Netizen Kenang Deretan Kisah Perjuangan Pahlawan dari Potret Jadul Ini

Berikut potret beberapa pahlawan dan kisah-kisah perjuangannya masing-masing.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Jum'at, 08 November 2019 | 19:00 WIB
Bung Tomo. (instagram/ringkasansejarah)

Bung Tomo. (instagram/ringkasansejarah)

Hitekno.com - Hari Pahlawan diperingati setiap tahunnya pada 10 November. Mendekati momen tersebut, netizen kenang deretan kisah perjuangan pahlawan dalam potret jadul ini.

Memperjuangkan kemerdekaan sampai kesejahteraan masyarakat, deretan para pahlawan ini mempertaruhkan nyawa demi Indonesia.

Jarang diketahui, jasa perjuangan para pahlawan ini begitu heroik dan mampu menyentuh hati siapa saja yang membacanya.

Baca Juga: Eyang Subur Punya Channel YouTube, Isinya Apa?

Diunggah akun @ringkasansejarah, kembali ke masa perjuangan pahlawan ini, berikut potret beberapa pahlawan dan kisah-kisah perjuangannya masing-masing.

1. Pierre Tendean

Pierre Tendean. (instagram/ringkasansejarah)
Pierre Tendean. (instagram/ringkasansejarah)

Sosok Kapten Pierre Tendean dikenal sebagai seorang perwira militer yang menjadi salah satu korban peristiwa Gerakan 30 September tahun 1965.

Baca Juga: 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Aldisaw, Kreator Filter Truth or Dare

Dalam potret jadul yang diunggah @ringkasansejarah, Pierre Tendean nampak berfoto bersama sang adik, ibu, dan ayahnya. Sebelum kembali ke Jakarta, Pierre Tendean sempat menitipkan adiknya pada suami si adik, ''Mas, aku titip adikku, tolong jaga dia'' ucap Pierre Tendean.

Tidak disangka, pertemuan tersebut adalah yang terakhir. Pierre Tendean ditembak mati di Lubang Buaya dan mayatnya dibuang ke sebuah sumur tua bersama enam jasad perwira lainnya. Saat itu, jenderal ini masih berumur 26 tahun.

Potret Pierre Tendean ini membuat netizen mengenang sosok ini sebagai salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Baca Juga: Punya 12 Juta Subscribers, Channel Calon Sarjana Curi Konten YouTuber Dunia

''Beliau salah satu putra terbaik yang pernah Indonesia miliki'' tulis @dedi__sbr.

2. Bung Tomo

Pierre Tendean. (instagram/ringkasansejarah)
Bung Tomo. (instagram/ringkasansejarah)

Bung Tomo atau Sutomo merupakan pahlawan yang dikenang perannya dalam melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA. Sosok ini dikenal dengan pidato-pidatonya yang mampu menggugah semangat perjuangan rakyat.

Baca Juga: Nggak Awkward Lagi, Begini Cara Tolak Ajakan Masuk Grup WhatsApp

Potret yang diunggah @ringkasansejarah ini memperlihatkan sosok Bung Tomo yang sedang diwawancarai para wartawan mengenai larangan pidato yang ia terima. Perjuangan Bung Tomo berakhir saat dirinya meninggal pada 7 Oktober 1981 di Padang Arafah saat menunaikan ibadah haji.

Netizen lalu mengenang Bung Tomo sebagai sosok yang tidak tergiur dengan jabatan dan terus mempejuangkan kemerdekaan secara seutuhnya.

''Bung Tomo kereeeen.. Ga tergiur dengan jabatan, yang penting merdeka seutuhnya'' tulis @perryhernaswara.

3. Jenderal Sudirman

Pierre Tendean. (instagram/ringkasansejarah)
Jenderal Sudirman. (instagram/ringkasansejarah)

Jenderal Sudirman adalah sosok panglima besar TNI pertama yang begitu dihormati. Jenderal Sudirman merupakan salah satu tangan kanan Soekarno yang membantu menyelamatkan Indonesia dari jajahan Belanda dan para sekutu.

Panglima besar TNI ini begitu identik dengan perang gerilya yang sangat hebat. Menempuh jarak ratusan kilometer, Jenderal Sudirman menyusun strategi perang terbaiknya untuk melawan Belanda dan sekutu. Hasilnya, taktik Jenderal Sudirman berhasil membuat Belanda kalah.

Sosok ini mengalami sakit yang cukup parah, dirinya mengidap TBC dan membuat paru-parunya rusak. Usai Belanda menyerah dan Indonesia benar-benar merdeka, penyakit Jenderal Sudirman merenggut nyawa pahlawan ini diumur 34 tahun. Resmi momen tersebut menjadi duka seluruh negeri.

Netizen mengenang Jenderal Sudirman ini sebagai sosok jenderal sepanjang masa yang mendapat respect besar dari seluruh rakyat.

''Jenderal'' tulis @rafiffahrezi_ singkat.

Kisah tiga pahlawan memperjuangkan kemerdekaan ini membuat netizen mengenang kembali jasa ketiganya untuk Indonesia. Kisah favorit kamu yang mana?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak