Berkat QRIS, Transaksi Nontunai DANA Makin Inklusif

DANA optimis implementasi QRIS akan berdampak positif.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 10 Januari 2020 | 18:45 WIB
DANA gunakan QRIS untuk transaksi nontunai. (DANA)

DANA gunakan QRIS untuk transaksi nontunai. (DANA)

Hitekno.com - Dompet digital, DANA kini telah menerapkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Dengan QRIS ini, kini transaksi nontunai DANA makin inklusif.

Masyarakat kini dapat menggunakan dompet digital DANA untuk melakukan transaksi di semua merchant yang telah menyediakan kode QR bertanda QRIS. 

Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA menyatakan bahwa DANA optimis implementasi QRIS akan berdampak positif dalam mempercepat terwujudnya inklusi keuangan digital dan budaya bertransaksi nontunai di Indonesia. 

Baca Juga: Kisah Asmuni, Pedagang Tempe Milenial Ajak Emak-Emak Melek Teknologi

QRIS sebagai Kode QR standar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sehingga Indonesia hanya membutuhkan satu QR untuk semua pembayaran.

"Kami percaya dengan penerapan QRIS, ekonomi digital nasional akan meningkat karena lebih efisien dan produktif, serta membantu inklusi finansial digital," ungkap Vincent.

Ia menambahkan, "Aplikasi DANA telah memiliki fitur pemindaian yang mampu membaca QRIS. Selain itu, perangkat-perangkat DANA yang terpasang di berbagai mitra merchant juga telah mengadopsi QRIS. Dengan begitu, baik pengguna maupun mitra merchant DANA telah siap melakukan transaksi menggunakan DANA QRIS."

Baca Juga: Manfaatkan Momen Harbolnas 12.12, DANA Ajak Pengguna Move On dari Top Up

Menurut Vincent, penerapan DANA QRIS juga membuka peluang yang makin besar dalam mengedukasi masyarakat akan manfaat bertransaksi nontunai. Masyarakat juga akan dapat merasakan nyamannya menggunakan DANA. 

DANA gunakan QRIS untuk transaksi nontunai. (DANA)
DANA gunakan QRIS untuk transaksi nontunai. (DANA)

Penerapan DANA QRIS sangat menguntungkan pengguna dompet digital dan merchant dengan adanya perluasan akses, serta adanya efisiensi dalam bertransaksi melalui satu kode QR yang dapat dibaca oleh beragam aplikasi pembayaran digital QRIS.

"Dengan adanya DANA QRIS, pelaku usaha maupun puluhan jutaan pengguna dompet digital DANA bisa merasakan DANA QRIS yang praktis, mudah dan aman," kata Vincent. 

Baca Juga: Pengemis Terima Transaksi Digital, Nggak Bisa Lagi Mengelak Tak Ada Receh

Penerapan DANA QRIS menjadi jembatan yang efektif bagi masyarakat untuk mengenal konsep dompet digital secara utuh melalui penggunaan DANA di setiap transaksi digital yang mereka lakukan.

Mereka juga dapat merasakan kepraktisan bertransaksi dengan dompet digital tanpa perlu repot melakukan top up saldo. 

"Pengguna DANA bisa langsung menggunakan sumber dana dari Kartu Debit atau Kartu Kredit yang tersimpan pada dompet digital DANA berkat fitur penyimpanan kartu (Card Binding). Jaminan proteksi 100 persen bagi pengguna DANA juga kami harapkan akan makin menguatkan kepercayaan dan rasa aman dalam menjalankan setiap transaksi," pungkas Vincent.

Baca Juga: Transaksi Harbolnas 2018 Bisa Mencapai Rp 7 Triliun

Bagi pengguna DANA, tidak ada perbedaan cara bertransaksi dengan DANA QRIS menggunakan aplikasi dompet digital DANA.

Pengguna DANA cukup melakukan scan QRIS yang tersedia di merchant-merchant yang memiliki QRIS, lalu memilih sumber dana untuk pembayaran.

Sementara non-pengguna DANA cukup membuka aplikasi pembayaran yang mereka gunakan, lalu melakukan pemindaian DANA QRIS yang tersedia di merchant DANA.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak