Aulia dan Suami yang Dibakarnya Kenal di Tagged, Media Sosial Apa Itu?

Meski tidak sepopuler Facebook, Tagged ternyata punya banyak pengguna.

Agung Pratnyawan
Rabu, 04 September 2019 | 13:01 WIB
Aulia mengaku bertemu dengan suaminya di Tagged. (Suara.com/Yosea Arga)

Aulia mengaku bertemu dengan suaminya di Tagged. (Suara.com/Yosea Arga)

Hitekno.com - Aulia Kesuma, otak dibalik aksi pembunuhan dan pembakaran suaminya, Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan anak Tirinya M. Adi Pradana alias Dana (23).

Wanita kelahiran 1974 ini telah mengakui aksinya di hadapan pihak berwenang dan harus berurusan dengan hukum yang berlaku.

Mengutip Suara.com, awalnya Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto menyebut, Aulia mengenal Edi melalui jejaring Facebook.

Baca Juga: Masuk AS, Kini Pendatang Harus Setor Riwayat Media Sosial ke Petugas Visa

Namun ternyata menurut pengakuan Aulia Kesuma, ia tidak bertemu di media sosial Facebook. Melainkan bertemu di media sosial pertemanan, Tagged.

Dalam video wawancaranya dengan Kompas TV, Selasa (3/9/2019), Aulia mengaku pertama kali dengan suaminya di situs Tagged.

"Di Tagged, boleh buka di www.tagged.com, tapi Pak Edi selalu bicara sama keluarga sama teman-temannya ketemuka saat lagi kerja," jawab Aulia Kesuma saat ditanya ketemu di mana dengan Pak Edi.

Baca Juga: Ternyata, Media Sosial Pengaruhi Tingginya Kasus Perceraian

Tahukah kamu apa itu Tagged? Tempat yang mempertemukan antara Aulia dengan Edi Chandra, suami yang dibunuh dan dibakarnya.

Aulia Kesuma tersangka pembunuh suami dan anak tiri dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/9). [Suara.com/Arya Manggala]
Aulia Kesuma tersangka pembunuh suami dan anak tiri dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/9). [Suara.com/Arya Manggala]

Tagged adalah sebuah platform media sosial berbasis pertemanan online yang dapat mempertemukan penggunanya di dunia maya.

Namun di Tagged, penggunanya dapat melakukan penelusuran profile berdasarkan lokasi terdekat, umur, dan kategori lainnya.

Baca Juga: Menggiurkan, Pendapatan Buzzer Politik di Media Sosial Bisa di atas UMR

Sama seperti media sosial lainnya, di Tagged jika pengguna telah saling berteman bisa saling mengirimkan pesan atau chatting.

Di media sosial ini, pengguna juga dapat membagikan tag hingga hadiah virtual. Juga tersedia banyak permainan yang bisa mempertemukan sesama penggunanya.

Pada awal peluncurannya, Tagged lebih dikenal sebagai media sosial dating karena itu banyak yang mencoba peruntungan mencari pasangan.

Baca Juga: Haruskan Hapus Foto Mantan di Media Sosial Kita? Baca Ini Dulu

Tagged sendiri didirikan pada 2004 oleh Greg Tseng dan Johann Schleier-Smith. Keduanya awalnya ingin membuat platform semacam Yahoo untuk remaja.

Situs media sosial Tagged. (Tagged.com)
Situs media sosial Tagged. (Tagged.com)

Puncak pertumbuhan media sosial ini diawali pada 2009, setelah pada 2008 Tagged digandeng Microsoft sebagai partner media sosial mereka bersama Facebook, LinkedIn, Bebo, dan hi5.

Puncaknya pada 2011 Tagged mengklaim telah mendapatkan 300 juta pengguna. September 2011 diklaim ada 5,9 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan 18,6 juta secara global.

Saat ini Tagged dimiliki If(we) yang tergabung dalam The Meet Group, perusahaan media sosial yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat.

The Meet Group selain menangani Tagged, juga membawahi Hi5.com, dan Nod, sebuah aplikasi chatting berbasis animasi di iOS.

Layanan Tagged sendiri tersedia tidak hanya versi web saja. Namun juga menghadirkan aplikasi mobile ke iOS maupun Android.

Aplikasi Tagged untuk Android. (Google Play Store)
Aplikasi Tagged untuk Android. (Google Play Store)

Itulah Tagged, platform media sosial yang mempertemukan antara Aulia Kesuma dengan Pak Edi, suami yang ia bunuh dan bakar bersama anak tirinya.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak