Digandeng GoPay, Musisi Jalanan Yogya Bisa Diapresiasi Gunakan Non Tunai

Musisi jalanan Yogyakarta kini bisa diapresiasi pengguna menggunakan GoPay sehingga makin praktis!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 17 Oktober 2019 | 14:58 WIB
Musisi jalanan Yogyakarta, Angklung Carehang, saat beraksi pada acara peluncuran QR Code GoPay khusus musisi jalanan. (HiTekno.com/ Rezza Rachmanta)

Musisi jalanan Yogyakarta, Angklung Carehang, saat beraksi pada acara peluncuran QR Code GoPay khusus musisi jalanan. (HiTekno.com/ Rezza Rachmanta)

Hitekno.com - GoPay dan IMJ (Institut Musisi Jalanan) membuat terobosan baru khususnya buat penikmat musisi jalanan Yogyakarta. Hanya dengan menggunakan kode QR, kini pengguna bisa mengapresiasi musisi jalanan melalui GoPay.

Sebagai langkah awal, GoPay dan IMJ membagikan kode QR kepada 100 musisi jalanan Yogyakarta yang telah melewati proses seleksi dari IMJ.

IMJ sendiri merupakan komunitas musisi jalanan yang diinisiasi oleh aktivis sosial Andi Malewa sejak tahun 2014.

Baca Juga: Manjakan Pecinta Film, Gojek Rilis Platform Video GoPlay

Dengan bergabung di IMJ, sejumlah musisi mendapatkan kesempatan bimbingan langsung dari musisi tanah air sekaligus dosen tetap IMJ, yakni Ridho Hafiedz (SLANK) dan Glenn Fredly.

"GoPay berupaya untuk terus konsisten merangkul dan memberdayakan lebih banyak lapisan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi pembayaran non tunai di berbagai bidang, termasuk untuk para musisi jalanan," kata Deviani Wulandari selaku Senior Manajer Consumer PR GoPay.

Nita Kartika Sari selaku SVP Consumer PR GoPay (tengah) dan Andi Malewa selaku pendiri IMJ (baju batik) saat acara peluncuran QR Gopay khusus musisi jalanan. (HiTekno)
Nita Kartika Sari selaku SVP Consumer PR GoPay (tengah) dan Andi Malewa selaku pendiri IMJ (baju batik) saat acara peluncuran QR Gopay khusus musisi jalanan. (HiTekno.com/ Rezza Rachmanta)

Sebelum mendapatkan kode QR GoPay, musisi jalanan harus terlebih dahulu lulus mengikuti program standarisasi IMJ seperti persyaratan kesehatan (anti narkoba) dan menunjukkan kelakuan baik.

Baca Juga: Gojek Klaim GoFood Jadi Penguasa Pasar Indonesia dan Asia Tenggara

Selain mendapatkan kode QR GoPay, musisi jalanan yang telah lolos seleksi juga mendapatkan rekening tabungan bank.

Pada kehadiran GoPay dan IMJ di Yogyakarta ini, IMJ mengumpulkan berbagai ikon musisi Malioboro termasuk Terang Bulan, Astro Akustik dan Grup Angklung Carehang.

Perwakilan musisi jalanan setelah menerima penyerahan QR Code dari GoPay. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)
Perwakilan musisi jalanan setelah menerima penyerahan QR Code dari GoPay. (HiTekno.com/ Rezza Rachmanta)

Pendiri IMJ, Andi Malewa menjelaskan bahwa dirinya menyambut positif kerja sama dengan GoPay karena secara tidak langsung itu akan meningkatkan taraf hidup musisi jalanan.

Baca Juga: Prediksi Menkominfo: 2030 Gopay Jadi Konsumer Bank Terbesar di Indonesia

"Selama hampir 6 tahun saya mendampingi perjalanan rekan-rekan musisi jalanan di Indonesia untuk mengeksplorasi bakar dan kemampuan musik mereka, saya melihat kerja sama dengan GoPay ini semakin menegaskan keyakinan saya bahwa jika mereka serius dalam bermusik maka musik dapat menjadi pilihan hidup yang menjanjikan," kata Andi Malewa.

Sebelumnya, kerja sama GoPay dengan musisi jalanan ini sudah terbentuk di Semarang dan Jabodetabek.

Nita Kartika Sari selaku SVP Consumer PR dari GoPay menjelaskan bahwa dalam waktu dekat mereka juga akan meluncurkan program yang sama di Bandung. Mereka menargetkan semua kota besar di Indonesia mempunyai program seperti ini.

Baca Juga: Beri Nama Anak Gopay, Pria Ini Dapat Hadiah dari Go-Jek

Contoh pemberian apresiasi nominal rupiah kepada musisi jalanan melalui GoPay. (HiTekno/ Rezza Rachmanta)
Contoh pemberian apresiasi nominal rupiah kepada musisi jalanan melalui GoPay. (HiTekno.com/ Rezza Rachmanta)

Andi Malewa sangat mengapresiasi GoPay karena ketika diaplikasikan nanti, pengguna tidak memiliki "batas atas" transaksi.

Itu berarti pemberian apresiasi bisa dilakukan tak terbatas bahkan sampai Rp 1 juta jika saldo di GoPay mereka mencukupi.

Setelah bergabung dalam GoPay, perusahaan mengklaim bahwa penghasilan musisi jalanan di Jabodetabek naik sebesar 300 persen.

Dengan adanya transaksi non tunai melalui GoPay, wisawatawan dan penikmat musik jalanan tentunya sangat terbantu dalam memberikan apresiasi donasi kepada musisi jalanan karena tidak ada istilah "tidak ada kembalian" atau "uangnya terlalu besar" untuk diberikan.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak