen ke depannya.

Ilham Bintang juga menyampaikan pihak Indosat sudah menemuinya dan dalam pertemuan tersebut Indosat memberikan data yang dimintanya mengenai rekaman CCTV, surat yang mengonfirmasi terjadinya pertukaran kartu SIM pada 3 Januari 2020, dan fotokopi formulir yang diisi pelaku. (Suara.com/ Yosea Arga Pramudita).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak