Internet

Aulia dan Suami yang Dibakarnya Kenal di Tagged, Media Sosial Apa Itu?

Meski tidak sepopuler Facebook, Tagged ternyata punya banyak pengguna.

Agung Pratnyawan

Aulia mengaku bertemu dengan suaminya di Tagged. (Suara.com/Yosea Arga)
Aulia mengaku bertemu dengan suaminya di Tagged. (Suara.com/Yosea Arga)

Hitekno.com - Aulia Kesuma, otak dibalik aksi pembunuhan dan pembakaran suaminya, Edi Chandra Purnama alias Pupung Sadili (54) dan anak Tirinya M. Adi Pradana alias Dana (23).

Wanita kelahiran 1974 ini telah mengakui aksinya di hadapan pihak berwenang dan harus berurusan dengan hukum yang berlaku.

Mengutip Suara.com, awalnya Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto menyebut, Aulia mengenal Edi melalui jejaring Facebook.

Namun ternyata menurut pengakuan Aulia Kesuma, ia tidak bertemu di media sosial Facebook. Melainkan bertemu di media sosial pertemanan, Tagged.

Dalam video wawancaranya dengan Kompas TV, Selasa (3/9/2019), Aulia mengaku pertama kali dengan suaminya di situs Tagged.

"Di Tagged, boleh buka di www.tagged.com, tapi Pak Edi selalu bicara sama keluarga sama teman-temannya ketemuka saat lagi kerja," jawab Aulia Kesuma saat ditanya ketemu di mana dengan Pak Edi.

Tahukah kamu apa itu Tagged? Tempat yang mempertemukan antara Aulia dengan Edi Chandra, suami yang dibunuh dan dibakarnya.

Aulia Kesuma tersangka pembunuh suami dan anak tiri dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/9). [Suara.com/Arya Manggala]
Aulia Kesuma tersangka pembunuh suami dan anak tiri dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/9). [Suara.com/Arya Manggala]

 

Tagged adalah sebuah platform media sosial berbasis pertemanan online yang dapat mempertemukan penggunanya di dunia maya.

Namun di Tagged, penggunanya dapat melakukan penelusuran profile berdasarkan lokasi terdekat, umur, dan kategori lainnya.

Sama seperti media sosial lainnya, di Tagged jika pengguna telah saling berteman bisa saling mengirimkan pesan atau chatting.

Di media sosial ini, pengguna juga dapat membagikan tag hingga hadiah virtual. Juga tersedia banyak permainan yang bisa mempertemukan sesama penggunanya.

Pada awal peluncurannya, Tagged lebih dikenal sebagai media sosial dating karena itu banyak yang mencoba peruntungan mencari pasangan.

Tagged sendiri didirikan pada 2004 oleh Greg Tseng dan Johann Schleier-Smith. Keduanya awalnya ingin membuat platform semacam Yahoo untuk remaja.

Situs media sosial Tagged. (Tagged.com)
Situs media sosial Tagged. (Tagged.com)

 

Puncak pertumbuhan media sosial ini diawali pada 2009, setelah pada 2008 Tagged digandeng Microsoft sebagai partner media sosial mereka bersama Facebook, LinkedIn, Bebo, dan hi5.

Puncaknya pada 2011 Tagged mengklaim telah mendapatkan 300 juta pengguna. September 2011 diklaim ada 5,9 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan 18,6 juta secara global.

Saat ini Tagged dimiliki If(we) yang tergabung dalam The Meet Group, perusahaan media sosial yang berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat.

The Meet Group selain menangani Tagged, juga membawahi Hi5.com, dan Nod, sebuah aplikasi chatting berbasis animasi di iOS.

Layanan Tagged sendiri tersedia tidak hanya versi web saja. Namun juga menghadirkan aplikasi mobile ke iOS maupun Android.

Aplikasi Tagged untuk Android. (Google Play Store)
Aplikasi Tagged untuk Android. (Google Play Store)

 

Itulah Tagged, platform media sosial yang mempertemukan antara Aulia Kesuma dengan Pak Edi, suami yang ia bunuh dan bakar bersama anak tirinya.

Berita Terkait