Internet

Diblokir di Instagram? Gini 6 Cara Mudah Ngeceknya

Instagram tidak memberikan pemberitahuan khusus yang memberi tahu bahwa pengguna telah diblokir.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ NeONBRAND)
Ilustrasi Instagram. (Unsplash/ NeONBRAND)

Hitekno.com - Media sosial seperti Instagram atau jejaring sosial lainnya akan memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan fitur blokir untuk pengguna lainnya. Terlepas dari apa alasannya, namun aplikasi tidak memberikan pemberitahuan khusus yang memberi tahu bahwa pengguna telah diblokir.

Hal itu membuat sebagian besar orang tidak mengetahui atau menyadari ketika diblokir oleh seseorang. Dilansir dari Guiding Tech, berikut enam cara untuk mengetahui ketika pengguna diblokir di Instagram:

1. Cari profil pengguna

Cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang telah memblokir pengguna adalah dengan mencari profil Instagram mereka. Ketikkan nama pengguna melalui kolom pencarian.

Jika pengguna melihat profil dan juga unggahan foto atau video, maka pengguna tidak diblokir (hal ini berlaku jika profil tersebut diatur menjadi publik). Jika akun pribadi (atau dikunci), maka pengguna akan melihatnya dengan tulisan "Akun ini Pribadi (This Account is Private)".

Tapi jika pengguna melihat profil dan jumlah foto dan video yang diunggah, tetapi unggahan itu sendiri tidak ditampilkan dalam laman utama profil, maka pengguna telah diblokir.

Namun, jika profil sama sekali tidak ditemukin dalam laman pencarian, kemungkinan besar pengguna tersebut telah menonaktifkan akunnya.

2. Memeriksa profil

Ketika seseorang memblokir pengguna, Instagram tidak menghapus komentar atau tag foto lama dari profil pengguna. Sehingga jika pengguna tidak bisa menemukan akun tersebut, pengguna dapat mengaksesnya melalui komentar lama atau tag foto untuk mengunjungi profil seseorang tersebut. Jika profil menunjukkan jumlah unggahan tapi unggahan itu sendiri tidak tersedia, maka pengguna telah diblokir.

3. Cek melalui website

Pengguna juga dapat mengeceknya melalui versi web browser Instagram. Pertama, masuk ke akun pribadi pengguna lalu masukkan tautan instagram.com/(nama akun seseorang yang ingin pengguna cek). Jika pengguna melihat tulisan "Maaf, halaman ini tidak tersedia", maka pengguna telah diblokir.

Meski begitu, ada kemungkinan kecil bahwa seseorang tersebut telah menonaktifkan akun. Untuk mengonfirmasi hal itu, keluar dari profil Instagram pengguna di browser dan buka mode incognito, kemudian buka akun profil seseorang tersebut melalui tautan.

4. Menghilangnya Direct Messages (DM)

Memblokir seseorang di Instagram akan menyembunyikan pesan atau DM dari kedua belah pihak. Jika pengguna mencurigai telah diblokir seseorang, buka DM dan cari riwayat perpesanan dengan orang tersebut.

Jika DM dengan orang tersebut masih tersedia, maka pengguna tidak diblokir. Tapi jika hilang, kemungkinan besar orang tersebut telah memblokir pengguna.

Direct Message Instagram. [Shutterstock]
Direct Message Instagram. [Shutterstock]

Tapi jika orang tersebut telah menonaktifkan akun, coba cek dalam pesan grup di mana pengguna dan orang tersebut tergabung. Jika pengguna dapat melihat profil orang itu di grup, maka pengguna telah diblokir.

5. Follow ulang

Jika pengguna masih dapat melihat profil orang tersebut, coba ikuti atau follow ulang dengan mengetuk tombol Follow. Jika pengguna diblokir, pengguna tidak akan dapat mengikuti orang tersebut.

Tapi jika orang tersebut belum memblokir pengguna, pengguna akan dapat mengikuti orang tersebut setelah mengetuk tombol Follow.

6. Periksa dari akun berbeda

Cara terakhir adalah dengan memeriksa dari akun yang berbeda. Jika pengguna memiliki dua akun Instagram, maka buka profil seseorang tersebut dari akun kedua. Tapi jika pengguna hanya memiliki satu akun Instagram, minta teman dekat pengguna atau anggota keluarga untuk mencari akun profil tersebut.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait