Blokir Internet di 5 Kabupaten Telah Dicabut, Tapi Ibu Kota Papua Belum

Kominfo mengumumkan bahwa blokir internet di Deiyai, Paniai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, dan Kabupaten Sorong sudah dicabut.

Agung Pratnyawan
Selasa, 10 September 2019 | 06:30 WIB
Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Hitekno.com - Senin (9/9/2019), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengumumkan pencabutan blokir internet di 5 kabupaten di Papua dan Papua Barat.

Namun dua ibu kota provinsi, Jayapura dan Manokwari masih terisolir dari jaringan internet. Sampai kapan blokir internet di Papua dibelakukan Kominfo.

Kominfo mengumumkan bahwa blokir internet di empat kabupaten di Papua, yakni Deiyai, Paniai, Pegunungan Bintang, dan Yahukimo sudah dicabut. Sementara di Papua Barat, saat ini, internet juga kembali diakses di Kabupaten Sorong.

Baca Juga: Kominfo Mulai Buka Blokir Internet di Papua, Ini Daftar Wilayahnya

"Dari 29 kabupaten/kota di wilayah Papua, sebanyak 25 di antaranya sudah bisa kembali berselancar di dunia maya," jelas Kominfo dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta.

Ke-25 kabupaten tersebut adalah Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, dan Nabire.

Di Papua Barat sudah ada 11 kabupaten yang bisa mengakses internet kembali. Mereka adalah Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Kabupaten Sorong.

Baca Juga: Mulai 4 September 2019 Blokir Internet di Papua Turun ke Level Kabupaten

Blokir internet masih berlaku di Jayapura, ibu kota Papua, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Jayawijaya. Sementara di Papua Barat, ibu kota Manokwari dan Kota Sorong masih terisolasi.

Sejumlah aksi massa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Papua Cinta Damai (GPPCD) melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat (2/9). (Suara.com/Angga Budhiyanto)
Sejumlah aksi massa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Papua Cinta Damai (GPPCD) melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat (2/9). (Suara.com/Angga Budhiyanto)

Sebelumnya pada Jumat (6/9/2019), Kominfo telah menyediakan kembali layanan internet di 21 kabupaten di Papua, setelah mencabut blokir di Nabire dan Dogiyai.

Blokir internet di Papua berlangsung sejak 21 Agustus lalu dan baru mulai dibuka secara bertahap pada 4 September. Blokir dipicu gelombang demonstrasi anarkistis sejak pertengahan Agustus.

Baca Juga: Blokir Internet di Papua Akan Dicabut 5 September 2019, Tapi Ada Syaratnya

Pemicunya adalah penghinaan rasialis dan penangkapan sewenang-wenang terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Sampai kapan Kominfo akan terus blokir internet di ibu kota Papua ini? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Baca Juga: Kominfo Akui Sebanyak 300.000 Url Hoaks Terkait Papua Disebar di Internet

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak