Internet

Begini Cara Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Chrisye

Google mengenang sosok penyanyi legendaris asal Indonesia, Chrisye.

Agung Pratnyawan

Google Doodle kenang Chrisye. (Google)
Google Doodle kenang Chrisye. (Google)

Hitekno.com - Google selalu punya cara istimewa untuk memperingati sesuatu di halaman utama pencariannya. Seperti kali ini, Google Doodle mengenang sosok penyanyi legendaris asal Indonesia, Chrisye.

Hari ini, Google Doodle merayakan hari ulang tahun pelantun lagu "Panah Asmara" itu yang lahir pada 16 September 1949. Karikatur Chrisye pun menghiasi halaman Google pada Senin (16/9/2019).

Google Doodle hari ini memperlihatkan sosok Chrisye, lengkap dengan rambut sebahu yang menjadi ciri khasnya, sambil memegang gitar dengan latar belakang lilin yang membentuk kata Google.

Ketika mengklik gambar Chrisye, Google Doodle langsung berpindah secara otomatis dan merangkum semua informasi yang terkait dengan musisi kelahiran Jakarta itu.

Sebagai informasi, Chrisye mengawali karir bermusiknya sejak akhir era 60`an. Sebelum menjadi penyayi solo, ia terlebih dahulu bergabung dengan band Sabda Nada pada 1968.

Namun, riwayat Sabda Nada tak berumur panjang. Grup band ini kemudian bertransformasi menjadi Gipsy pada 1969.

Setelah bongkar pasang personel, band ini hijrah ke New York, Amerika Serikat, untuk menjadi homeband di Ramayana Restaurant sekitar satu tahun (1971-1972).

Chrisye. (Wikipedia)
Chrisye. (Wikipedia)

 

Saat pulang ke Tanah Air, Chrisye bersama Gipsy dipinang oleh seniman Guruh Soekarnoputra untuk membuat sebuah album rekaman, sampai akhirnya berhasil menelurkan album rock berjudul Guruh Gipsy.

Karena warna vokal Chrisye yang khas, ia mudah dikenali sehingga akhirnya ia banting stir menjadi solois lelaki. Sepanjang hidupnya, ia sudah membuat 31 album, 21 album studio, dan 9 album kompilasi.

Setelah lebih dari tiga dekade berkarir di belantika musik Indonesia, pemilik nama asli Christian Rahadi ini meninggal dunia dalam usia 57 tahun di rumahnya di Jalan Asem II Nomor 80, Cipete, Jakarta Selatan, pada 30 Maret 2007.

Namun karya-karyanya seperti Kidung, Lilin-Lilin Kecil, Pergilah Kasih, Seperti yang Kau Minta, dan lainnya tetap terdengar hingga sekarang.

Itulah cara Google Doodle dalam rangka mengenang penyanyi Indonesia legendaris, Chrisye. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait